kutu beras

Beras merupakan salah satu makanan pokok yang hampir dikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu, kualitasnya harus selalu dijaga dan diperhatikan setiap hari. Dibersihkan dan dijauhkan dari jangkauan kutu beras yang sangat mengganggu. 

Kutu beras akan mencuri nutrisi beras serta merusak kualitas beras yang akan kita konsumsi karena biasanya mereka akan bertelur didalam butiran beras tersebut. Lalu bagaimana cara yang mudah untuk menghilangkan kutu beras itu? Mari simak pada pembahasan dibawah ini!

Tips Menghilangkan Kutu Beras 

Simpan beras di freezer selama 4 hari 

tips menghilangkan kutu beras

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkna kutu beras adalah dengan menyimpan beras didalam freezer selama 4 hari. Hal ini dilakukan karena biasanya kutu tidak menyukai suhu ruangan yang terlalu dingin. 

Dengan suhu yang rendah juga bisa membunuh semua larva yang terdapat dalam tiap butiran beras. Cara ini berguna untuk melindungi beras dari gangguan serangga lainnya yang berbahaya. 

Jemur beras dibawah sinar matahari 

tips menghilangkan kutu beras

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan kutu beras adalah dengan menjemur seluruh berasmu dibawah terik matahari. Jemur dengan menggunakan wadah yang besar dan lebar agar semua beras dapat terjemur dengan rata. 

Kutu beras tidak menyukai suhu yang terlalu panas dan hal inilah yang membuatnya akan keluar sendiri nantinya dari beras yang kamu jemur. 

Tutup dengan kain basah 

tips menghilangkan kutu beras

Langkah ini bertujuan untuk melindungi berasmu dari kutu beras serta emmbuat kutu beras segera menghilang dari  berasmu. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menutup berasmu dengan kain yang sudah dibasahi terlebih dahulu sebelumnya. 

Diamkan saja selama beberapa menit maka kutu akan menempel di kain dan berasmu akan menjadi bersih dan terhindari dari kutu beras yang menyerang sebelumnya. 

Menggunakan kayu manis

tips menghilangkan kutu beras

Kamu juga bisa menghilangkan kutu beras dengan menggunakan kayu manis yang diletakkan disekitar penyimpanan berasmu. Biasanya kutu beras tidak akan menyukai aroma dari kayu manis sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya nanti dari beras tersebut.

Gunakan bawang putih 

tips menghilangkan kutu beras

Kamu juga bisa menggunakan bawang putih sebagai alternative untuk menghilangkan kutu beras. Biasanya kutu beras tidak akan menyukai aroma dari bawang putih sehingga mereka akan keluar dengan sendirinya dari tempat penyimpanan beras yang kamu simpan. 

Caranya adalah dengan mengupas dan mengiris bawang putih lalu letakkan disekitar permukaan beras selama beberapa hari saja.

Gunakan cabai merah kering 

tips menghilangkan kutu beras
Kamu juga bisa menggunakan cabai kering sebagai alternative untuk mengusir kutu beras dari beras penyimpananmu. Gunakan cabai merah yang sudah kering dan tidak terpakai lalu letakkan ditempat penyimpanan berasmu hingga semalaman. 

Dipastikan esoknya kutu beras sudah hilang dan tidak ada lagi pada penyimpanan berasmu. Selanjutnya bersihkan berasmu dari cabai merah kering yang telah dimasukkan sebelumnya. 

Gunakan daun jeruk nipis 

tips menghilangkan kutu beras
Kamu juga bisa menggunakan daun jeruk nipis sebagai langkah untuk menghilangkan kutu beras. Daun jeruk nipis memiliki aroma yang sangat kuat sehingga membuat kutu beras tidak menyukai aroma tersebut. 

Biasanya daun jeruk nipis digunakan dengan cara meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis tersebut kedalam penyimpanan beras selama beberapa jam. Setelah itu, dipastikan kutu beras akan menghilang dan menjauh dari tempat penyimpanan beras kita karena aroma yang sangat mengganggunya.