mudik dengan motor
Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini kita sudah memasuki hari ke 27 bulan ramadhan. Itu artinya, kita hanya tinggal menjalankan ibadah puasa 3 hari lagi untuk menuju ke hari kemenangan alias hari raya idul fitri. 
Saat menjelang hari raya idul fitri, tentu saja sebagian besar masyarakat kita akan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Ada yang menggunakan mobil pribadi, pesawat terbang, kapal feri, hingga sepeda motor. 
Namun menurut informasi yang di dapat, arus mudik pada tahun ini diperkirakan akan di dominasi oleh kendaraan roda dua alias sepeda motor. Selain itu, angka kecelakaan pada saat arus mudik itu juga kebanyakan adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor. 
Nah, bagi kamu yang hendak mudik menggunakan sepeda motor, berikut di bawah ini ada 4 tips mudik aman bagi para pengendara sepeda motor :

1. Cek Kondisi Mesin Motor

Tips aman pertama yang harus diketahui oleh para pemudik sepeda motor, yakni dengan mengecek kondisi mesin motornya terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu harus mengecek kondisi mesin motor mulai dari laher, seher, gear, busi, dan sebagainya. 
Selain harus mengecek mesin motor, kamu juga harus mengecek komponen lainnya seperti rem, spion, ban, pentil ban, dan sebagainya. Nah, untuk bagian ban, pastikan bahwa ban tersebut jangan sampai terlalu keras dan juga jangan terlalu kempes. 

2. Jangan Membawa Barang-barang yang Terlalu Banyak

Ini dia salah satu faktor yang bisa berpotensi terjadinya kecelakaan dalam berkendara. Ya, menurut hasil survei yang dilakukan pada tahun lalu, kebanyakan jumlah dari pemudik motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas itu dikarenakan mereka membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Maka dari itu, bawalah barang-barang yang sekiranya menurut kamu penting saja.

3. Jangan Berboncengan Tiga

Entah mengapa masih banyak juga masyarakat kita yang belum sadar, akan bahanya dari berboncengan tiga saat berkendara motor. 
Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara motor, disarankan bagi kamu agar tidak berboncengan tiga orang. 

4. Hindari Berangkat di Malam Hari

Banyak yang beranggapan bahwa berangkat di malam hari itu lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Padahal, arus mudik dimalam hari itu sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas lho! 
Demikianlah ulasan singkat mengenai 4 tips mudik aman bagi para pengendara sepeda motor. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa berdoa sebelum berangkat mudik.