Anda pasti melalui petimbangan yang sangat panjang saat membeli baju untuk si kecil yang baru lahir. Bahan yang halus dan terasa lembut di kulit, jahitan yang rapi, ukuran yang pas, segala sesuatunya tentu menjadi perhatian agar buah hati bisa merasa nyaman ketika memakainya. Sayangnya, banyak ibu yang berhati-hati dalam memilih baju bayi namun masih sembarangan ketika menggunakan deterjen. Ya, sabun cuci baju bayi juga perlu dipilih dengan seksama. Sebab di dalam deterjen pada umumnya terkandung banyak sekali bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan alergi pada kulit si kecil. Itulah mengapa bayi terutama yang baru lahir membutuhkan sabun cuci baju bayi khusus yang lebih aman.
Ada beberapa kandungan berbahaya yang tidak boleh ada di dalam sabun cuci baju bayi, misalnya saja phospates. Phospates sendiri merupakan kandungan yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran membandel, namun di sisi lain juga berbahaya untuk kulit dan bisa mengurangi imunitas tubuh pada bayi. Kemudian ada juga bahan yang bernama surfactants. Bahan satu ini boleh ada dalam sabun cuci baju bayi, namun persentasenya tidak boleh melebihi 35 persen. Sebab jika kandungannya terlalu banyak, surfactantc bisa menyebabkan penyakit kulit seperti eczema dan dermatitis.
sabun cuci yang bagus untuk bayi

Tips memilih sabun cuci baju bayi yang aman untuk buah hati

Lalu hal apa saja yang harus dilakukan untuk memilih sabun bayi yang aman bagi si kecil? Pertama, pastikan sabun cuci baju bayi tidak memiliki wangi yang menyengat. Adanya aroma wangi yang berlebihan tersebut berasal dari campuran parfum yang kandungan kimianya kurang bayi untuk kulit bayi. Apalagi keringat bayi juga tidak berbau seperti halnya orang dewasa, sehingga tak perlu menggunakan sabun cuci baju bayi yang memiliki aroma terlalu kuat.
Pilih deterjen bayi yang aromanya soft atau bahkan tidak memiliki wangi sama sekali. Anda juga harus menghindari sabun cuci baju bayi yang memiliki warna terlalu mencolok. Serat pakaian bayi cenderung tipis, sehingga dikhawatirkan pewarna buatan pada sabun cuci baju bayi malah akan merusak warna asli pakaian. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan sabun cuci baju bayi dengan kandungan softener atau pelembut.
Ya, memang banyak sekali ibu yang suka menggunakan sabun cuci baju bayi dengan pelembut karena menjadikan baju si kecil lebih nyaman di kulit. Namun softener pada deterjen ternyata juga memiliki kandungan kimia yang cukup kuat sehingga tidak terlalu baik untuk bayi. Ada beberapa bahan yang biasa digunakan dalam sabun cuci baju bayi dan tergolong aman, seperti sodium carbonate proxide, oxygen bleach, dan juga zeolites.

Pada dasarnya, sabun cuci baju bayi terbaik adalah yang berbasis sabun dan sudah lolos tes alergi. Saat ini sudah banyak kok, yang jual sabun cuci baju bayi dengan label bebas alergi sehingga cocok untuk si kecil yang memiliki kulit sensitif. Supaya lebih hemat, Anda sebaiknya membeli sabun cuci baju bayi dalam kemasan besar.