mengatur keuangan anak kos

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Tidak Boros

Kamu anak kos dan kesulitan mengatur keuangan? Kamu perlu memperhatikan informasi yang akan kami berikan. Cara mengatur keuangan anak kos yang akan kami bagikan ini dapat menjadi sebuah motivasi serta solusi bagi kamu yang kerap bermasalah dengan keuanganmu. Menjadi anak kos menuntut seseorang harus mandiri.

Anak kos harus berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri dengan gaji atau uang kiriman yang diterima. Sering kali anak kos malah membeli barang sesuka hati tanpa memperhatikan mana barang atau kebutuhan yang harus diprioritaskan. Masalah pun muncul ketika memasuki akhir bulan di mana kondisi keuangan akan menipis. Bahkan ada yang sampai meminjam uang ke teman kampus atau rekan kerja.

Begini Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Kamu pasti tidak ingin hal ini terjadi. Jika kebiasaan ini tidak kamu hindari, pada akhirnya akan menyulitkan dirimu. Apalagi bisa berpotensi membuat hutangmu semakin menumpuk. Oleh karena itu ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan.

  1. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Cara mengatur keuangan anak kos yang pertama yaitu dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Hanya mengira-ngira tanpa mencatat kebutuhan malah membuat kita kesulitan.

Di sini kamu perlu mencatat apa saja yang menjadi pemasukan serta pengeluaranmu. Yang tidak kalah penting yaitu kamu prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan utamamu. Jangan tergiur untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Dengan mencatat serta memperhatikan mana kebutuhan utamamu, kondisi keuanganmu akan stabil.

  1. Belanja Sekaligus

Tips yang kedua adalah kamu bisa belanja semua kebutuhanmu sekaligus selama sebulan. Memang belanja kebutuhan belanja bulanan dengan mencicil bisa kamu lakukan. Namun sebenarnya kebiasaan ini malah membuat anggaran menjadi membengkak. Kamu mungkin lupa apa saja kebutuhan bulanan yang belum kamu penuhi.

Maka dari itu, untuk mempermudah dalam mengelola keuangan maka kamu bisa langsung memenuhi kebutuhan bulanmu sekaligus. Sebelum itu kamu perlu membuat catatan kira-kira apa saja barang yang akan kamu beli di supermarket. Dengan begitu kamu bisa tahu mana saja barang yang memang harus kamu beli dan tidak.

  1. Jangan Pernah Menunda Pembayaran

Setiap orang pasti memiliki tagihan, begitu juga dengan anak kos. Mereka memiliki tagihan seperti tagihan listrik, air, biaya kuliah, dan lain-lain. Begitu orang tua mengirim uang atau ketika kamu menerima gaji, maka jangan lupa untuk langsung membayar apa yang menjadi tagihanmu. Jangan pernah menunda pembayaran karena khawatir kamu lupa.

Jika sampai lupa dan malah terlambat membayar, ini akan menjadi masalah yang cukup serius. Kamu harus menjadi seseorang yang disiplin. Segera ketika mendapatkan uang di awal bulan, langsung lakukan pembayaran. Jadi kamu tidak memiliki tanggungan lagi.

Baca Juga : Bunga deposito BCA

  1. Memasak dan Cuci Sendiri

Cara mengatur keuangan anak kos selanjutnya adalah membiasakan diri untuk memasak dan cuci baju sendiri. Salah satu tujuan menjadi anak kos adalah untuk bisa hidup mandiri. Untuk itu sebisa mungkin kamu lakukan tugasmu sendiri. Salah satunya adalah cuci baju. Jangan memiliki kebiasaan untuk membawa pakaianmu ke tempat laundry.

Lebih baik kamu cuci sendiri karena ini bisa menghemat pengeluaranmu. Selain itu, kamu juga bisa memasak serta membawa bekal sendiri. Dari pada harus terus membeli makanan di luar, memasak sendiri juga mampu menghemat pengeluaran. Memang cara ini sangat sederhana namun jika kamu lakukan, kamu bisa melihat sendiri perbedaannya di mana kamu tidak harus mengeluarkan biaya yang tidak perlu karena sebenarnya kamu bisa melakukannya sen