makanan kost

7 Makanan yang Wajib Buat Stok di Kostan

Dikarenakan masih dalam masa pandemic Covid-19, maka menyimpan atau stok makanan harus dilakukan termasuk bagi anak kost. 

Lantas, makanan apa saja yang perlu di stok? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Sereal

Sereal menjadi makanan pertama yang cocok dijadikan stok makanan anak kost tanpa kulkas. Namun, pastikan sereal yang dipilih adalah sereal multigrain supaya kandungan serat di dalamnya lebih tinggi. 

Akan tetapi, jika anda khawatir sereal yang anda simpan di kost an mudah basi hingga akhirnya tidak termakan, maka sebagai solusinya anda bisa membeli sereal dengan kemasan kecil saja untuk satu kali penyajian. 

2. Roti Tawar

Meskipun masa kadaluwarsanya tidak terlalu lama, tetapi roti tawar bisa dimasukkan ke dalam list stok makanan untuk anak kos tanpa membutuhkan kulkas. 

Karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, roti tawar sangat cocok dijadikan menu sarapan pagi sebelum anda beraktivitas. 

Selain praktis cara menyajikannya, roti tawar juga cukup efektif sebagai pengganjal perut di pagi hari. 

Agar rasanya lebih nikmat, anda bisa menyajikan roti tawar dengan tambahan selai, susu cream, atau margarine. 

3. Yoghurt

Yoghurt menjadi makanan pertama yang cocok disimpan di kost an tanpa membutuhkan lemari es sebagai tempat penyimpanannya.

Yoghurt bisa menjadi makanan yang pas bagi anda yang sedang menjalankan program diet dan makan sehat. 

Selain cocok untuk program diet, yoghurt juga sangat pas sebagai sumber kalsium dan protein. Bukan hanya itu, yoghurt juga mengandung bakteri baik yang mendukung metabolisme dalam tubuh.

4. Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan salah satu camilan pavorit yang disukai banyak orang. Camilan ini memang sangat familiar di masyarakat Indonesia terlebih anda bisa memilih berbagai varian rasa sesuai selera. Seperti ada rasa original, manis, gurih, pedas, keju, dan lain sebagainya. 

Untuk mendapatkannya anda bisa membeli keripik singkong di warung, toko camilan atau secara online. Keripik singkong bisa menjadi makanan ringan yang menemani anda selama di dalam di kost an. 

5. Bubur Instan

Bubur instan bisa dimasukkan ke daftar stok makanan untuk anak kost. Cara membuatnya juga cukup mudah, anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas. Anda juga bisa memberinya topping sesuai selera sebagai penambah rasa dan nutrisi. 

Meskipun mudah cara membuatnya, namun jangan terlalu sering mengonsumsinya karena bubur instan mengandung sodium/natrium yang cukup tinggi.

6. Aneka Camilan

Meskipun camilan ringan bisa menimbulkan obesitas atau kegemukan, namun di waktu-waktu tertentu sangat bermanfaat sebagai pengganjal perut sebelum menemukan makanan utama. Anda bisa menyetok camilan sehat di kost anda misalnya kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, walnut, kacang tanah, hingga buah kering.

Yang terpenting semua camilan di atas tidak membutuhkan kulkas sebagai tempat penyimpanannya jadi cocok untuk dijadikan stok makanan anak kost yang tidak memiliki lemari es. 

7. Susu Sereal

Susu sereal bisa menjadi makanan sekaligus minuman alternative yang cukup mengenyangkan sehingga cocok dijadikan menu sarapan pagi sebelum memulai aktivitas. Bukan hanya itu, cara membuatnya juga cukuplah mudah, anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas, lalu diaduk-aduk, baru diminum.

Selain praktis dan mudah cara membuatnya, susu sereal juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Yang terpenting, susu sereal tidak membutuhkan kulkas sebagai tempat penyimpanannya sehingga cocok dimasukkan ke list makanan untuk anak kost.

Baca Juga: 8 Tips Memasak Yang Benar