penyebab menstruasi telat

Ternyata Ini Beberapa Penyebab Haid Menjadi Telat

Penyebab haid telat

Seperti yang sudah diketahui, bahwa segala suatu masalah yang terjadi dalam tubuh manusia itu tentu saja ada penyebabnya. Begitu pun dengan siklus haid, dari yang awalnya teratur menjadi tidak teratur. 

Namun, masih banyak Wanita yang belum tahu mengenai faktor-faktor penyebab menstruasi telat. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas masalah tersebut. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Adanya Penyakit Kronis Tertentu


Apabila bunda merasa sakit yang agak serius, maka ada kemungkinan kondisi ini bisa berdampak terhadap siklus menstruasi. Pasalnya, ovulasi bisa menjadi lebih lambat dari biasanya atau tidak sama sekali. 

Dengan kata lain, haid juga akan menjadi lebih lambat atau tidak sama sekali. Maka dari itu, sebaiknya bunda segera periksakan diri ke dokter apabila penyakit yang dialami tidak kunjung membaik. Adapun mengenai beberapa jenis penyakit kronis yang bisa mempengaruhi siklus haid seperti berikut:

  • Penyakit tiroid

  • Tumor hipofisis (bukan sejenis kanker)

  • Penyakit kelenjar adrenal

  • Kista ovarium

  • Disfungsi hati

  • Diabetes

2. Adanya Ketidakseimbangan Hormon


PCOS atau Sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi ketidakseimbangan hormone Wanita akibat tidak adanya ovulasi. Tentu saja kondisi tersebut bisa menyebabkan kista pada ovarium menjadi terganggu, sehingga haid melambat. 

Ovarium polikistik itu sendiri memiliki sejumlah kandungan besar folikel yang tidak berbahaya. Pasalnya, ia merupakan kantung di bagian belakang yang berperan sebagai tempat ovum berkembang. Apabila bunda termasuk salah satu pengidap PCOS, maka kantung tersebut kerap tidak bisa melepaskan ovum sehingga ovulasi tidak akan terjadi. 

3. Perimenopause

Selain ketidakseimbangan hormone, Perimenopause juga bisa jadi salah satu penyebab keterlambatan haid pada seorang Wanita. Pasalnya, kebanyakan Wanita yang mengalami menopause itu adalah berusia 51 tahun keatas. 

Akan tetapi, 2 hingga 8 tahun sebelumnya, seorang Wanita bsa mengalami kondisi Perimenopause alias premature menopause. Lantas, apa yang dimaksud dengan Perimenopause?

Menurut informasi yang didapat, Perimenopause merupakan sebuah fase saat tubuh secara bertahap menghasilkan lebih sedikit hormone estrogen dan bergerak menuju ke menopause. Selama berada dalam fase tersebut, maka ada kemungkinan akan terjadi perubahan siklus haid. 

Kendati demikian, bunda masih bisa melewati periode 1 bulan dan kembali lagi ke siklus semula untuk 3 bulan berikutnya. Atau, mungkin bunda juga akan melewatkan 3 bulan beruntun sehingga nantinya siklus haid kembali normal secara mendadak. 

4. Menggunakan Kontrasepsi & Obat Tertentu

Setidaknya ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang bisa membuat siklus haid seorang Wanita menjadi terganggu. Ya, jenis-jenis alat kontrasepsi yang dimaksud seperti pil KB, IUD dan suntik implant. Lebih gawatnya lagi, penggunaan kontrasepsi tersebut bisa menghentikan menstruasi secara total lho!

Tak hanya alat kontrasepsi, penggunaan obat-obat tertentu juga bisa menyebabkan haid Wanita menjadi tidak teratur. Adapun mengenai beberapa jenis obat yang dimaksud adalah kortikosteroid, antidepresan, antipsikotik, dan obat kemoterapi. 

5. Adanya Perubahan Jadwal Aktivitas

Penyebab berikutnya yang bisa membuat siklus haid menjadi lambat, yakni adanya perubahan gaya hidup. Sebagai contoh, apabila bunda terbiasa kerja di siang hari dan kemudian jadi berubah lebih aktif di malam hari, maka  hal tersebut bisa mengacaukan metabolisme tubuh. 

Seiring dengan berubahnya metabolisme didalam tubuh, secara otomatis siklus haid juga menjadi tidak teratur. Maka dari itu, bunda jangan terlalu sering untuk mengubah jadwal aktivitas. 

Baca juga: Tips Traveling Aman dan Simple Bagi Bagi Kaum Wanita