bisnis sampingan
bisnis-sampingan-tanpa-modal-besar

bermanfaatbanget.com – Kerja keras saja tidak akan cukup untuk meraih apa yang disebut dengan kesuksesan. Ya, dibutuhkan juga kerja cerdas agar bisa meraih kesuksesan tersebut. Maka dari itu, kita harus memiliki bisnis sampingan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan memberikan inspirasi bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal besar. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Membuka Les Private 

Bisnis sampingan pertama yang bisa kamu coba, yakni dengan membuka les private alias kursus. Ada beragam kursus yang bisa dijadikan contoh, seperti kursus komputer, kursus bahasa Inggris – bahasa Arab, kursus mengemudi, kursus, menjahit, dan lain sebagainya. Atau misalnya kamu memiliki keahlian dalam bermain gitar, tentunya kamu juga bisa langsung membuka kursus gitar di rumah tanpa harus mengeluarkan modal besar. Bahkan, usaha kursus gitar ini tidak seribet seperti kursus lainnya karena tidak membutuhkan perizinan dari pemerintah. Ya, cukup bermodalkan 2 buah gitar elektrik dan 2 buah ampli, kamu pun  bisa langsung membuka les private ini. 

2. Jasa Menjahit

Pada dasarnya, usaha menjahit merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan lho. Pasalnya, bisnis yang satu ini belum terlalu banyak peminatnya, sedangkan permintaan menjahit semakin meningkat. Terlebih di daerah perkotaan, yang mana orderan menjahit ini tidak pernah sepi. Coba kamu perhatikan di daerah perkotaan-perkotaan besar seperti Jakarta dan Bandung, dimana setiap sudutnya selalu ada tempat menjahit. 

Tak hanya itu, keahilan menjahit juga sebenarnya dapat dikembangkan lagi sehingga keuntungan yang kamu raih bisa lebih meningkat. Adapun mengenai beberapa keahlian menjahit yang bisa kamu komersilkan, mulai dari kursus menjahit, menjadi desaigner fashion, jasa maklon menjahit, dan lain sebagainya. 

3. Membuka Jasa Mengetik

Jika kamu tinggal di kawasan perkantoran, kampus, dan sekolahan, maka membuka jasa mengetik ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk dijadikan bisnis sampingan. Pada tahap awal, kamu harus menyiapkan 1 unit komputer dan printer. Jika usahanya sudah terlihat semakin ramai, tentunya kamu harus menambah lagi unit komputer dan printernya, serta harus mempekerjakan beberapa orang sebagai karyawan. 

Selain menyediakan jasa mengetik, sebenarnya kamu juga bisa membuka jasa tambahan lainnya yang masih berhubungan. Misalkan seperti jasa edit foto, jasa pembuatan kartu undangan, kartu nama, jasa service laptop, menjual perelengkapan dan aksesoris komputer, dan lain sebagainya. 

4. Ternak Ikan Hias

Tak sedikit jenis-jenis ikan hias yang dibanderol dengan harga cukup fantastis. Hal tersebut juga tidak terlepas dari daya tarik dari ikan hias yang memang memiliki ciri khas tersendiri, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bisnis sampingan. Jika kamu berminat untuk menekuni bsinis sampingan ikan hias, maka ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan seperti dibawah ini:

  • Mencari ikan hias yang paling populer dan memiliki nilai jual tinggi

  • Memahami teknik pengembangbiakan ikan hias dengan benar

  • Selalu aktif untuk mengikuti komunitas para pecinta ikan hias, agar mendapatkan jaringan yang lebih luas

  • Pahami perbedaan jenis ikan hias air laut dan ikan hias air tawar. 

Setelah paham dengan metode diatas tadi, ada beberapa jenis ikan yang bisa kamu budidayakan seperti ikan cupang, ikan lohan, ikan guppy, ikan mas koki, dan ikan dicus. 

5. Menjual Kuliner-kuliner yang Sedang Hits

Ini dia salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Ya, terang saja demikian, sebab makanan sudha menjadi bagian dari kebutuhan hidup umat manusia. Dalam hal ini, kamu harus membuka usaha kuliner-kuliner yang sedang hits. Misalkan saja kuilner yang sedang hits tersebut berupa kue odading, tentunya kamu juga bisa menjual kue tersebut dengan variasi sendiri. Agar usaha kuilnermu semakin lancar, pastikan posisi lapakmu berada di daerah-daerah strategis seperti area perkantoran, pemukiman padat, pinggir jalan, dan pusat-pusat keramaian lainnya. 

6. Budidaya Telur Kroto

Ingin memulai usaha tapi tidak memiliki modal besar? Jika iya, maka kamu bisa mencoba budidaya telur kroto. Pasalnya, jenis usaha yang satu ini bisa langsung dilakukan tanpa mengeluarkan modal yang besar lho. Harga dari telur kroto itu sendiri sangat bervariasi, yang tergantung dari lokasi. Sedangkan untuk pakan burung, biasanya akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 150 ribuan. Proses beternak kroto ini dilakukan dengan menggunakan rak dan toples. Menurut kabar yang beredar, bobot panennya berkisar antara 1 hingga 2 ons per toples, dengan masa panen kurang lebih sekitar 15 – 20 hari. Bobot panen tersebut juga sangat tergantung dari cara kamu membudidayakannya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar memahamai dan menguasai budidaya telur kroto. 

7. Budidaya Ikan Air Tawar

Mengingat Indonesia merupakan Negara dengan iklim tropis, tentu saja sangat cocok untuk dijadikan budidaya berbagai jenis ikan. Ya, salah satunya adalah jenis ikan air tawar, yang memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk dijadikan lauk pauk. Itu sebabnya, mengapa budidaya ikan air tawar melupakan peluang emas bagi kamu untuk memulai usaha sampingan. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang dapat kamu budidayakan, seperti ikan lele, ikan gurame, ikan gabus, ikan mas, ikan nila, dan lain sebagainya. 

8. Budidaya Jangkrik

Banyak orang yang memandang sebelah mata pada usaha budidaya jangkrik ini. Padahal, usaha budidaya jangrik sudah terbukti cukup menjanjikan bagi masa depan lho. Meski demikian, bukan berarti juga kamu tidak akan mengalami hambatan dan rintangan dalam menekuni bisnis sampingan tersebut. Dalam hal ini, kamu harus melakukan survey terlebih dahulu ke toko-toko burung dan toko ikan. Setelah itu, coba kamu tanyakan pada mereka mengenai berapa harga per kilonya, dan apakah mereka bisa dijadikan langganan untuk menampung hasil budidaya jangkrik. Setelah kamu menemukan agen penampung yang sesuai, barulah kamu bisa memulai membudidayakan jangkrik. 

9. Membuka Jasa Cuci Motor dan Mobil

Untuk para pemula, kamu bisa memulainya dengan jasa cuci motor terlebih dahulu. Pasalnya, jasa cuci mobil memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Belum lagi penjualan motor di Indonesia selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahunnya. Tentu saja hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa cuci motor. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, dimana banyak sekali para pengendara motor yang malas untuk mencuci motornya, sehingga mereka kerap memasukkan motornya ke tempat cucian moror. Jika usaha cucian motornya sudah mengalami kemajuan yang pesat, barulah kamu bisa membuka tempat cucian mobil.

Demikianlah ulasan singkat seputar beberapa bisnis sampingan yang tidak membutuhkan modal besar, yang mudah-mudahan saja bisa menginspirasimu untuk memulai usaha.