kata-kata persahabatan
kata-kata-persahabatan

Bermanfaatbanget.com – Dalam hubungan persahabatan, pertengkaran memang sesuatu yang tak bisa dihindari.

Kadang ada beberapa masalah sederhana hingga yang pelik sekalipun. Namun, itulah yang membawa warna – warni dalam persahabatan.

Efek dari pertengkaran dengan sahabat adalah aksi saling diam, tak bertegur sapa dari hari ke hari. Namun, hal – hal seperti itu justru akan membuat kamu merasa rindu dengan sahabat yang selama ini selalu menemanimu.

Bertengkar dalam suatu persahabatan dinilai sesuatu yang wajar. Namun, pertengkaran seperti itu tak akan pernah bertahan lama karena hubungan persahabatan itu saling melengkapi.

Semakin kita dewasa, masalah besar semakin datang menghadang dan tentunya kita ingin segera menyelesaikan masalah yang terjadi secara dewasa.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan berbicara dari hati ke hati. Ya, berbicara tanpa menggunakan emosi dan ego akan cukup membantu mengatasinya.

Pertengkaran dengan sahabat harus segera diakhiri seberapapun lamanya. Salah satunya harus ada yang mengalah karena jika tidak, masalah lebih besar akan muncul dan menyebabkan hubungan persahabatan menjadi renggang.

Jika kamu sedang bertengkar dengan sahabatmu baiknya lakukan langkah awal sebagai berikut:

1. Minta Maaf Lebih Dulu

Pertengkaran antara sahabat tak akan selesai jika keduanya saling gengsi untuk meminta maaf. Sebagai langkah awal, minta maaf lebih dulu kepada sahabatmu.

Jangan malu untuk meminta maaf karena jika langkah ini tak dilakukan, maka akan semakin sulit untuk berbaikan. Tak ada salahnya meminta maaf lebih dahulu karena dari situlah hubungan baik kembali terbentuk.

2. Jujurlah seberapa penting mereka dalam hidupmu

Jika kamu sudah berani meminta maaf, tidak ada salahnya mengungkapkan seberapa berartinya mereka dalam hidupmu.

Tak peduli seberapa hebatnya kalian bertengkar, tentunya kamu tak ingin persahabatan kalian yang sudah terjalin lama berakhir begitu saja dan kehilangan mereka. Buktikan bahwa mereka berharga di hidupmu. 

3. Jangan mengandalkan ego dan mulai berfikir pada sudut pandang yang berbeda

Dalam persahabatan, terlalu mengandalkan ego malah akan membuat sahabatmu tidak nyaman. Terlebih saat bertengkar, mengandalkan egoisme adalah hal yang tidak dianjurkan.

Cobalah untuk melihat ke sudut pandang yang berbeda. Mungkin akan lebih sulit, namun inilah tantangannya yang nantinya akan membuat kamu memahami segala situasi yang terjadi.

Hasilnya, kamu akan dengan mudah mengetahui pokok permasalahan dan solusi yang tepat untuk persahabatanmu.

4. Beri waktu pada sahabat untuk merenungkan dan meredakan emosinya

Memaksa sahabat untuk memaafkan kita adalah kesalahan yang sering dilakukan beberapa orang. Jika memaksa terus – menerus kemungkinan malah akan membuat sahabatmu tidak nyaman.

Padahal seorang sahabat butuh ruang dan waktu untuk memikirkan masalah yang terjadi diantara kalian.

Dengan memberikan waktu untuk mereka sendiri, mereka juga perlahan akan meredam emosi yang terjadi. Jadi, jangan pernah terburu – buru untuk menyelesaikan masalah saat sahabatmu sedang emosi. Cukup berikan waktu dan bersabar. 

Nah, setelah memahami tips – tips untuk memperbaiki hubungan yang sempat renggang dengan sahabat, kamu mungkin juga perlu memberinya kata – kata yang mungkin akan membantunya meredam emosi dan memaafkanmu seperti kumpulan kata-kata persahabatan berikut:

Baca juga: 5 Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar yang Romantis dan Bermakna Indah

