menghitung weton kelahiran

menghitung-weton-kelahiran


Bermanfaatbanget.com – Cara menghitung weton kelahiran bisa dilakukan mulai dengan cara manusia yaitu berdasarkan kalender sampai dengan menggunakan kalkulator online. Perhitungan weton bisa dianggap berguna untuk beberapa orang. Oleh karena itu cara yang tepat haruslah dipahami dalam menghitung weton agar weton Anda.

1. Tentukan nilai berdasarkan hari lahir

Hal pertama yang harus diketahui apabila menghitung weton adalah hari lahir. Maka ketahui terlebih dahulu di hari apakah Anda lahir. Selanjutnya tentukan nilai dengan berdasarkan pada hari kelahiran. Nilai bisa disesuaikan dengan hari lahir masing-masing orang. 

Umumnya nilai 5 untuk hari Minggu dan nilai 4 untuk hari Senin. Sedangkan nilai 3 untuk hari Selasa dan nilai 7 untuk hari Rabu. Lalu nilai 8 untuk hari Kamis dan nilai 6 untuk hari Jumat serta nilai 9 untuk hari Sabtu. Tentunya dalam mencari nilai hari jangan sampai ada kesalahan. Sebab nantinya nilai ini akan berpengaruh pada hasil penjumlahan sehingga berpengaruh pada hasil perhitungan weton. 

2. Tentukan nilai berdasarkan pasaran pada kalender Jawa

Jika memang hari lahir dan nilainya telah diketahui maka saatnya beralih mencari nilai dari nama pasaran. Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu berbagai nama pasaran yang ada di kalender Jawa. Mulai dari Wage dan Kliwon serta Legi. Ada pula nama pasaran Pahing dan Pon. Nama pasaran ini tentu saja sudah sangat tidak asing lagi bagi beberapa orang yang masih teguh memegang kebudayaan dan tradisi jawa. 

Demikian masing-masing nama pasaran ini memiliki nilai sendiri. Nilai 4 biasanya untuk pasaran Wage dan nilai 8 untuk Kliwon. Sedangkan Legi bernilai 5 dan Pahing bernilai 9. Untuk pasaran Pon memiliki nilai 7. Sama dengan mencari nilai pada nama hari maka tentunya pencarian nilai untuk nama pasaran ini tidak boleh sampai salah.

3. Jumlahkan nilai dari hari dan pasaran

Menemukan nilai dari hari lahir dan pasaran sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan dari sumber mana saja. Setelah dijumlah maka nantinya akan diketahui hasil nilai tertentu. Dari hasil nilai tersebut maka karakter diri dari masing-masing orang bisa tampak. Misalnya jika jumlahnya 7 maka karakternya adalah Pendito sedangkan jumlah 8 karakter Geni. Jumlah 9 karakter Angin dan jumlah 10 karakter Pendito Mbangun teki. 

Untuk jumlah 11 karakternya adalah Setan, sedangkan jumlah 12 karakter Kembang. Jumlah 13 karakter Lintang dan jumlah 14 karakter Bulan sedangkan jumlah 15 adalah karakter Geni. Jumlah 16 menunjukkan karakter Bumi dan jumlah 17 karakter Gunung. Sedangkan jumlah yang terakhir yaitu 18 menunjukkan karakter Paripurna. 

4. Gunakan kalkulator weton online

Menghitung weton dengan menggunakan kalkulator online menjadi suatu cara jitu yang sangat cepat dan praktis. Sebab Anda hanya tinggal mencari aplikasi weton kemudian memasukkan tanggal lahir. Maka nantinya akan segera didapatkan informasi mengenai weton yang mencakup pasaran dan neptu serta warsa. hasil weton yang ditampilkan nantinya tentu saja akurat dan tidak akan menyimpang dari perhitungan weton Jawa yang seharusnya. Maka cek weton yang erat hubungannya dengan budaya Jawa ini kini bisa dilakukan dengan menggunakan sistem online.

itulah beberapa Tips menghitung weton kelahiran yang bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan saja. Maka nantinya perhitungan weton bisa difungsikan untuk berbagai hal. Mulai dari hal mencari rezeki sampai dengan hal membuka usaha atau bahkan dalam hal perjodohan dan rumah tangga.