tips wfh
tips-wfh-bagi-freelancer
Ilustrasi Work from Home

bermanfaatbanget.com – Tips WFH tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang biasanya bekerja di luar rumah, tetapi juga bagi para freelancer. Kerja di rumah terus menerus bisa membuat seseorang bosan dan stress apabila tidak diiringi dengan semangat yang tinggi. Karena itulah, berikut adalah beberapa tips WFH yang dapat Anda lakukan. 

  1. Jadwalkan Waktu Tidur Secara Sehat

Tips WFH yang pertama adalah atur jadwal tidur. Jadwal kerja yang terstruktur sangat penting untuk membuat periode karantina tidak merusak mood kerja. Siapa sangka, itu dimulai dengan waktu tidur Anda. Tahan keinginan untuk menekan tombol snooze

Dalam apa yang dideskripsikan sebagai penelitian tentang jam tidur para peneliti di Canada’s Western University menemukan bahwa tidur berlebihan dapat mengurangi fungsi kognitif Anda seperti halnya kurang tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa menjaga rutinitas, tetapi dengan beberapa variasi  serta melakukan latihan dan tugas yang berbeda pada waktu yang berbeda ternyata sangat penting. Ini merupakan kutipan kata dari Jo Daniels, seorang psikolog klinis di University of Bath. 

  1. Hindari Gangguan Eksternal dari Lingkungan Rumah

Lakukan semaksimal mungkin untuk memisahkan ruang kerja Anda dari ruang hidup Anda. Terutama jika Anda memiliki anak di rumah. Bahkan gangguan terkecil pun dapat mematikan produktivitas Anda. Penelitian di Michigan State University menemukan bahwa interupsi tiga detik dapat melipatgandakan jumlah kesalahan yang Anda buat dalam pekerjaan saat perhatian Anda dialihkan ke hal lain.

Jika Anda tidak punya anak, maka pisahkan diri dari ketergantungan lainnya, yaitu gadget. Sebuah studi di Universitas dari Southern Maine menemukan bahwa ketika menguji tugas-tugas yang kompleks, kehadiran ponsel pelaku eksperimen sudah cukup untuk mengalihkan perhatian orang dan menyebabkan skor yang lebih rendah dalam tes tersebut.

Namun, menjauh dari tugas sesekali adalah ide yang bagus. Kadang, kadang, perlu Anda menjauh dari komputer, tetapi tetap bawa buku catatan dan pena. Sehingga jika ada deadline mendadak tetap bisa tercatat dan terjadwal, atau bahkan terkonsep. 

Penelitian di Indiana University menemukan bahwa menulis dengan tulisan tangan meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah, sementara menulis jurnal dikatakan sebagai cara yang efektif untuk meregangkan rentang perhatian Anda.

Baca Juga: Tips Jitu Agar Diterima Magang Oleh Perusahaan/Lembaga

  1. Duduklah di Dekat Jendela

Bidang psikologi lingkungan, yang mengeksplorasi hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya, memiliki banyak hal untuk diajarkan kepada kita tentang terjebak di dalam ruangan dan membuat kantor di rumah. Lily Bernheimer, direktur Space Works Consulting menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dipikirkan adalah di mana harus duduk. 

Ini mengacu pada konsep yang dikenal sebagai ‘perlindungan dan prospek’. Konsep tersebut  mengatakan bahwa manusia lebih nyaman duduk dengan punggung menghadap dinding dan melihat ke pintu atau jendela. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dapat berkontribusi pada kelangsungan hidup dengan mencari tempat teraman yang bisa ditemukan. 

Pemandangan alam melalui jendela dapat menurunkan tekanan darah Anda.  Pemandangan pepohonan atau bahkan gambar pemandangan di dinding Anda dapat membantu. Jika Anda dapat menemukan ruangan dengan pemandangan alam apa pun, maka ruangan ini memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah dan sirkulasi hormon stres. Lebih lanjut lagi, ini dapat meningkatkan kapasitas untuk perhatian terarah, yaitu kemampuan untuk fokus.

Dengan deadline yang berubah-ubah, seorang freelancer harus tetap sigap mengerjakan semua tugas. Karena itulah, tips WFH di atas akan dapat Anda maksimalkan jika selalu rutin melakukannya.