sepatu
Melengkapi kebutuhan buah hati memang menjadi hal yang menyenangkan bagi para ibu. Apalagi jika momen hari raya sudah dekat, tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri dalam berbelanja perlengkapan anak. 
Salah satu hal yang paling disenangi oleh semua ibu di dunia adalah memilih sepatu yang cocok bagi anaknya. Pemilihan sepatu anak memang tidak bisa dilakukan sembarangan karena berhubungan dengan anatomi anak.
Mungkin terdengar sepele tapi sepatu yang tepat dan nyaman sangat penting untuk perkembangan anak Anda. Children’s Foot Health Register mengemukakan bahwa sekitar 70% gangguan pada kaki anak disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak tepat, baik itu karena ukuran yang kekecilan atau kebesaran, bahan yang tidak berkualitas, dan model yang tidak pas untuk anak. 
Maka dari itu, pilihlah sepatu yang tepat agar pertumbuhan dna perkembangan kaki anak Anda tidak ikut terganggu. Berikut adalah beberapa tipscerdas dalam memilih sepatu yang tepat untuk anak:

Pilih sepatu dengan ukuran pas

Sebaiknya Anda membeli sepatu yang memiliki ukurang yang tepat dengan kaki anak Anda. Mungkin sebagian besar orang tua membelikan sepatu dengan ukuran yang agak lebih besar untuk anak mereka karena ukuran kaki anak cepat berubah. 
Tapi di balik itu semua, ternyata ukuran sepatu yang kebesaran justru menimbulkan masalah bagi kaki anak. Apalagi jika anak Anda masih balita, tentunya dapat berakibat fatal, seperti gampang terjatuh atau tersandung. 
Memakai sepatu dengan ukuran yang kekecilan juga akan mengakibatkan pertumbuhan kaki anak menjadi terganggu bahkan mengalami lecet. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas untuk anak Anda agar pertumbuhan tulang kakinya tetap sempurna.

Pilih bahan yang nyaman

Kebanyakan dari orang tua lebih mengutamakan model sepatu dibandingkan dengan bahan dari sepatu itu sendiri. Dalam memilih sepatu anak, sebaiknya Anda mengutamakan kenyamanan dari anak Anda sendiri. 
Untuk itulah pilih sepatu dengan bahan yang nyaman dan tidak mudah panas atau membuat kaki berkeringat. Hindari pula memakaikan sepatu terlalu lama pada anak karena sirkulasi udara pada kaki akan terhambat.

Pilih sepatu yang ringan

Kaki anak Anda masih dalam masa pertumbuhan, oleh karena itu sebaiknya pilihlah sepatu yang beratnya tidak membebani kaki anak. Pilih sepatu yang ringan sehingga kaki anak tidak cepat lelah dan pertumbuhan tulang pun tidak terganggu. 
Mintalah anak untuk mencoba berjalan menggunakan sepatu barunya untuk mengetahui apakah sepatu tersebut pas atau cukup berat baginya untuk dilangkahkan. Sepatu yang terlalu berat akan mengganggu pertumbuhan tulang dan membuat anak menjadi tidak nyaman.

Pilih sepatu yang fleksibel

Kenyamanan dalam memakai sepatu lainnya adalah fleksibilitas. Pilih sepatu yang menunjang pergerakan anak Anda dnegan bebas, yakni dengan memberikan sepatu yang fleksibel. Pastikan kelenturan sepatu tersebut dengan menekuk sepatu pada bagian tengahnya.

Pilih model yang disukainya

Hal lain yang juga penting adalah menentukan model sepatu yang disukai oleh anak Anda. Ingatlah bahwa sepatu yang Anda pilih adalah sepatu yang akan digunakan untuk anak, jadi akan sangat baik jika Anda menanyakan pada anak Anda tentang model kesukaannya.
Beberapa tips pemilihan sepatu di atas akan membantu Anda untuk mendapatkan sepatu yang tepat. Namun beberapa orang tua mungkin merasa agak sedikit kerepotan jika membawa anak-anak untuk berbelanja, entah itu karena takut anak menjadi rewel di jalan atau kerepotan dalam mengawasi mereka.