bisnis online

Melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang setiap hari di kantor bisa menjadi tugas yang membosankan. Belum lagi bila kamu sudah dipusingkan dengan deadline kerjaan tapi tiba-tiba harus direpotkan dengan masalah mendadak.

Parahnya lagi, gaji yang kamu terima tiap bulannya tidak seberapa. Kalau kata orang, gaji cuma numpang lewat saja. Tapi, sekarang ada cara lain untuk menambah penghasilan kamu dengan cara yang menyenangkan. Ya, bisnis online.

Di era digital seperti sekarang ini, bisnis online sudah menjadi hal yang cukup umum dilakukan siapapun, termasuk karyawan kantoran seperti kamu. Kamu bisa jual apa saja di bisnis online, mulai dari jualan baju dan produk fashion hingga menjual berbagai peralatan berguna yang bisa membantu kehidupan kita sehari-hari. Platform yang bisa kamu gunakan pun beragam, mulai dari media sosial hingga website e-commerce atau marketplace.

Pada awalnya menjalankan bisnis online sambil kerja kantoran mungkin bisa merepotkan. Tapi, seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa menyesuaikan diri. Jangan main-main, jika dijalankan dengan benar dan tekun, bisnis online bisa memberikan kamu penghasilan tambahan yang tidak sedikit loh.

Nah, agar kamu bisa membagi waktu antara pekerjaan kantor dengan bisnis online, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Tetap 100% fokus untuk pekerjaan di kantor

Masalah utama yang dihadapi banyak orang ketika memilih untuk menjalankan bisnis online sambil tetap kerja kantoran adalah fokus. Dengan dua pekerjaan yang berbeda tentu saja fokus akan dengan mudah terpecah.

Jika tidak mampu membagi fokus dengan sesuai, yang ada pekerjaan kantor kamu yang sebenarnya adalah pekerjaan utama kamu bisa terbengkalai. Selalu prioritaskan pekerjaan kantor, setidaknya sampai kamu benar-benar bisa mengandalkan bisnis online sebagai sumber penghasilan utama kamu.

2. Atur waktu dengan baik

Masih berkaitan dengan masalah fokus, saat memulai bisnis online sambil kerja kantoran, kamu juga akan mengalami masalah time management. Dengan hanya 24 jam tersedia setiap harinya, memiliki dua pekerjaan yang menguras perhatian bisa membuat waktu kamu untuk beraktivitas terasa pendek dan malah membuat kamu tidak fokus.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan kamu membagi waktu untuk masing-masing pekerjaan dengan seimbang. Saat berada di kantor, fokus pada pekerjaan kantor dan jangan pikirkan tentang bisnis online, demikian pula sebaliknya.

3. Pilih bisnis online sesuai dengan minat

Langkah ini mungkin merupakan salah satu hal yang paling menentukan kesuksesan bisnis online yang kamu rintis. Agar bisnis online kamu bisa berjalan dengan sukses dalam jangka panjang, ada baiknya kamu menjual barang yang sesuai dengan minat kamu.

Jika kamu suka dengan fashion, maka kamu bisa menjual pakaian. Jika kamu suka bermain game, kamu bisa menjual gadget atau konsol terbaru. Anggaplah bisnis online kamu sebagai sebuah hobi yang bisa menghasilkan uang. Dengan begitu, kamu akan lebih menikmatinya.

4. Selalu berpikir positif

Tentu saja banyak hal yang bisa membuat kamu berpikiran negatif saat memulai bisnis online. Seperti bagaimana jika bisnis yang kamu jalankan tidak berhasil, atau bagaimana jika akhirnya kamu merugi dan lebih parah lagi, harus kehilangan pekerjaan akibat gagal membagi fokus dengan pekerjaan kantor.

Well, solusi untuk masalah ini tentu adalah pola pikir yang positif. Jangan takut gagal, setidaknya kamu sudah mencoba. Dengan pola pikir yang positif, kamu pasti akan bisa lebih rileks dalam menjalankan bisnis online sambil kerja kantoran.

Nah, itu dia 4 tips berguna yang bisa kamu ikuti jika ingin memulai bisnis online saat masih kerja kantoran. Selamat mencoba ya!