  1. Jika aku mengucapkan suatu kebohongan padamu, jika itu membuatmu terluka, maafkan aku dari lubuk hati terdalamku – Bobby Vinton.
  2. Tahukah kamu, kamu adalah bagian dari hidupku dan aku sangat menyayangimu apapun kondisimu. Tolong beri aku pelukan ketika kesal dan marah. Jangan anggap serius setiap ucapan kasarku. Maaf jika aku pernah menyakitimu tapi jangan abaikan aku, wahai sahabat. 
  3. Jika aku tau segala perbuatan dan perkataanku sudah menyakitimu, aku akan berfikir ribuan kali sebelum melakukannya. Tapi, kau tahu kamu jauh lebih berharga dibandingkan tumpukan emas dan berlian. Dari hati terdalamku, maafkan aku sahabat. 
  4. Kau tahu, aku sangat bersyukur Tuhan menghadirkanmu dalam hidupku. Tapi, maafkan aku karena sudah membuatmu kesal dan menguras air matamu.
  5. Aku tak akan rela apapun di duia ini menghancurkan persahabatan kita. Namun, aku juga tak akan memaafkan diriku sendiri karena kesalahan yang aku lakukan padamu dan menyakitimu. Maafkan aku. 
  6. Sebesar apapun permasalahan yang kita hadapi, jangan terus bersedih dan marah padaku. Sejujurnya kau tidak cocok untuk itu karena bagiku senyumanmu jauh lebih cocok menghiasi wajahmu.
  7. Aku minta maaf untuk setiap kesalahan yang aku lakukan padamu. Saat ini, aku merasa seperti bukan diriku sendiri – V.E Schwab. 
  8. Aku tahu seberapapun banyaknya aku minta maaf, namun itu tak akan cukup untuk segala yang telah aku lakukan padamu. Namun, aku akan tetap meminta maaf jutaan kali sampai kamu bisa memaafkanku. 
  9. Maafkan aku sahabatku, karena sikap egoisku kamu menjadi menderita seperti saat ini. 
  10.  Masalah yang muncul diantara kita ini mungkin sebuah ujian bagi persahabatan seberapa besar kekuatan persahabatan kita. Inilah yang harus kita buktikan!
  11. Apapun kondisi kita dan seberapa besar masalah yang kita hadapi saat ini, tenanglah aku tak akan pernah meninggalkanmu karena aku sahabatmu. 
  12. Maafkan aku sahabat, mungkin aku telah sering menyakiti hatimu tanpa aku sadari. Namun itulah kekuranganku yang saat ini perlu aku perbaiki. 
  13. Kau tahu apa yang membuatku lemah saat ini? Diabaikan dan bertengkar denganmu atas kesalahan yang telah aku perbuat. Maafkan aku sahabatku. 
  14. Jika boleh memilih, aku akan memilih patah hati karena pacarku dibandingkan bertengkar dengan sahabat sepertimu. Sungguh ini sangat menyiksa. 
  15. Sahabatku, maafkan aku yang telah membutakan mata dan membisukan kata – kata. Maafkan aku karena tak berdaya. 
  16. Membentak, berucap kasar dan menyakiti hatimu adalah hal diluar kendaliku. Namun, sejujurnya aku sangat menyesal telah melakukannya dan merasa aku melukai diriku yang lain. 
  17. Kau boleh marah atau memakiku, namun jangan diamkan aku seperti ini. Aku kehilangan dan rindu sahabatku yang konyol, cerewet dan selalu ada untukku. 
  18. Bagaimana mungkin aku bisa bahagia dan bersenang – senang jika sahabatku bersedih karenaku. Maafkan semua kekhilafanku. Hanya kau yang bisa memahami bagaimana aku dan perasaanku.
  19. Jangan memutuskan persahabatan karena sepatah kata yang tak sengaja terucap dari mulutku. 
  20. Aku tak ingin kehilangan sahabat sepertimu, apalagi harus jauh dari orang sepertimu karena aku tak rela kehilangan hari indah tanpa kehadiranmu hanya karena kemarahan yang membekukan kita. 

Itulah beberapa kumpulan kata-kata persahabatan yang bisa menjadi inspirasimu untuk memperbaiki hubungan dengan sahabatmu.

Bertengkar dengan sahabat memang hal paling tidak enak dalam hidup seseorang dan membuat hubungan persahabatan menjadi retak.

Namun, dibalik itu semua pasti sahabatmu juga telah merindukanmu dan ingin semuanya normal kembali.

Nah, tunggu apa lagi segera minta maaf dan habiskan waktu berhargamu bersama mereka. Jangan pernah gengsi untuk mendapatkan kembali sahabat terbaik!

Baca juga: Berikut Ini Ucapan Belasungkawa Bagi Guru dan Sahabat