June 4, 2023

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Ini merupakan program jaminan sosial yang ditujukan sebagai jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena itu, sangat penting untuk memahami status kepesertaan BPJS Kesejahteraan untuk jaminan sosial ini. 

cara cek status kartu bpjs

Lantas, bagaimana cara cek status kartu BPJS apakah masih aktif atau tidak? Simak 3 cara berikut ini !

Cek Status Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Secara Langsung

Cara cek kartu BPJS aktif atau tidak yang pertama bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi langsung kantor BPJS. Disana, kamu hanya tinggal melapor pada petugas yang ada di kantor BPJS Kesehatan, kemudian tanyakan segala hal yang ingin diketahui terkait BPJS Kesehatan tersebut. 

Atau bisa juga dengan mengunjungi BPJS Mobile Customer Service. Kamu cukup mendatangi kendaraan roda empat yang disediakan oleh BPJS Kesehatan dan biasanya layanan ini tersedia di wilayah yang jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan. 

Untuk cek status kartu BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan mendatangi petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit yang menjadi rujukan. Petugas dari “BPJS SATU!” bertugas untuk memberikan informasi serta Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit. 

Cek Status Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Melalui Aplikasi Mobile JKN 

Untuk cek status kartu BPJS masih aktif atau tidak melalui aplikasi mobile JKN adalah sebagai berikut :

Unduh terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store. 

Jika aplikasi sudah terpasang di smartphone, silahkan buka lalu isi form login dengan mengisi nomor kartu BPJS atau email aktif dan password. 

Bagi peserta yang sudah berhasil mendaftarkan diri sebelumnya di aplikasi JKN, disarankan untuk mengisi form lalu klik “login”. Namun, jika belum pernah mendaftar, silahkan klik “Register”. 

Setelah login atau masuk, silahkan isi form pendaftaran yang tertera di halaman. Mulai dari nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, hingga nomor ponsel dan password. Untuk alamat email dan nomor ponsel yang dimasukkan dalam form pendaftaran harus sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan. 

Selanjutnya, klik “Register” dan akan diterima form verifikasi yang harus diisi dengan memasukkan kode angka unik. Kode unik tersebut bisa dilihat di alamat email yang terdaftar. 

Setelah itu, bukan pesan masuk di email dari BPJS Kesehatan, salin kode unik lalu masukkan kedalam form verifikasi agar bisa langsung klik “Verify”, 

Dan terakhir, silahkan pilih menu “Peserta”. Layanan ini digunakan untuk mengetahui status kepesertaan kartu BPJS masih aktif atau non aktif. 

Cek Status Kartu BPJS Aktif Atau Tidak Melalui Call Center

BPJS Kesehatan terus memperkuat layanan Call Center dengan nomor 1500 400 untuk cek status kartu kepesertaan BPJS masih aktif atau tidak. Caranya adalah sebagai berikut :

Untuk cek status BPJS aktif atau tidak, kamu bisa hubungi nomor call center 1500 400. 

Jika sudah memanggil, kamu akan langsung terhubung dengan pusat Customer Service BPJS Kesehatan yang siap mengatasi keluhan dan berbagai pertanyaan selama 24 jam. 

Melalui layanan ini, kamu bisa menanyakan segala informasi yang dibutuhkan. Namun, sebelum menghubungi Call Center, pastikan kamu sudah menyiapkan terlebih dahulu nomor BPJS Kesehatan dan nomor KTP. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *