data internet

Cara Mudah Menghemat Data Internet di HP, Jadi Makin Awet!

C:UsersTEMP.LAPTOP-USER.056Downloadspexels-pixabay-147413.jpg

Sumber: Pixabay

Aktivitas dari rumah seperti WFH dan sekolah online tentunya membutuhkan internet yang cepat dan stabil. Mengetahui cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis sangat penting bagi Anda yang tidak menggunakan WiFi di rumah. 

Karena terkadang kita masih menggunakan kuota internet saat tidak di rumah atau di tempat yang tidak menyediakan WiFi. Berikut cara menghemat kuota internet. Beberapa cara mudah ini bisa kamu coba di HP, cek selengkapnya di bawah ini ya:

1. Batasi pembaruan aplikasi

Sumber: Leskompi

Cara pertama untuk menghemat kuota adalah dengan membatasi pembaruan aplikasi. Lakukan pembaruan aplikasi hanya saat ada koneksi WiFi. 

Terkadang tanpa kita sadari, aplikasi tersebut perlu diupdate dan ternyata otomatis menggunakan kuota internet yang kita miliki.

2. Batasi penggunaan data latar belakang

Sumber: VOI

Tahukah Anda bahwa penggunaan data latar belakang bisa menjadi salah satu hal yang membuat kita membuang kuota internet? Bahkan terkadang kita tidak menyadarinya. 

Salah satu cara untuk menghemat kuota internet berikutnya adalah dengan mematikan penggunaan data latar belakang di menu pengaturan.

Caranya:

  • Klik Setting
  • Pilih Data usage 
  • Tap tiga garis vertikal di kanan atas 
  • Pilih resrict background data
  • klik OK. 

3. Identifikasi Aplikasi

Sumber: Kompas Tekno

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah dengan mengidentifikasi aplikasi yang memakan banyak kuota. Dengan begitu kita bisa mengetahui aplikasi mana yang sering kita gunakan dan mana yang paling banyak menghabiskan kuota.

Tidak dapat disangkal bahwa ada beberapa aplikasi yang menyedot kuota internet Anda, lebih dari aplikasi lain mana pun. Seperti Instagram yang membutuhkan kuota lebih banyak dari Twitter. 

4. Jangan sering streaming YouTube 

Sumber: Tribun

Youtube menggunakan banyak kuota internet jadi pastikan Anda memilih resolusi video yang rendah saat menggunakannya, beberapa aplikasi streaming seperti Netflix juga menyediakan opsi untuk mengunduh jika ada jaringan wifi dan menyimpan film atau serialnya agar bisa ditonton itu dengan harga yang lebih murah.

5. Hindari unduhan media otomatis

Sumber: CNN Indonesia

Dalam aplikasi obrolan seperti WhatsApp, Anda sering dapat menerima pesan multimedia, baik dalam bentuk video atau gambar. Sekarang Anda dapat mengubah pengaturan pengunduhan media otomatis menjadi tanpa media. 

Dengan pengaturan ini, kuota Anda tidak akan terbuang untuk mengunduh media secara otomatis. Selain menghemat kuota, pengaturan ini juga bisa mengurangi penggunaan memori.

6. Hindari menggunakan versi desktop 

Sumber: Petunjuk.id

Jika Anda menjelajahi web dengan browser web seluler, cobalah untuk berada dalam mode ini. Karena situs web yang dibuat khusus untuk perangkat dapat dengan mudah dioptimalkan untuk layar yang lebih kecil.

7. Menggunakan Set Peringatan Penggunaan Data Berlebihan

Sumber: Espada Blog

Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkahnya dengan mengklik fitur ini: 

  • Pengaturan Jaringan & Internet 
  • Penggunaan data
  • Penggunaan data seluler
  • Ketuk Aktifkan peringatan data

8. Gunakan cache Google Maps secara offline

Sumber: Android Authority

Tahukah Anda bahwa dapat menyimpan peta di Google Maps untuk penggunaan offline ? Ini bisa digunakan untuk menghemat kuota internet. Setelah mengisi daya, Anda dapat terus menggunakannya dan menavigasi secara offline menggunakan GPS.

Fitur ini membuktikan bahwa Google Maps sangat mudah digunakan saat bepergian atau bahkan di tempat dengan sinyal internet yang lemah. Cara menggunakan Google Maps secara offline adalah: 

  • Buka Google Maps
  • Go to menu
  • Pilih offline maps
  • Pilih “Peta Anda sendiri”
  • Setelah itu memilih maps jika diperlukan, tekan “Download”.

Baca juga: Berita Nasional dan Daerah Terlengkap Terkini dari IDN App