cctv
Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat kita akan berangkat mudik untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Saat ditinggal mudik, itu artinya rumah anda sudah tidak ada penghuninya lagi. 
Nah, momen-momen itulah yang selalu dimanfaatkan oleh para maling untuk membobol rumah-rumah yang kosong karena ditinggal mudik oleh pemiliknya. 
Tapi anda tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan memberikan 4 tips anti maling ampuh saat rumah kosong ditinggal mudik. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Minta Orang Lain Untuk Menjaga Rumah Anda

Tips anti maling pertama yang harus anda coba, yakni dengan meminta bantuan orang lain untuk menjaga rumah anda. Dalam hal ini, anda bisa meminta bantuan kepada sahabat, kerabat, maupun tetangga yang dapat di percaya. 
Agar mereka ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya, maka anda harus memberi mereka imbalan baik berupa uang atau pun oleh-oleh saat pulang mudik. Dengan begitu, anda pun tidak perlu mencemaskan lagi kondisi rumah saat ditinggal mudik.

2. Nyalakan Lampu

Apabila anda merasa tidak enak jika harus menyuruh orang lain untuk menjaga rumah, maka solusi terbaiknya adalah dengan menyalakan lampu. Ada beberapa ruangan yang harus anda nyalakan saat rumah dalam keadaan kosong seperti ruangan tamu, kamar atas, dan teras depan. 
Dengan menyalakan lampu pada lokasi-lokasi tersebut, maka si maling pun akan mengira bahwa rumah anda ada penghuninya. Agar lebih meyakinkan lagi, anda bisa menyalakan tivi atau tape radio.

3. Kunci Semua Pintu

Ini dia salah satu tips anti maling paling ampuh, saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal mudik. Ya, kunci semua pintu mulai dari pintu ruangan depan, pintu belakang, dan sebagainya. Selain itu, anda jangan sampai lupa untuk memastikan bahwa jendelanya sudah tertutup dengan rapat. 

4. Berkomunikasi Dengan Tetangga

 Itu sebabnya, mengapa kita sebagai manusia yang berjiwa sosial harus memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga. Mungkin, ada sebagian dari para tetangga dekat anda yang kebetulan tidak mudik. Nah, anda harus menjalin komunikasi dengan mereka untuk menanyakan tentang kondisi rumah anda melalui ponsel. 
Demikianlah ulasan singkat mengenai 4 tips anti maling paling ampuh saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal mudik, yang tanpa harus menggunakan kamera CCTV. 
Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja.