Terkadang bahkan seringkali pendidikan edukasi seks sangat sulit dilakukan atau diberikan kepada si anak. Hal tersebut memang wajar saja karena akan terasa canggung dan aneh pada saat para orang tua berbicara secara langsung mengenai pendidikan edukasi seks ini terhadap si anak.
Reaksi Anak Mengenai Edukasi Seksual
Bahkan justru para guru yang mampu dan sangat pandai dalam memberi arahan mengenai pendidikan edukasi seks ini terutama guru bidang biologi. Guru sosiologi biasanya juga memberi arahan tentang pendidikan edukasi seks tersebut walaupun tidak banyak. Disamping itu, ada beberapa seminar juga yang membahas mengenai bagaimana cara menghadapi dunia seksual.
edukasi seksual untuk anak

Disamping itu, Anda juga harus tahu bagaimana si anak-anak akan bereaksi mengenai pendidikan edukasi seks ini. Pada umumnya, justru anak yang lebih kecil mungkin ingin tahu dan tertarik ketika orang tua berbicara tentang masalah seksual. Anak-anak yang lebih besar, terutama remaja, cenderung menjadi penonton yang kurang bersedia atau merasa lebih malu membicarakan pendidikan edukasi seks tersebut. Tidak hanya itu saja, karena kehidupan anak remaja yang lebih bervariatif, maka anak remaja yang lebih besar tersebut mungkin merasa mereka tahu semuanya.
Selain itu, mereka juga mungkin merasa kalau bahwa orang tua mereka tidak mungkin atau tidak perlu mengajar mereka tentang pendidikan edukasi seks ini. Ada hal lainnya yang harus Anda ketahui saat memberi ulasan pendidikan edukasi seks kepada anak remaja yang sudah agak besar. Seorang anak yang lebih besar dapat saja bersikap meremehkan ketika orang tua mereka membahas pendidikan edukasi seks dengan mereka. Tentunya hal tersebut bisa menimbulkan masalah dan juga bahkan bisa menggoncangkan kepercayaan orang tua.
Selain itu, anak remaja tersebut dapat juga merasa malu dan canggung seperti orang tua mereka. Mereka mungkin lebih suka untuk tidak membicarakan seks dengan mereka sama sekali. Jika orang tua tidak pernah membicarakan pendidikan edukasi seks atau masalah seks, maka anak cenderung menganggap orang tua tidak ingin membicarakannya. Pada akhirnya, si anak malah tidak pernah mau untuk bertanya.
Komunikasi Sukses
Komunikasi yang sukses tentunya harus menjadi pokok yang cukup utama walaupun tidak benar-benar secara langsung, hal yang penting yaitu si anak tahu hal penting mengenai pendidikan edukasi seks ini. Tetapi jika memang Anda merasa kurang percaya diri pada saat ingin memberi arahan pendidikan edukasi seks kepada anak, maka Anda bisa meminta tolong pihak lainnya.

Dengan sifat yang lebih formal seperti lembaga edukasi, sekolah, seminar dan sebagainya, maka si anak bisa lebih nyaman lagi pada saat mengetahui mengenai pendidikan edukasi seks tersebut. Hal tersebut dikarenakan pembicaraan tidak terlalu mengintimidasi tetapi justru menyenangkan. Sekian saja dan semoga bisa berguna untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *