pilates ibu hamil

Manfaat Pilates Untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah kamu sedang mencari olahraga yang tepat ketika sedang mengandung? Kamu bisa loh melakukan pilates yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan. 

Ketika sedang hamil, kamu harus menjaga kondisi tubuh agar selalu prima dan sehat sehingga siap untuk melakukan persalinan. 

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, kamu juga harus berolahraga meskipun tidak terlalu berat. Jangan hanya berdiam diri yang justru akan membuat persalinan menjadi tidak lancar. 

Dari banyak olahraga yang tersedia, pilates adalah olahraga yang cocok bagi ibu hamil. Yuk cari tahu manfaat pilates untuk ibu hamil berikut ini 

  1. Memperkuat Otot Perut dan Panggul 

Manfaat pertama dari rutin melakukan pilates setidaknya 15 menit dalam sehari ialah untuk memperkuat otot perut dan panggul. Ketika melakukan persalinan, tentu kekuatan otot panggul dan perut memiliki peran yang penting. 

Otot panggul yang kuat akan mempermudah janin untuk lahir. Selain itu otot panggul yang kuat juga bisa mencegah urin bocor ketika ibu hamil bersin atau batuk. 

  1. Membuat Tidur Menjadi Lebih Lelap 

Apakah kamu menjadi lebih sulit tidur karena mengalami kecemasan menjelang persalinan? Tidur yang kurang akan membuat tubuh menjadi tidak segar dan tidak baik untuk ibu hamil. 

Untuk mengatasi masalah tidur, kamu bisa melakukan olahraga pilates ini. Alasan lain ibu hamil kesulitan tidur ialah kesulitan mencari posos yang nyaman. 

Dengan melakukan pilates akan membuat pernapasan dan aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat kualitas tidur menjadi lebih meningkat dan meningkatkan kualitas tidur. 

  1. Meningkatkan Mood dan Mengatur Emosi

Ibu hamil memang lebih rentan mengalami perubahan emosi dan suasana hati. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon, fisik serta mudah merasa kelelahan. 

Bagi kamu yang juga sedang mengalami perubahan suasana hati, maka kamu bisa mengatasinya dengan melakukan pilates. Dengan melakukan olahraga ini, maka bisa membuat kamu menjadi lebih rileks dan juga meningkatkan mood. 

  1. Mengatasi Sakit Pinggang 

Sakit pinggang merupakan permasalahan yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini karena perkembangan janin dalam perut yang semakin membesar dan mengakibatkan beban yang ditanggung oleh pinggang semakin besar. 

Melakukan pilates secara rutin yang terfokus pada kekuatan otot dan membuat kamu merasakan beban yang tidak terlalu berat. 

Rasa sakit pinggang yang mengganggu akan lebih mudah teratasi dan tidak mengganggu kegiatan sehari hari. 

  1. Mengatasi Kelelahan 

Semakin besar usia kandungan dan semakin membesar perut akan membuat kamu merasa lebih cepat lelah. Bahkan untuk bergerak saja terasa sangat berat dan melelahkan. 

Namun, kamu tidak boleh membiarkan diri kamu untuk tidak bergerak. Kamu bisa melakukan olahraga ringan yang cocok untuk mengatasi kelelahan yakni melakukan pilates. 

Melakukan pilates secara teratur dan rutin akan membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah.

BACA JUGA :  UCAPAN HARI IBU DALAM BAHASA INGGRIS

  1. Memudahkan Proses Persalinan 

Keutamaan dari pilates bagi ibu hamil ialah untuk memudahkan proses persalinan dan mengurangi rasa sakit ketika persalinan. 

Dalam melakukan pilates, kamu akan melatih pernafasan dan hal ini akan sangat membantu proses persalinan dan kamu bisa menjadi lebih tenang. 

Bagaimana, apakah kamu sudah tidak sabar untuk bertemu dengan buah hati dan tak sabar menunggu waktu persalinan? 

Kamu perlu menjaga kondisi fisik dan mental untuk menghadapi hari besar tersebut. Lakukan pilates secara rutin demi melakukan persalinan yang lebih lancar.