December 1, 2023
usir tikus

Selain menganggu, kehadiran tikus di rumah juga membawa banyak penyakit. Misalnya leptospirosis, pes, hantavirus, dan rat bite fever. Bahkan penyakit – penyakit tersebut berisiko membawa kematian. 

Karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengusir tikus agar rumah terbebas dari hewan pengerat tersebut yang menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya. Kamu tidak perlu bingung – bingung mencari cara ampuh untuk mengusir tikus. Karena dengan hanya bermodalkan bahan alami yang ada di dapur saja, dijamin tikus – tikus di rumahmu langsung minggat dan tak berani kembali.

bahan alami usir tikus

 Lalu, bahan – bahan alami dapur apa saja yang bisa digunakan? Yuk cari tahu dengan menyimak ulasan dibawah ini !

Lada Hitam 

Aroma pedas yang dikeluarkan lada hitam atau merica bubuk sangat tidak disukai oleh tikus. Karena itu, kamu bisa taburkan lada bubuk hitam di area – area dimana tikus sering ditemukan. Cara ini dipercaya bisa membuat tikus kabur dan enggan kembali. 

Bubuk Kopi 

Indera penciuman yang dimiliki tikus sangat tajam. Dengan menaburkan bubuk kopi yang aromanya kuat, membuat tikus tidak betah berlama – lama di seputar bebauan tersebut. Namun, pastikan yang kamu taburkan hanya bubuk kopi hitam saja, bukan yang dicampur gula !

Baking Soda 

Karena tikus tidak bisa bersendawa atau mengeluarkan gas dari perutnya. Jadi, kamu bisa manfaatkan kelemahannya itu dengan menaburkan baking soda atau mencampurkannya pada umpan tikus. Saat hewan pengerat ini memakan umpan tersebut, maka perutnya akan kembung lalu mati karena menahan gas tersebut. 

Kantung Teh 

Bagi kamu yang gemar minum teh, maka kantung teh bekas atau teh basi tersebut jangan langsung dibuang, ya ! Karena kamu bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus. 

Cukup meletakkan bekas kantung teh tersebut di sarang tikus, dan mereka pun akan segera mati. Peppermint didalam kantung teh bekas atau teh basi bisa menyebabkan hidung tikus iritasi. 

Daun Salam 

Daun salam dari sejak dahulu memang terkenal ampuh dapat mengusir hama. Jika kamu ingin menggunakan bahan alami ini untuk mengusir tikus yang membandel. Kamu hanya perlu meletakkan beberapa lembar daun salam di tempat – tempat yang sering dilalui tikus. Pastikan untuk menggantinya setiap 2 atau 3 hari sekali. 

Cengkeh

Sama seperti bahan alami yang beraroma kencang lainnya, tikus pun tidak suka dengan aroma yang dihasilkan cengkeh. Cara mengusir tikus dengan memanfaatkan cengkeh yang paling efektif adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu. Kemudian, cengkeh yang sudah kering dibungkus dengan kain kasa. Letakkan di tempat – tempat yang sering dikunjungi tikus. 

Bawang Putih

Bawang putih pun memiliki peran besar dalam mengusir tikus. Cara memanfaatkannya sama dengan cengkeh, yaitu kamu tinggal membungkus bawang putih dengan kain kasa. Setelah selesai dibungkus, letakkan bawang putih tersebut di area yang sering dihampiri tikus. 

Garam

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah garam. Namun, pemanfaatnnya berbeda dengan bahan – bahan alami yang sudah disebutkan diatas. Kamu perlu mencampurkan terlebih dahulu garam dengan tepung dan semen putih. 

Campuran formula tersebut memang tidak bisa dibilang alami sepenuhnya. Namun, adonan tersebut sangat ampuh untuk mengusir tikus. 

Tak perlu gunakan racun untuk mengusir tikus dari rumah, apalagi bahan tersebut bisa membahayakan anggota keluarga lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *