es kelapa gula merah

Sajian olahan dari air kelapa muda seperti es kelapa muda gula merah susu sangat tepat untuk pecinta rasa manis, cara membuatnya sangat mudah dan sederhana.

Bahan yang diperlukan:

– Kelapa muda 1 buah

– Gula merah 1/2 buah

– Susu Kental Manis 1 SDM

Langkah atau Cara Untuk Membuatnya:

1. Kupas kulit buah kelapa.

2. Serut buah kelapa muda memakai sendok.

3. Tuang ke gelas, campur dengan serutan gula merah, juga air kelapa, dan simpan di kulkas.

4. Sesudah dingin, es kelapa muda siap dihidangkan.

Kelapa adalah pohon serbaguna, karena tiap bagian kelapa bisa dimanfaatkan. Air kelapa mengandung elektrolit, klorida, kalium, magnesium, sejumlah gula, natrium, dan protein. 

Air kelapa adalah sumber serat makanan, mangan, kalsium, riboflavin, dan vitamin c. Air kelapa tidak direkomendasikan untuk orang yang menderita gangguan kesehatan yaitu:

1. Gangguan Ginjal

Karena air kelapa mengandung potasium tinggi yang mampu membuat kondisi ginjal lebih terbebani.

2. Penyakit Jantung

Air kelapa yang mengandung potasium atau kalium yang tinggi dapat berdampak buruk untuk menderita jantung, dalam satu cangkir air kelapa segar mengandung 252 mg sodium yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Kadar kalium di daerah yang tinggi atau disebut hiperkalemia, dapat menyebabkan kasus perubahan irama jantung yang bisa mengancam jiwa.

3. Penderita Diabetes

Kandungan gula dan kalium yang cukup tinggi membuat air kelapa tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes, hal ini membuat diabetes menjadi susah terkontrol.

4. Penderita Iritasi Usus

Air kelapa mempunyai efek laxative yang berbahaya untuk penderita iritasi usus, efek ini membuat air kelapa punya fungsi sebagai pencahar alami.

5. Orang yang Sedang Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan yang dimaksud yaitu inhibitor ACE, Beta Blocker dan beberapa antibiotik misalkan penicillin. Jika dikonsumsi secara bersamaan dapat membuat kadar kalium di daerah semakin tinggi, jadi berbahaya untuk tubuh.

Air kelapa juga dapat dibuat ramuan:

1. Untuk atasi keracunan, caranya: satu butir kelapa hijau diminum airnya sampai habis.

2. Mengatasi demam berdarah, caranya: 1 butir buah kelapa dan 1 butir buah jeruk nipis. Air jeruk nipis diperas, masukkan ke air kelapa, aduk rata, diminumkan. Lakukan pagi dan sore.

3. Kencing batu, caranya: satu butir kelapa hijau, dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa dilubangi, masukkan kuning telur ayam kampung, diminum dua kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Waktu Haid, caranya: satu gelas air kelapa hijau, dan 1 potong gula aren. Kedua bahan dicampur dan diaduk rata, diminum dua kali sehari, satu gelas pagi dan sore, 3 hari berturut-turut.

5. Panas dalam, caranya: satu butir buah kelapa hijau, dan 1 butir telur ayam kampung mentah. Buah kelapa dilubangi ujungnya, kuning telur ayam kampung mentah dimasukkan. Diaduk ndak atau dikocok, diminum pada siang hari.

6. Ketombe, caranya: 1/2 butir buah kelapa tua, 1,5 gelas air kelapa, dan 1/4 buah nanas. Buah kelapa dan nanas diparut, diambil airnya, lalu dicampur dengan air kelapa, aduk hingga rata, kemudian saring digunakan untuk keramas 5 hari sekali.

Demikian tentang resep es kelapa muda gula merah susu, dan orang penderita penyakit tertentu yang tidak boleh minum air kelapa, juga tips ramuan kelapa untuk mengobati penyakit tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat, bagi yang membacanya.


Baca juga: Ini Rahasia Resep Bandrek Jahe Merah yang Nikmat!