cilor

Cara Buat Jajanan dari Aci Ala Jajanan SD, Bisa Dicoba di Rumah

Sumber: Toko Mesin Maksindo

Siapa disini yang kangen jajanan SD yang biasanya terbuat dari bahan Aci. Aci atau tepung tapioka ini kerap kali dibuat sebagai bahan dasar jajanan karena teksturnya yang unik yang bisa dibuat banyak olahan.

Aci juga merupakan bahan makanan yang harganya sangat murah. Jadi, kamu bisa banget nih buat jajanan SD dari bahan aci di rumah.

Berikut dibawah ini cara membuat makanan dari Aci Ala jajan SD yang akan membuat kamu ketagihan. SIlahkan disimak dengan baik!

  1. Cilor

Sumber: Lifestyle Okezone

Cilor merupakan makanan dari aci yang sangat ngetren dan viral pada tahun 2020. Cilor singkatan dari Aci Telor ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur kenyal yang membuat orang-orang ketagihan memakannya.

Berikut cara membuat makanan dari aci ini:

  1. Bahan-bahan

Bahan yang diperlukan adalah 7 sdm tepung tapioka, 4 sdm tepung terigu, 1 butir telur, 60-80 ml air, penyedap rasa secukupnya, minyak secukupnya, bumbu untuk taburan cilor bisa bon cabe atau bumbu lainnya secukupnya.

  1. Cara Membuat

Langkah pertama campurkan tepung aci dan tepung terigu kemudian aduk hingga rata. Siapkan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukan penyedap rasa secukupnya sesuai selera.

Campurkan tepung dengan air yang mendidih, aduk adonan hingga kalis. Kemudian ambil adonan dari pancing, lalu bentuk memanjang, dan potong kecil-kecil sesuai selera.

Adaonan yang sudha dipotong-potong dimasukan kembali ke air mendidih, yang sebelumnya air sudah ditambahkan minyak goreng dan sedikit garam. Angkat adonan ketika sudah mengapung, kemudian tiriskan.

Ambil wajan kemudian masukan minyak dan panaskan, masukan adonan aci tersebut dan telur. Kemudian telur diorak-arik, setelahnya masukkan penyedap rasa atau bon cabe sesuai selera.

Color siap disajikan. Paling enak disantap ketika hangat.

  1. Cimol

Sumber: ResepKoki

Jajanan SD berikutnya yang terbuat dari Aci yaitu Cimol. Cimol memiliki kepanjangan aci digemol yang teksturnya kenyal sehingga membuat kamu menjadi ketagihan untuk mengunyahnya.

Berikut cara membuat makanan dari aci satu ini:

  1. Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat aci adalah 120 gr tepung aci, 50 gram tepung terigu, 1 sendok makan kaldu bubuk, 100-120 ml air mendidih, dan tambahan bubuk cabai, saus, mayones, penyedap rasa secukupnya.

  1. Cara Membuat

Langkah pertama untuk membuat cimol yaitu campurkan tepung aci dan tepung terigu kemudian masukkan kaldu bubuk dan diaduk hingga rata. Siapkan panci untuk memasak air hingga mendidih.

Masukkan air yang masih panas kedalam adonan tepung. Kemudian aduk hingga adonan kalis.

Setelahnya ambil adonan dan bentuk sesuai selera. Siapkan wajan dan masukan minyak untuk menggoreng adonan cimol.

Masukkan adonan cimol kedalam minyak goreng tanpa menyalakan api. Setelah adonan cimol dirasa cukup baru nyalakan api kompor ukuran kecil saja, dan tunggu hingga cimol matang.

Angkat cimol dan sajikan dengan tambahan bumbu sesuai selera kamu.

  1. Cireng

Sumber: Kumparan.com

Kamu mungkin salah satu penggemar makanan dari aci inni yaitu Cireng. Cireng paling enak dimakan dengan tambahan sambal rujak yang membuat rasanya semakin gurih.

  1. Bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cireng yaitu 120 gram tepung aci, 2 hingga 3 siung bawang putih, 2 sendok teh kaldu bubu, 150 ml air, minyak secukupnya.

  1. Cara Membuat

Langkah pertama ulek bawang putih hingga alus dan tambahkan garam serta penyedap rasa. Masukkan air ke panci, kemudian masukan bawang putih yang sudah alus, dan 2 sdm tepung aci dalam keadddan kompor mati.

Aduk adonan sampai merata dan jangan menggumpal. Nyalakan kompor dengan api kecil lalu aduk terus. Angkat adonan ketika adonan sudah lengket dan padat.

Siapkan wadah dan masukan tepung aci yang kering, setelahnya campurkan adonan tadi kedalam wadah berisi tepung aci kering.

Kemudian aduk adonan selagi adzan masih panas. Ambil adoanna dan bentuk sesuai selera.

Setelahnya goreng adonan cireng dalam minyak yang panas. Lalu sajikan selagi hangat agar rasanya lebih nikmat.

Baca juga: 7 Tips Aman Pinjam Uang di Pinjol