es mega mendung

Minuman mega mendung terdiri dari minuman bersoda (Coca Cola), susu kental manis, dan es batu. Minuman ini banyak tersedia di pinggir jalan, tetapi agar kualitas minuman lebih sehat tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri, berikut contoh resep minuman dengan aneka rasa.

  1. Es Mega Mendung Agar-Agar Coklat

Karena warna dari minuman mega mendung sudah coklat, tidak ada salahnya untuk menambahkan agar-agar coklat agar lebih nikmat. Namun, bila tidak ada Anda bisa menggantinya dengan cincau hitam.

Potong kotak-kotak atau dadu agar-agar coklat, masukkan ke dalam gelas saji. Tuangkan Coca Cola secukupnya, lalu susu krim putih dan terakhir es batu.

  1. Es Mega Mendung Pisang Rebus

Pilih pisang raja atau pisang tanduk yang matang supaya rasa manis dari pisang tetap terjaga. Potong atau iris tipis-tipis sesuai selera Anda, lalu sisihkan.

Pisang rebus bisa diletakkan di bagian bawah gelas saji atau di atas setelah memasukkan es batu. Tambahkan sendok kecil di gelas saji untuk mengambil pisang rebus dan menikmatinya.

  1. Es Mega Mendung Cendol

Cendol juga bisa menambah tekstur saat menikmati minuman mega mendung, letakkan sepertiga bagian dari gelas saji, lalu masukkan susu full krim, Coca Cola, dan terakhir es serut. Anda bisa menambahkan simpel sirup coco pandan atau gula aren untuk menambah rasa manis di minuman ini.

  1. Es Mega Mendung Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak digunakan untuk campuran minuman tradisional. Selain rasanya yang manis cenderung asam, nanas bisa memberikan sensasi lain saat menikmatinya bersama minuman bersoda ini, jangan lupa tambahkan es batu agar kesegaran tetap terus terjaga.

  1. Es Mega Mendung Kolang-Kaling

Apabila rasa nanas mengganggu selera Anda, maka bisa diganti dengan buah yang tidak terlalu mempengaruhi lidah. Rebus kolang-kaling sampai lembut, jika ukurannya terlalu besar sebaiknya dipotong 2 bagian atau 3 bagian.

Kolang-kaling bisa dimasak dengan tambahan pewarna makanan untuk mendapatkan warna yang berbeda. Minuman mega mendung dengan tambahan kolang-kaling cocok disajikan saat berbuka puasa ataupun saat bersantai dengan orang-orang terdekat Anda.

  1. Es Mega Mendung Ketan Hitam

Meletakkan ketan hitam di gelas saji akan terlihat kurang menarik, maka bisa disajikan dengan menggunakan mangkuk kecil, kemudian tuang minuman bersoda dan es serut. Jika tidak ada es serut, bisa diganti dengan es batu yang dihancurkan sampai halus, tambahkan susu coklat di atasnya.

  1. Es Mega Mendung Nelongso

Jangan tertipu dengan namanya, nelongso menurut kamus bahasa Indonesia artinya sedih. Penambahan kata nelongso di minuman mega mendung merupakan strategi marketing agar semakin banyak orang untuk menikmati minuman ini. 

Es mega mendung nelongso bahan utamanya hampir sama dengan es mega mendung lainnya. Namun, susu putih kental manis digunakan lebih banyak dari takaran biasanya, sehingga kesan sedih semakin terlihat di minuman yang disajikan.

  1. Es Mega Mendung Orange

Agar terlihat lebih menarik dan warna yang segar, minuman bersoda berwarna coklat bisa diganti dengan warna orange. Salah satu minuman soft drink yang berwarna orange adalah fanta orange.

Untuk tidak menghilangkan bahan utama dari minuman ini, tetap gunakan susu kental maupun susu cair warna putih. Agar rasa es batu lebih segar, fanta orange bisa dituangkan di atas es serut.

Masih banyak variasi rasa yang bisa dimodifikasi dengan minuman menyegarkan ini. Tergantung seberapa kreatif Anda memadupadankan bahan satu dengan bahan yang lainnya.