pare

Kumpulan Cara Praktis Mengolah Pare, Jadi Enak dan Anti Pahit!

Sumber: Katadata

Pare merupakan salah satu sayuran yang paling terkenal di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sayuran ini berbentuk lonjong dan tidak beraturan serta memiliki rasa yang relatif pahit. 

Meski begitu, pare memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain, dapat meningkatkan pencernaan, mengobati diabetes, meningkatkan kekebalan, dan banyak lagi. Untuk memakan pare, sayuran ini biasanya diolah dengan berbagai cara agar tidak pahit, simak yuk!

Remas dengan Garam

Sumber: Mark Design

Sebelum dimasak, Anda bisa menggunakan cara ini terlebih dahulu untuk mengurangi rasa pahit pare dengan membagi pare menjadi dua bagian dan membersihkan pare dari biji dan selaput putih yang menempel pada ampasnya. Selanjutnya potong-potong pare sesuai selera dan taburi garam, peras pare sampai empuk lalu bilas dengan air mendidih.

Remas dengan Gula

Sumber: CNN Indonesia

Selain garam, rasa pahit pare juga bisa dihilangkan dengan gula, caranya sama persis dengan garam. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan bahan yang ada di rumah, gula dan garam yang digunakan sebelum Anda bisa memasak pare favorit Anda.

Rebus Menggunakan Daun Jambu Biji

Sumber: DetikHealth

Daun jambu biji dapat membantu menetralkan rasa pahit pare. Sebelum Anda memasak pare, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu bersama beberapa daun jambu biji selama kurang lebih 5 menit. 

Kemudian angkat dan jangan lupa untuk membilas potongan pare terlebih dahulu.

Rebus dengan Tanah Liat

Sumber: 99.co

Selain memasak dengan bahan-bahan di atas, tanah liat juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari pare. Anda hanya perlu 3 menit untuk memasak potongan pare dengan tanah liat.

Tanah liat yang digunakan tidak harus banyak, secukupnya untuk menghilangkan rasa pahit pada pare.

Masak dengan Campuran Bahan yang Manis 

Sumber: Orami

Cara lain agar pare tidak terasa pahit adalah dengan mencampurnya dengan makanan asin atau manis saat dimasak. Misalnya, jika Anda ingin mengubah pare menjadi tumisan, Anda bisa menambahkan berbagai bahan seperti ikan dan kecap atau bisa juga dipadukan dengan jagung. 

Jagung biasanya memiliki rasa yang manis, yang dapat menetralisir rasa pahit dari pare.

Diolah Bersama Telur

Sumber: Totabuan.news

Telur dapat membantu mengurangi rasa yang terlalu kuat, seperti rasa pahit pare. Alternatifnya adalah menumis telur orak-arik, yang kemudian dicampur dengan potongan pare. 

Tambahkan juga bumbu secukupnya untuk menyiapkan hidangan agar lebih enak.

Rebus dengan cuka, garam dan gula

Sumber: Wikipedia

Cara lain yang mudah untuk mengurangi rasa pahit pare adalah dengan merebusnya, cukup rebus potongan pare dengan masing-masing 1 cangkir cuka dan 2 sendok makan garam dan gula, masak sebentar selama kurang lebih 2 menit, tiriskan dan siap untuk dimasak.

Rendam dengan Cuka

Sumber: Shopee Indonesia

Mirip dengan membuat acar, Anda bisa merendam pare dengan air cuka untuk menghilangkan rasa pahit pare. Metode ini telah digunakan di beberapa daerah secara turun-temurun. 

Metodenya sangat sederhana dengan cara potong pare sesuai ukuran yang diinginkan. Rebus irisan pare dalam secangkir cuka putih sampai mendidih, lalu bilas dan tiriskan pare.

Direndam Menggunakan Yogurt

Sumber: Kompas.com

Tidak hanya baik untuk pencernaan, yoghurt juga bisa kita manfaatkan agar pare tidak pahit. Rasa yoghurt yang segar dan asam dapat menetralisir rasa pahit dari pare. 

Untuk menghilangkan rasa pahit pare dengan yogurt, cukup rendam pare ke dalam campuran yogurt selama 15 menit. Lalu tiriskan dan cuci bersih pare.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghemat Data Internet Agar Tidak Cepat Habis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *