kuota internet

Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Biaya Data Lebih Murah

cara menghemat kuota internet

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini, bahkan ada yang mengatakan jika handphone di tangan tidak terkoneksi dengan internet sehari saja maka mood menjadi kacau. Biaya data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, semakin cepat koneksi semakin mahal harganya, hal ini tentunya dapat menambah beban pengeluaran Anda karena masalah pulsa dan biaya internet.

Bahkan dengan kondisi jaringan yang sangat sangat lambat, kuota internet terkadang cepat tersedot, meskipun hanya digunakan sedikit untuk browsing untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Messenger, Instagram, email dan Twitter.

Menggunakan Penghemat Data Chrome Untuk Browsing 

Jika Anda pengguna browser Chrome, Anda dapat menghemat kuota internet di Android dengan mengaktifkan penghemat data. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Penghemat Data > Aktif. 

Dengan fitur ini, Anda bisa menghemat hingga 50% kuota internet Anda.

Matikan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Untuk memulai, buka menu Pengaturan > Akun > pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronkan. Hal ini tentunya menjadi cara untuk menghemat kuota internet di Android Anda karena aplikasi tidak otomatis terhubung ke internet.

Batasi Penggunaan Dan Aktivasi Data Seluler 

Anda pasti tidak asing dengan batasan sistem dan fitur peringatan penggunaan data yang terdapat di semua ponsel Android. Anda dapat menggunakan fitur ini dan untuk mengakses fitur ini, masuk ke menu Settings > Data Usage > Cellular Data > Set Cellular Data Limit, lalu tap untuk mengaktifkan kuota di Android Anda.

Membatasi Penggunaan Background Data

Lalu salah satu caranya adalah dengan menghentikan penggunaan data background. Untuk memotong penggunaannya, maka Anda bisa masuk menu settings > data usage > tap tiga garis vertical kanan atas > restrict background data > OK. 

Identifikasi Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Internet 

Saat ini banyak sekali aplikasi yang sengaja dibuat untuk memudahkan kita dalam terkoneksi dengan internet. 

Tentu saja hal ini membuat biaya internet menjadi boros. Menu Settings > Data Usage, lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan daftar aplikasi yang menyedot banyak data Anda.

Uninstall Aplikasi yang Menggunakan Banyak Data

Salah satu solusi tercepat adalah mencopot pemasangannya. Kemudian ganti dengan aplikasi lain yang lebih menghemat kuota internet di Android Anda.

Batasi penggunaan data di setiap aplikasi 

Opsi penggunaan data Android bukan satu-satunya cara untuk menghemat kuota internet Anda dalam sebuah aplikasi. Bahkan, beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan datanya sendiri. 

Anda dapat menjangkau mereka, misalnya, melalui menu pengaturan di aplikasi. Anda bisa masuk ke menu Setting > Backup and sync untuk melihat opsi penyimpanan data agar bisa menghemat kuota internet di Android

Batasi pembaruan aplikasi hanya saat terhubung ke WiFi

Jika Anda adalah pengguna aplikasi yang diterbitkan oleh Google Play Store, Anda dapat yakin bahwa ponsel Anda akan secara otomatis memperbarui aplikasi yang diinstal di dalamnya. Update yang ditawarkan oleh aplikasi biasanya memakan kuota yang cukup banyak, yang tentunya dapat menyebabkan kuota internet langsung habis. 

Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengaktifkan opsi Wi-Fi only. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa masuk ke Play Store lalu pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over Wi-Fi only.