kulit kombinasi
Tipe kulit manusia ada beberapa jenisnya yaitu tipe kulit kering, berminyak, sensitif , normal dan kombinasi. Tipe kulit kombinasi bisa disebut sebagai jenis kulit yang unik dimana Anda merasa kulit wajah kering dan berminyak secara bersamaan. Umumnya, bagian berminyak berada di area hidung, dahi dan dagu. 
Kulit kombinasi juga seringkali bermasalah dengan blackheads, kulit yang berkilap serta pori-pori yang lebar.  Dengan kondinasi kulit yang kombinasi antara kulit kering dan berminyak, Anda jadi memerlukan perawatan yang berbeda pada tiap bagian wajah. Lalu bagaimana cara merawat kulit dengan tipe kombinasi? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Melakukan perawatan berbeda pada setiap area

Apabila padda area T-zone, wajah berminyak dan pada bagian pipi kulit terasa kering, Anda pasti akan kesulitan memilih produk yang tepat. Maka Anda membutuhkan beberapa produk untuk melakukan perawatan berbeda di setiap area. Misalnya untuk pelembab sebaiknya pilih krim anti-acne untuk daerah rentan jerawat sedangkan bagian lainnya gunakan pelembab yang bebas minyak. 
Namun kini Anda tak perlu khawatir. Banyak juga produk kecantikan yang memproduksi produk perawatan untuk tipe kulit kombinasi yaitu dengan menyediakan dua jenis produk terdiri atas hydrating moisturizer untuk area pipi serta mattifying moisturizer untuk T-zone.

Mencuci muka dengan sabun wajah yang lembut

Kulit tipe kombinasi juga rawan mengalami masalah jerawat. Maka Anda jangan mudah tergiur dengan berbagai produk sabun muka yang mengklaim mampu mengatasi jerawat. Bisa jadi salah memilih sabun muka malah membuat wajah Anda mengalami iritasi pada bagian kulit wajah yang kering. Pilihlah sabun muka yang lembut dan mudah larut air dengan bentuk krim atau gel, sehingga dapat secara efektif membersihkan kulit wajah Anda. 

Mencuci muka dengan menggunakan air hangat

Ketika Anda membersihkan wajah dengan menggunakan sabun muka, bilaslah dengan menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat membuat minyak esensial di wajah lembut ke kulit saat dicuci dengan sabun. 
Jika minyak esensial di kulit wajah hilang, kulit Anda akan terasa gatal dan kencang. Setelah membersihkan wajah dengan sabun muka, selanjutnya gunakan hydrating serum untuk mendapatkan kulit wajah yang lembab. Hydrating serum mampu membantu meningkatkan cadangan cairan pada kulit wajah Anda. 

Mengaplikasikan toner

Setelah membersihkan wakah dengan menggunakan sabun muka, Anda juga perlu mengaplikasikan toner pada kulit wajah Anda. Kulit kombinasi, memiliki pH yang berbeda . Maka untuk menyeimbangkan pH gunakan toner setelah mencuci wajah. Pilihlah toner yang non alkohol serta tidak membuat kulitA nda terasa kering.

Melakukan eksfoliasi minimal dua kali dalam seminggu

Untuk semua tipe jenis kulit, penting untuk melakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah. Pembersihan wajah tanpa melakukan eksfoliasi, membuat kulit wjaha belum dalam kondisi prima. 
Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, mampu membuat kulit wjaha terasa lebih lembut dan juga mencegah munculnya jerawat. Melakukan eksfoliasi juga tidak boleh terlalu sering sebab dapat menyebabkan kulit iritasi. Sebaiknya lakukan dua kali seminggu agar kulit lebih bersih dan bebas dari sel kulit mati yang menyebabkan kusam.
Nah itu tadi lima tips yang perlu Anda terapkan dalam perawatan kulit tipe kombinasi. Jangan lupa juga untuk mengenakan SPF saat Anda pergi ke luar rumah apalagi saat cuaca sangat panas.