magang

tips-magang-yang-jitu
source: naceweb.org


bermanfaatbanget.com – Artikel kali ini akan membahas mengenai tips magang yang jitu agar bisa diterima oleh perusahaan/lembaga kerja yang bagus. Magang merupakan suatu bagian dari pelatihan kerja yang biasa dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir dan siswa SMK (PKL). Program magang ini menjadi salah satu syarat utama dalam menyelesaikan proses pendidikan yang sedang ditempuh. Tujuan dari magang ini yaitu untuk menghasilkan mahasiswa maupun siswa yang kompeten di bidangnya.













Program magang yang dilakukan ini akan disesuaikan dengan bidang atau background pendidikan sehingga mahasiswa akan lebih siap ketika diminta terjun langsung ke lapangan. Adapun beberapa tips jitu magang agar Kamu dapat diterima oleh perusahaan dan lembaga yang diinginkan antara lain sebagai berikut.


  1. Memanfaatkan Layanan Konsultasi di Kampus

Jika ada program magang di kampus, biasanya pihak kampus atau dosen pembimbing menawarkan layanan konsultasi berkenaan dengan program magang yang ada kepada mahasiswa. Sehingga Kamu bisa mencari waktu luang guna memanfaatkan layanan konsultasi tersebut.


  1. Tidak Menunggu Perusahaan Membuka Program Magang

Walaupun perusahaan yang Kamu minati tidak lagi membuka lowongan magang, maka tidak perlu berkecil hati. Kamu bisa menanyakan secara langsung kepada bagian HRD atau foundernya melalui telepon mengenai lowongan magang pada perusahaan tersebut membuka program magang atau tidak.


  1. Memanfaatkan Adanya Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat, sehingga memudahkan Kamu yang ingin melamar magang tanpa harus susah lagi. Karena saat ini terdapat aplikasi mengenai lowongan magang maupun kerja seperti Linkedin. Sehingga lebih efisien dalam mencari perusahaan yang sesuai dengan bidang studi Kamu.


  1. Kenal dengan Orang Dalam

Dengan adanya orang dalam (kakak senior atau saudara), Kamu bisa menanyakan perihal lowongan magang pada perusahaan tempat kerja kerabat Kamu. Sehingga Kamu dengan mudah mendapat informasi mengenai magang dan info peluang diterima magang.


Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


  1. Mempersiapkan Berkas dengan Rapi saat Dibutuhkan

Ketika melamar magang, berkas atau dokumen yang dibutuhkan seperti CV dan portofolio harus Kamu siapkan dengan rapi. Kamu juga bisa menyesuaikan CV dan portofolio dengan profil perusahaan yang akan dilamar untuk tempat magang. Jadi persiapkan berkas jauh-jauh hari sebelum Kamu melamar magang.

Jika Kamu melamar magang melalui email, sebaiknya cover letter tidak ketinggalan. Ada baiknya Kamu membuat cover letter yang lebih personal dan tidak asal copy paste  dari mesin pencari (Google).


  1. Melakukan Follow Up

Setelah Kamu mengirim berkas yang dibutuhkan untuk melamar magang baik melalui email maupun mengirim langsung ke perusahaan. Kamu juga bisa menghubungi salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut guna memastikan lamaran kamu telah diterima dan dibaca.

Jika Kamu sudah melakukan follow up dan HRD sudah membaca CV Kamu, tanyakan kepastian mengenai pengumuman penerimaan calon karyawan magang secara rinci. Kamu bisa menanyakan apakah penerimaan magang diumumkan secara umum atau pribadi, media sosial, via website, sms atau email.


  1. Proses Interview atau Wawancara

Jika Kamu mendapatkan panggilan magang, sebaiknya jangan langsung senang dulu. Karena masih ada satu tahapan lagi yaitu interview atau wawancara. Tahap interview ini akan menentukan Kamu diterima atau tidak. Jika melakukan interview sebaiknya tunjukkan sikap yang baik dan siapkan motivasi yang kuat dan rasional.

 

  1. Menunjukkan Keahlian ketika Interview

Saat tahapan interview, sebaiknya Kamu menunjukkan keahlian seperti mudah beradaptasi, memiliki pengetahuan yang luas, bisa kerjasama secara tim maupun individu. Selain itu, Kamu menunjukkan empati, perhatian dan menciptakan kredibilitas dalam interview singkat.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai tips magang yang cukup jitu, agar diterima magang oleh perusahaan/lembaga. Yang terpenting saat melamar magang, utamakan attitude yang baik dan rendah hati. Semoga informasi ini bermanfaat.