cimol anti meledak

Cimol merupakan jajanan yang berasal dari Bandung dengan bahan dasar tepung tapioka atau tepung aci. Selain teksturnya yang kenyal dengan bagian luar garing, pastinya terdapat resep cimol anti meledak untuk diterapkan.

Bahan dasar dari tepung tapioka terkadang membuat cimol menjadi meledak-ledak. Sehingga kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat cimol anti meledak super mudah.

Resep Cimol Anti Meledak Anti Kopong

Cimol sangat cocok dimakan ketika sedang santai di rumah sambil menonton televisi ataupun HP. Kamu juga membuatnya sendiri di rumah dengan bahan mudah yang pastinya sudah tersedia.

Perhatikan setiap bahan dan langkah pembuatan untuk menghindari cimol meledak-ledak. Berikut ini resep untuk membuat cimol anti meledak sebagai panduanmu memasak di rumah:

  1. Bahan-Bahan Membuat Cimol

Bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gr tepung tapioka atau tepung aci

  • 25 gr tepung terigu

  • 3 buah bawang putih yang sudah dihaluskan terlebih dahulu

  • 350 air panas yang sudah dimasak sampai mendidih

  • 1 batang dau bawang iris dengan ukuran kecil

  • 1 sendok teh penyedap rasa maupun kaldu bubuk

  • Garam secukupnya saja

  1. Merebus Bawang Putih yang Sudah Dihaluskan

Kupaslah 3 siung bawang putih yang sudah disiapkan kemudian haluskan dengan menggunakan ulekan atau memasukkan ke food processor. Lalu sisihkan bawang putih yang sudah halus ke dalam mangkok atau wadah.

Setelahnya, siapkan panci untuk memasak air sampai mendidih. Masukkan juga bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan kaldu bubuk atau penyedap rasa, aduk sesekali agar semua bumbu tercampur secara merata.

  1. Uleni Adonan Cimol Anti Meledak Sampai Merata Sempurna

Masukkan tepung tapioka serta tepung terigu ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Tuangkan air rebusan bumbu yang sudah mendidih tadi ke tepung dengan cara sedikit demi sedikit, kemudian aduklah adonan sampai rata.

Uleni adonan tepung di dalam wadah sampai semua bahan tercampur dengan rata bersama air panas. Aduk terus hingga adonan cimol berubah tekstur dan mudah untuk dibentuk.


Baca juga: Aneka Rasa Minuman Mega Mendung


  1. Bentuk Cimol Menjadi Bulat Kecil

Pada adonan cimol, tambahkan lagi sisa tepung tapioka. Uleni lagi sampai adonan tidak terasa lengket di tangan serta tekstur adonan sudah kalis.

Berikutnya ambil sedikit adonan untuk dibentuk menjadi bulat-bulat kecil sesuai dengan selera. Lakukan sampai adonan dalam wadah habis dan sisihkan pada wadah yang lainnya.

  1. Menggoreng Resep Cimol Anti Meledak dengan Api Sedang

Saat semua cimol sudah selesai dibentuk menjadi bulat, masukkan semua adonan cimol ke wajan penggorengan yang sudah ada minyaknya dalam keadaan belum menyalakan kompor. Lalu setelah semuanya dimasukkan, nyalakan kompor dengan api sedang agar cimol tidak meledak ketika proses penggorengan.

Gorenglah cimol sampai mengembang, keras, mengapung dan kecoklatan. Jika sudah terlihat matang, matikan kompornya, angkat cimol dan tiriskan dalam wadah.

  1. Menambahkan Varian Bumbu Bubuk untuk Cimol

Cimol yang sudah matang tinggal diberikan taburan bumbu bubuk untuk menambah kenikmatan ketika di makan. Kamu bisa memilik taburan bumbu bubuk sesuai dengan selera seperti halnya balado, keju, barbekyu, jagung bakar, sapi panggang atau yang lainnya.

Demikianlah penjelasan cara memasak resep cimol anti meledak dengan mudah dan cepat bahan sederhana. Cimol bisa disantap sebagai camilan ketika santai di rumah, terlebih pembuatan jajanan cimol tidak membutuhkan bahan yang rumit.