tas sekolah anak
Setelah liburan panjang sekolah, biasanya anak-anak malas untuk kembali lagi ke sekolah. Untuk memberinya semangat kembali belajar, Anda bisa memberinya hadiah kenaikan kelas. Salah satunya hadiah tas baru. 
Namun Anda perlu mengetahui bahwa memilihkan tas sekolah untuk anak Anda tidak boleh asal-asalan. Sebab Anda tentu tahu kini beban yang dibawa oleh si kecil semakin banyak dan tentu dapat mempengaruhi perkembangannya. 
Beban dalam tas berisi buku, tas makan siang, alat kesenian dan keperluan sekolah lainnya dapat menjadikan anak cepat lelah terutama pada bagian bahu. Beban yang beratnya lebih dari 10% dari berat badan si kecil, menyebabkan sakit pada lengan, bahu dan juga punggung di bagian bawah. Bahkan dapat mempengaruhi kesehatan tulang punggung dan perkembangan otot anak. 
Lalu bagaimana sih tips memilih tas sekolah anak yang tepat?

Pilih tas ransel

Saat ini Anda dapat menemukan ada banyak sekali model tas dengan berbagai macam bentuk dan warna di pasaran. Mulai dari tas ransel, tas selempang, tas jinjing dan masih banyak lagi. Untuk hadiah si kecil, sebaiknya Anda pilihkan tas ransel untuk pergi ke sekolah. 
Tas ransel memiliki dua tali yang dibebanan pada bahu kanan dan kiri. Hal ini menjadikan beban pada tas terdistribusikan secara merata pada bahu si kecil. Sehingga anak tidak mudah lelah sebab beban hanya terpaku pada salah satu bahu.

Memilih tas dengan tali lebar

Perhatikan tali pada tas ransel yang Anda pilihkan. Tas dengan tali berukuran lebar dan juga empuk akan terasa nyaman di bahu anak, sehingga tidak terasa sakit saat membawa beban dalam tas. Tali yang berukuran kecil, membuat anak mudah sakit pada bahu apalagi saat beban yang dibawa banyak.

Memiliki bantalan empuk pada bagian punggung.

Coba perhatikan bagian belakang pada tas, apakah dilapisi dengan bantalan empuk. Bantalan empuk pada tas ini berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan Anda saat membawa tas. Selain itu, juga dapat melindungi punggung si kecil dari benda tajam di dalam tas seperti ujung penggaris, pensil, pulpen atau barang lain yang ada di dalam tas.

Memiih tas yang memiliki banyak kompartmen

Selanjutnya perhatikan bagian dalam tas ransel. Tas ransel dengan banyak kompartmen akan memudahkan si kecil meletakkan barangnya dengan rapi dan mudah mencari barangnya. 
Selain itu, peletakkan barang yang tidak hanya pada satu bagia saja, membuat beban yang dibawa si kecil tidak menumpuk pada satu bagian saja, tetapi merata ek seleuruh bagian.

Memiliki tali tambahan di bagian bawah

Anda pasti sering menemui tas ransel yang dilengkapi tali tambahan di bagian bawah tas. Tali ini berfungsi untuk menyebar beban pada tas ke seluruh tubuh, dengan cara mengikat tali di pinggang. 

Memilih tas dorong

Untuk anak yang masih tingkat SD, memiih tas dorong bisa menjadi pilihan yang bagus jika seringkali berganti ruangan. Tas dorong memudahkan si kecil membawa beban dalam tasnya dengan lebih ringan tanpa harus digendong.
Nah itu tadi beberapa tips yang bisa Anda coba saat memilihkan tas sekolah untuk si kecil. Perhatikan juga ukuran tas anak yaitu dengan ukuran maksimal 75% dari punggung si kecil, agar ia amerasa nyaman saat membawa tas sekolahnya. Lalu sebaiknya angan membiarakna si kecil membawa barang bawaan yang terlalu berat.