tanaman
Setiap orang itu memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah hobi merawat tanaman. Seperti yang sudah diketahui bahwa tanaman dari segi perawatan itu ada 2 jenis, tanaman yang ada di dalam ruangan dan di luar ruangan. Lalu bagaimana cara merawat tanaman yang berada di dalam ruangan? Berikut 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan :

1. Berikan Tanaman Banyak Cahaya

Hal pertama dan terpenting yang harus anda perhatikan ketika memelihara tanaman dalam ruangan adalah dengan mendapatkan cukup cahaya matahari. Dalam hal ini, anda bisa meletakkan tanaman dalam ruangan di atas meja sudut ruangan keluarga anda supaya nampak cantik, namun jika letaknya terlalu jauh dengan jendela, kemungkinan besar tanaman tidak dapat bertahan hidup lama. Oleh karena itu simpanlah di suatu ruangan yang memiliki pencahayaan matahari yang cukup banyak.

2. Siram Tanaman Secara Teratur

Untuk menjaga keseimbangan air yang benar pada tanaman dalam ruangan mungkin agak sedikit sulit. Karena jika tanaman terlalu banyak air, maka akar-akarnya bisa membusuk karena drainase yang kurang baik, namun jika tanaman mendapatkan terlalu sedikit air, maka tanaman tersebut bisa mengering. Pada umumnya jumlah air yang dibutuhkan oleh tanaman itu akan berbeda-beda. Ada tanaman yang hanya membutuhkan penyiraman satu kali dalam seminggu seperti tanaman Succulent dan Kaktus. Namun ada juga tanaman-tanaman yang senang hidup di daerah yang basah.

3. Beri Tanaman Pupuk Setiap Beberapa Minggu Sekali

Perlu anda ketahui bahwa pupuk merupakan campuran untuk tanah yang bisa memberikan nutrisi bagi tanaman. Sehingga penting sekali anda untuk memberikan pupuk ini pada tanaman, terutama pada tanaman di dalam ruangan, dimana setiap 2-3 minggu sekali anda harus memberikannya pupuk. Pada umumnya pupuk yang dijual memiliki nomor seri dengan 3 angka, seperti 10-20-10. Dimana nomor-nomor tersebut menunjukkan jumlah mineral-mineral yang terkandung pada pupuk seperti potasium (kalium), fosfor, dan nitrogen. Karena bagaimanapun setiap jenis tanaman itu membutuhkan jumlah mineral yang berbeda-beda, sehingga jenis pupuk yang digunakan pun berbeda-beda.

4. Bersihkan Debu yang Menempel Pada Tanaman

Tanaman yang ada di dalam ruangan lama kelamaan tentunya akan banyak debu yang menempel. Dan debu yang menempel ini bisa mengurangi keindahan dari tanaman tersebut serta menghambat pertumbuhan tanaman. Hal ini dikarenakan debu yang menempel bisa menyumbat pori-pori yang ada pada daun. Maka dari itu, penting bagi anda untuk selalu membersihkan debu yang ada pada tanaman anda secara teratur.

5. Jauhkan Tanaman dari Sumber Sirkulasi Udara

Jika anda meletakkan tanaman yang posisinya dekat dengan sumber sirkulasi udara, baik itu yang dihasilkan dari pemanas ruangan maupun pendingin udara, maka akan membuat daun-daun tanaman menjadi kering sehingga tanaman tersebut akan mati. Oleh karena itu, letakkan tanaman anda yang posisinya jauh dengan sumber sirkulasi udara.

Itulah 5 tips merawat tanaman di dalam ruangan, semoga informasi ada manfaatnya bagi anda semua.