cara menurunkan berat badan

Bermanfaatbanget.com – Siapa sih diantara kita yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Tentu saja kita semua sangat menginginkannya bukan?

Ya, terang saja demikian, sebab berat badan yang ideal itu mencerminkan bahwa diri kita selalu menerapkan pola  hidup sehat.

Tapi pada faktanya, tak sedikit dari masyarakat kita yang enggan menerapkan gaya hidup sehat dikehidupan sehari-harinya lho!

Alhasil, orang-orang yang tidak mau menerapkan pola hidup sehat ini kerap dihadapkan pada beragam masalah kesehatan, seperti obesitas atau berat badan berlebih.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab dari munculnya masalah obesitas ini, yakni dikarenakan gemar mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti junkfood (makanan cepat saji), makanan berlemak, makanan berminyak, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, jarang berolahraga juga bisa menjadi faktor dari penyebab berat badan yang terus bertambah.

Apakah Masalah Obesitas Menimbulkan Gejala?

Tak sedikit dari para penderita yang menyadari, bahwa dirinya telah mengalami obesitas. Ya, terang saja demikian, sebab tahap awal pada masalah obesitas ini memang tidak akan menujukkan gejala apapun.

Pada umumnya, si penderita obesitas baru akan tersadar setelah ia bercermin, atau ketika ada orang lain yang memberi tahu mengenai perubahan bentuk badan dari si penderita.

Diagnosis obesitas terjadi ketika indeks massa tubuh (BMI) menunjukkan angka 30 atau lebih tinggi.

Indeks Massa Tubuh ini akan dihitung dengan cara membagi berat badan dalam itungan kilogram, dengan tinggi badan dalam itungan meter kuadrat.

Untuk kebanyakan orang, BMI sering dimanfaatkan untuk mengetahui informasi tentang perkiraan kadar lemak dalam tubuh.

Meski demikian, BMI  tersebut tidak bisa langsung mengukur kadar lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu harus tahu mengenai cara menurunkan berat badan.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan 10 cara menurunkan berat badan menggunakan tips alami:

1. Lakukan Olahraga Yoga

Cara simple pertama yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan, yakni dengan melakukan olahraga yoga.

Seperti yang dilansir dari salah satu situs kesehatan ternama dunia, yang menyebutkan bahwa gerakan yoga sangat membantu untuk menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga bisa melancarkan system pencernaan dan lemak di perut.

Maka dari itu, kamu harus melakukan olahraga yoga selama 10 – 20 menit setiap harinya.

2. Lakukan Gerakan Kardio

Tak hanya yoga, gerakan kardio juga tak kalah ampuhnya dalam menurunkan berat badan secara alami.

Kardio itu sendiri merupakan jenis olahraga yang melibatkan hampir semua anggota tubuh, seperti berlari, bersepeda, berenang, senam, aerobic, dan lain sebagainya.

Olahraga kardio dapat melatih otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan, hingga pundak. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya kamu lakukan kardio setiap hari dengan durasi 15 – 30 menit saja. 

3. Lakukan Gerakan Sit-up dan Push-up

Meskipun terlihat simple, namun gerakan sit-up dan push-up ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara alami lho.

Dalam hal ini, kamu hanya perlu melakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up per harinya. Jika mampu, sebaiknya kamu tingkatkan lagi intensitas latihan gerakan ini setiap harinya.

4. Memperbanyak Minum Air Mineral

Ingin menurunkan berat badan tanpa ribet dan tanpa modal banyak? Jika iya, maka tips yang satu ini wajib kamu lakukan.

Berdasarkan dari hasil penelitian, air putih ini dapat membakar kalori, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, bagus untuk system pencernaan, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu harus minum air putih sebanyak 8 – 10 gelas per harinya.

5. Kurangi Cemilan Yang Manis-manis

Tak hanya merusak gigi, kuliner yang manis-manis juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, kolesterol tinggi, candu, dan obesitas.

Apabila ingin mengonsumsi kuliner yang manis-manis, sebaiknya ganti dengan yoghurt, smoothies, dan ubi, buah-buahan.

Selain kuliner manis, ternyata minuman-minuman bersoda juga mempunyai kandungan gula tinggi yang dapat memicu masalah obesitas.

Baca juga: Inilah Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

6. Perbanyak Frekuensi Makan, dan Kurangi Porsi Makan

Pada tips yang satu ini kamu jangan sampai gagal paham ya! Maksud dari tips tersebut, dimana kamu harus makan nasi sebanyak 3 piring per hari dengan porsi kecil.

Bukan hanya itu saja, usahakan juga untuk mengurangi atau menghindari makanan-makanan cepat saji.

Pasalnya, kadar MSG (micin) pada makanan cepat saji itu tergolong cukup tinggi, sehingga akan memicu berbagai permasalahan kesehatan seperti hipertensi, amandel, dan obesitas.

7. Mengonsumsi Teh Hijau

Ini dia salah satu yang menjadi alasan, mengapa Jepang dinobatkan sebagai salah satu Negara dengan penderita obesitas terendah di dunia.

Ya, hal itu dikarenakan sebagian besar masyarakatnya gemar mengonsumsi teh hijau. Soalnya, teh hijau ini kaya akan kandungan serat dan vitamin C yang tentu saja sangat bagus untuk system pencernaan.

Adapun mengenai beragam manfaat dari meminum teh hijau, seperti dapat menurunkan berat badan, memperlancar metabolisme tubuh & metabolisme lemak, dan mencegah kanker.

Agar kamu mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu minum teh hijau teh hijau sebanyak 2 gelas per hari.

8. Minum Ramuan Madu dan Jahe

Pada umumnya, biasanya ramuan madu dan jahe ini kerap digunakan masyarakat kita untuk mengatasi masalah peradangan tenggorokan maupun batuk.

Namun tahukah kamu, ternyata ramuan madu dan jahe juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara alami lho.

Mengenai cara membuat ramiannya, siapkan 1 gelas air hangat, campurkan dengan 2 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe kedalamnya, kemudian minum ramuan tersebut sampai habis.

9. Konsumsi Makanan-makanan Yang Kaya Serat

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kandungan serat memiliki peran penting dalam menurunkan berat badan secara alami.

Tak hanya dapat menurunkan berat badan, makanan-makanan yang kaya akan serat tersebut juga mampu memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, serta membersihkan saluran pencernaan.

Makanan-makanan kaya akan serat ini ada pada kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan.

10. Meminum Ramuan Teh Jeruk Nipis

Cara alami terakhir yang jangan sampai kamu lewatkan untuk menurunkan berat badan, yakni dengan meminum ramuan teh jeruk nipis.

Lalu, bagaimanakah cara membuat ramuannya? Mengenai cara membuat ramuan teh jeruk nipis tersebut bisa kamu ikuti seperti dibawah ini:

  • Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh bubuk
  • Siapkan 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduah teh dengan air panas, lalu campurkan perasan air jeruk nipis kedalamnya
  • Minumlah sampai habis tak tersisa.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah ramuan ini setiap hari.

Seperti itulah beberapa cara menurunkan berat badan yang simple, sehingga berat badanmu akan kembali ideal.

Baca juga: Berikut Ini Tips dan Cara Hidup Sehat yang Harus Anda Ketahui