snmptn

Dapat lolos SNMPTN memang menjadi impian setiap orang yang baru saja lulus dari bangku SMA atau sederajat. Karena selain bergengsi bisa kuliah di universitas ternama, juga prospek kerja/karir yang lebih menjanjikan sehingga banyak peminatnya.

Akan tetapi, untuk lolos SNMPTN ini tidaklah mudah sehingga membutuhkan tips dan triknya. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara lulus SNMPTN sebagai berikut:

  1. Memahami Ketentuan SNMPTN

Jika anda sudah memutuskan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencari tahu serta memahami mengenai ketentuan apa yang bisa mempengaruhi kelulusan SNMPTN. 

  • Nilai Rapor

Mendapatkan nilai rapor yang bagus tentunya akan menjadi kebanggaan siswa dan orang tua. Selain itu, nilai rapor bagus juga bisa menjadi motivasi guna mendapatkan pendidikan yang lebih layak di perguruan tinggi nanti. 

Pasalnya, ada banyak jalur yang bisa ditempuh untuk bisa masuk universitas, salah satunya adalah untuk para siswa berprestasi dan aktif di sekolah. Jalur tersebut bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 

Pada jalur ini lebih mengutamakan siswa yang memiliki nilai rapor tergolong bagus. Yang namanya nilai bagus dalam rapor bukan berarti selalu mendapatkan nilai yang sempurna. Melainkan mendapatkan rata-rata nilai yang bagus dan stabil dalam setiap semesternya. 

Memiliki nilai yang bagus namun tidak stabil alias naik turun menjadi petimbangan dari penitia seleksi. 

Jadi, dengan stabilnya nilai rapor anda, maka kesempatan untuk diterima di PTN akan semakin besar. 

  • Memperbanyak Prestasi Akademik atau Non Akademik

Bukan hanya memiliki nilai rapor yang bagus dan stabil, menambahkan piagam atau sertifikat juga bisa berpengaruh dalam seleksi masuk PTN. Pasalnya, itu semua akan menjadi nilai tambah bagi anda dibandingkan calon peserta seleksi lainnya. 

Bagi anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu, seperti bidang olahraga, anda bisa memanfaatkannya dengan sering mengikuti kompetisi. Semakin banyak sertifikat atau piagam yang didapatkan, maka peluang  lolos masuk ke PTN semakin lebar. 

  • Pengaruh Alumni

Perlu diketahui bahwa alumni yang masuk ke jurusan yang anda inginkan bisa berpengaruh pada seleksi penerimaan mahasiswa baru. Pasalnya, alumni yang dicap buruk di jurusan tersebut akan membuat adik kelasnya kemungkinan tidak diterima. 

Hal ini dikarenakan adanya sistem skorsing untuk SMA, apabila alumninya melakukan kesalahan yang sangat fatal atau dianggap mencoreng nama baik universitas. 


Baca juga: Jangan Bingung, Inilah Tips Solo Traveling Bagi Pemula

  1. Tentukan Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan Yang Dituju

Lolos masuk ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang diinginkan tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri dan keluarga. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa universitas serta bidang yang anda pilih sesuai dengan hal yang anda pelajari di bangku sekolah SMU atau sesuai dengan cita-cita anda. Namun mencari universitas dan jurusan yang sesuai pilihan memang tidaklah mudah, maka dari itu setidaknya anda memiliki gambaran mau menjadi apa nanti kedepannya. 

Anda bisa meluangkan waktu untuk membuka situs universitas yang anda targetkan, dan mengetahui informasi seputar jurusan yang anda incar serta melihat bidang studi atau mata kuliah apa saja yang akan anda pelajari. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anda semakin termotivasi untuk berjuang bisa lolos masuk ke universitas idaman. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara lulus SNPMTN. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi anda yang akan ikut seleksi ke perguruan tinggi.

Baca juga: Tips dan Trik Beli Pakaian Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *