persiapan pernikahan
Tips Agar Persiapan Pernikahan Tetap Terorganisir

Kalau berbicara mengenai persiapan pernikahan, daftar yang harus dilakukan, maka cukup kompleks. Mulai itu mengurus tempat lokasi, memilih dekorasi, membuat desain undangan, susun daftar tamu, memilih fotografer, mencari suvenir dan sebagainya. Semuanya itu adalah elemen-elemen yang penting karena dan perlu mendapatkan perhatian penuh termasuk ucapan untuk pengantin baru. Tetapi mempersiapkan semuanya dengan bersamaan tentu bukanlah perkara mudah, sering kali bahkan calon pengantin merasa stres karena perlu tepat waktu diselesaikan. Segalanya perlu terorganisir, Anda dan juga pasangan harus bisa fokus untuk segala yang terorganisir tersebut.

Persiapan pernikahan bisa saja terasa menyenangkan, dan bebas stres, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian pahami agar persiapan pernikahan lebih nyaman dan aman. 

Persiapkan lebih awal

Ada kesalahan yang biasa dilakukan calon-calon pengantin pada saat menyiapkan acara pernikahan yaitu mengerjakan semuanya tetapi mendekati hari-H pernikahan. Merasa hari H masih lama, ada banyak calon pengantin merasa tidak harus terburu-buru memulai setiap persiapannya. Padahal jika dimulai dengan lebih cepat maka Anda bersama pasangan bisa lebih terbebas dari perasaan stres saat menyiapkan pernikahan.

 

Memakai aplikasi pendukung

Kita semua perlu memanfaatkan teknologi yang sangat memudahkan hidup dari segala macam aspek, termasuk juga persiapan pernikahan. Di era serba segalanya digital sekarang, terdapat beragam aplikasi untuk bisa kita manfaatkan agar mampu memudahkan segala macam urusan yang terkait dengan pernikahan. Misal ada aplikasi yang memudahkan memilih beragam macam vendor terpercaya agar mewujudkan acara pernikahan lancar dan aman. Di dalam aplikasi bisa saja ada fitur yang lengkap, misalnya daftar checklist yang bisa memudahkan dalam pembuatan to-do-list. Dengan daftar tersebut, maka dapat memandu Anda agar tidak stres mempersiapkan semuanya. Anda bisa menentukan juga skala prioritas sesuai linimasa. Jangan fokus pada hal-hal yang besar saja, tetapi masukkan jadwal secara lengkap. Komunikasi dengan orang tua tentu juga penting dan perlu masuk daftar juga. 

 

Hindari melakukan sendiri

Kalau sudah ada to-do-list, bisa menentukan mana yang dapat diberikan kepada anggota keluarga atau pun teman agar dapat dikerjakan untuk membantu anda. Pendelegasian tugas tergolong penting, selain dikarenakan keluarga dan juga teman pasti bisa merasa bahagia pada saat dilibatkan, meringankan beban juga pastinya. Setelah mempunyai daftar pekerjaan untuk bisa didelegasikan, pilih anggota keluarga/ teman yang dapat kalian percaya untuk menyelesaikan tugasnya dengan maksimal. Lebih baik, pilihlah yang tak hanya ingin terlibat, tetapi juga mengerti bidang yang perlu dikerjakan.

 

Memastikan tema pernikahan

Supaya pernikahan impian lebih mudah untuk diwujudkan, tentukan tema dan visualnya. Jika fasih memakai sosial media, memilih tema visual menjadi lebih mudah. Anda cukup mengetik saja tema pernikahan populer lewat sosial media, maka dalam sekejap ada beragam pilihan yang tersedia. Simpan tema yang telah dipilih dan lalu tinggal didiskusikan bersama wedding organizer agar bisa mewujudkannya. Supaya visualisasinya lebih riil, bisa membuat papan papan wedding di dinding kamar. Trik visualisasi bisa membuat pasangan semangat menyambut momen hari bahagia. 

 

Buat komunikasi menyenangkan

Komunikasi merupakan kunci untuk suasana yang menyenangkan dan terkendali dari setiap pihak yang memang terlibat dalam acara pernikahan. Pihak-pihak yang dimaksud mulai itu dari vendor, anggota keluarga, pasangan dan sebagainya. Jika semuanya bisa terkomunikasi dengan lancar, setiap elemen-elemen pun dapat terkoneksi secara optimal. Jangan lupa untuk klasifikasi ide dengan cara manual. Bisa dengan binders atau map, agar bisa lebih mudah dan mendetail melihat mana aspek yang lebih dapat diwujudkan.