mudik
Seperti yang kita ketahui, bahwa pada 15 Juni ini merupakan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri. Dan sudah menjadi tradisi, dimana sebagian besar masyarakat kita akan melakukan perjalanan mudik untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. 
Namun anehnya, masih ada saja sebagian dari masyarakat kita yang tidak terlalu mementingkan keamanan dan kenyamanannya dalam berkendara saat perjalanan mudik. 
Dengan demikian, maka tak heran jika angka tertinggi kecelakaan lalu lintas itu selalu terjadi pada saat arus mudik. Nah, agar perjalanan mudik aman dan menyenangkan, maka kamu harus melakukan 4 tips dibawah ini sebelum mudik :

1. Cek Kondisi Kendaraan

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar perjalanan mudiknya aman dan menyenangkan, yakni dengan mengecek kondisi kendaraan. Bagi kamu yang hendak menggunakan sepeda motor, sebaiknya periksa dulu kondisi mesinnya mulai dari laher, busi, seher, dan sebagainya. 
Begitu pun dengan para pemudik mobil, yang harus mengecek kondisi mesinnya. Setelah dirasa kondisi mesinnya tidak ada masalah, selanjutnya kamu harus mengecek komponen lainnya seperti rem, ban, spion, lampu, dan sebagainya. 

2. Cukupi Waktu Istirahat Tidurnya

Menurut dari hasil survei yang dilakukan pada tahun lalu, kebanyakan faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas itu dikarenakan sang supirnya dalam keadaan mengantuk. 
Melihat akan hal tersebut, maka sangat penting bagi kita untuk mencukupi waktu tidur istirahat. Apalagi jika harus menempuh perjalanan jarak jauh, dimana kondisi tubuh kita wajib dalam keadaan yang prima. 

3. Jangan Membawa Barang-barang Secara Berlebihan

Selain dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara saat mudik, barang bawaan yang terlalu banyak juga bisa berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas lho! Nah, untuk mendapatkan kenyamanan dan kemanan dalam berkendara saat mudik, sebaiknya kamu membawa barang-barang yang sekiranya penting saja. Selain itu, ada baiknya lagi jika kamu membawa barang-barang yang tidak terlalu banyak memakan tempat. 

4. Hindari Berboncengan Tiga Orang

Tips yang ini dikhususkan bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor. Mengapa demikian? Pasalnya, berboncengan lebih dari 2 orang juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Itulah 4 tips yang harus kamu lakukan sebelum berangkat mudik. Dengan mengikuti keempat tips tersebut, niscaya perjalanan mudikmu dengan keluarga akan terasa aman dan menyenangkan. Akhir kata cukup sekian, dan jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat mudik.