teman sekolah

Popbela.com merupakan salah satu perusahaan digital media yang berada dibawah naungan IDNTimes sejak tahun 2016. Dimana situs khusus perempuan ini memiliki konten yang lebih spesifik tentang lifestyle, kecantikan, dan fashion yang sangat cocok untuk perempuan generasi Z dan millenial di Indonesia.

Dalam hal konten, Popbela.com terbagi menjadi 5 bagian, yakni Beauty, Fashion, Career, Relationship, dan Quiz. Ngomong-ngomong soal relationship, dalam artikel kali ini akan membahas tentang 6 tips memilih teman di sekolah.

Ada pepatah yang mengatakan ‘jika ingin melihat kepribadian seseorang, maka lihatlah teman-teman di sekelilingnya, jika teman-temanya baik maka orang tersebut akan baik, namun jika teman-temannya buruk maka orang tersebut akan buruk pula’.

Artinya jika kamu ingin menjadi orang baik, maka kamu harus bergaul dengan orang baik juga. Berikut 6 tips memilih teman yang tepat di sekolah :

1. Mendorong Ke Arah Perkembangan Diri Yang Lebih Baik

Pilihlah teman yang bisa mendorong atau memotivasi kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan memiliki teman seperti ini, tentulah sangat menguntungkan bagi kamu karena akan ada seorang motivator yang selalu memberikan semangat kepada kamu supaya lebih baik lagi, atau menyemangati anda ketika kamu lagi ngedrop karena mendapatkan masalah.

2. Teman Yang Jujur

Pilihlah teman yang jujur. Artinya teman kamu itu bisa dipercaya, dan selalu terbuka tanpa ditutup-tutupi. Bahkan teman seperti ini akan selalu mengkritik kamu jika memang kamu melakukan kesalahan. Oleh karena itulah carilah teman yang jujur dan terpercaya.

3. Mempunyai Semangat Belajar Yang Sangat Tinggi

Saat bersekolah tentunya kamu akan sering berinteraksi dengan teman-teman yang lainnya. Bahkan waktu yang dihabiskan bersama-sama teman pun tidaklah sebentar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih teman yang memiliki semangat belajar yang menggebu-gebu sehingga kamu akan termotivasi untuk belajar bersungguh-sungguh.

Karena bagimanapun seorang teman itu bisa mempengaruhi kepribadian kamu, jadi jika kamu berteman dengan orang yang rajin belajar, maka kamu juga akan terbawa menjadi orang yang rajin belajar.

4. Pilih Teman Yang Menerima Kamu Apa Adanya

Carilah teman yang menerima kamu apa adanya, jangan memilih teman yang menerima kamu ada apanya. Artinya carilah teman yang bisa menemani kamu baik dalam keadaan susah maupun senang, jangan memilih teman yang hanya berteman dengan kamu ketika sedang berjaya atau mendapatkan kesenangan saja, tapi saat kamu jatuh atau mendapat kesengsaraan dia langsung meninggalkan kamu.

Jadi, jika kamu menemukan teman yang menerima kamu apa adanya, janganlah kamu sia-siakan. Karena teman yang seperti akan bisa membantu kamu dengan tulus ketika kamu mendapatkan kesulitan, dan dia juga akan merasa senang jika kamu mendapatkan kebahagiaan.

5. Mempunyai Minat dan Aktivitas Yang Positif

Carilah teman yang memiliki minat dan aktivitas yang positif. Misalnya teman yang suka mengikuti acara keagamaan seperti mengaji, selalu pergi ke majis ilmu, baksos, dan lain sebagainya.

Sehingga dengan kamu berteman yang memiliki aktivitas yang positif, tentunya bisa mempengaruhi kamu supaya menjadi orang yang suka mengerjakan hal-hal positif juga.

6. Pilih Teman Yang Setia dan Bisa Menjadi Tempat Curhat

Saat kamu berkumpul dengan teman sekolah, tentunya kamu tidak akan selalu membicarakan soal sekolah saja. Namun kamu juga akan bicara banyak hal, bahkan membicarakan hal-hal yang sifatnya pribadi. Oleh karena itu pilihlah teman yang setia, bisa dijadika tempat curhat, dan amanah.

Artinya teman kamu bisa menjaga rahasia kamu dan tidak disebarkan kemana-mana. Memang tidaklah mudah mencari teman seperti ini, tetapi setidaknya cobalah cari teman yang bisa kamu ajak sharing dalam segala hal.

Mungkin itu saja informasi tentang 6 tips memilih teman yang tepat di sekolah, semoga ada guna dan manfaatnya.