solo traveling

 Jangan Bingung, Inilah Tips Solo Traveling Bagi Pemula

Tidak semua orang memiliki keberanian untuk liburan sendiri. Ada banyak hal yang terkadang muncul di benak mereka. Misalnya bagaimana kalau tersesat? Bagaimana kalau diculik? Dan lain sebagainya. Padahal berlibur sendirian atau solo traveling malah memberikan banyak keuntungan yang tidak kamu dapatkan ketika berlibur bersama orang lain.

Salah satu keuntungan solo traveling adalah kamu tidak memiliki kewajiban menjaga orang lain. Kamu juga tidak perlu menunggu orang lain siap-siap untuk berlibur bersama. Berlibur sendirian membuatmu bisa bebas menentukan ke mana kamu mau pergi dan ingin melakukan apa saja.

Tips Solo Traveling Bagi Pemula

Jika ini merupakan liburan pertamamu tanpa orang lain, kamu harus memperhatikan beberapa tips solo traveling yang akan kami bagikan. Tips ini bertujuan untuk membuat liburanmu aman dan nyaman. Kamu bisa berangkat dan pulang tanpa mengalami kendala.

  1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Fit

Tips yang pertama dan yang paling mendasar adalah kamu harus mengetahui seperti apa kondisimu sekarang. Berlibur memang bertujuan untuk menenangkan pikiran. Namun liburan yang kamu lakukan akan terasa percuma jika kondisimu kurang fit. Bahkan ketika kamu tetap memaksa berangkat, yang ada kamu malah tidak bisa mengunjungi tempat tujuanmu karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan.

Untuk itu kamu harus mengecek kondisimu. Pastikan kamu tidak sedang mengalami masalah kesehatan. Setelah itu, baru kamu bisa mulai merencanakan tempat tujuanmu dan kapan kamu akan berangkat.

  1. Melakukan Riset Terhadap Tempat Tujuan

Tips solo traveling yang kedua yaitu melakukan riset terhadap tempat yang akan kamu kunjungi. sebelum berangkat, sebaiknya kamu mendapatkan berbagai informasi seputar destinasi wisata. Beberapa informasi yang harus kamu ketahui antara lain harga tiket, mulai dan batas waktu berkunjung, maupun medan jalan yang harus kamu lalui. 

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui lokasi tempat penginapan untuk beristirahat dan tempat makan untuk mengisi perut. Kamu juga bisa mengecek kondisi tempat wisata tersebut melalui berbagai review yang diberikan oleh orang-orang yang pernah berlibur ke sana. Dengan mendapatkan informasi ini kamu bisa menentukan apakah memang ingin tetap mengunjunginya atau tidak.

Bayangkan jika kamu tidak melakukan riset dan langsung berangkat ke tempat tujuan. Kemungkinan besar kamu akan bingung mengenai rute perjalananmu. Kamu juga belum tahu berapa harga tiket dan mulai jam berapa tempat tersebut dibuka. Akibatnya, liburanmu menjadi terganggu sehingga memberikan kesan yang kurang menyenangkan.

  1. Memperhatikan Budget

Ketika ingin liburan, tentunya budget merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Kamu harus berlibur ke lokasi sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jangan memaksa menuju tempat yang kamu inginkan sementara kamu membawa budget pas-pasan. Dikhawatirkan kondisi ini malah akan menyulitkanmu.

Maka dari itu, kamu harus menyiapkan berapa banyak budget yang akan kamu gunakan untuk liburan. Pastikan sesuai dengan lokasi tujuanmu. Jangan sampai membawa budget yang lebih kecil dari budget yang memang seharusnya kamu bawa ke tempat tersebut.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Jogja

  1. Light Packing

Tips solo traveling yang keempat adalah jangan membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Kamu harus menerapkan light packing yaitu membawa barang sedikit yang kamu butuhkan. Bawalah barang seperlunya yang memang akan kamu gunakan selama berlibur. Kamu harus membawa pakaian secukupnya, obat-obatan, handuk kecil, dan lain-lain.

Itulah tips solo traveling sederhana untuk para pemula. Semoga bermanfaat.