tips mudik
Waktu memang berjalan begitu cepat, sehingga tak terasa bahwa Bulan Ramadhan telah berakhir. Seperti yang kita kita ketahui, bahwa masyarakat Indonesia memiliki tradisi di hari raya idul fitri, yakni pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi bersama keluarga, kerabat, dan sahabat di kampung halamannya. 
Namun sayangnya, ternyata masih ada saja sebagian dari mereka yang kurang memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara saat berangkat mudik. Nah, untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara saat mudik, maka kamu harus menghindari 4 hal di bawah ini :

1. Membawa Barang Bawaan Yang Terlalu Banyak

Hal pertama yang harus kamu hindari saat mudik, yakni membawa barang yang terlalu banyak. Mengapa bisa demikian? Soalnya, selain dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara, barang bawaan yang terlalu banyak juga dapat mengancam keselamatan bagi para pengendara dan penumpangnya, terutama bagi para pemudik yang menggunakan sepeda motor. 
Oleh karena itu, bawa saja barang-barang yang sekiranya menurutmu paling penting saja. Dalam hal ini, disarankan juga bagi kamu untuk tidak membawa barang-barang yang berukuran besar.

2. Berboncengan Tiga Orang

Sebagai warga negara Indonesia dan pengendara yang baik, kita memang diharuskan untuk mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh kepolisian Republik Indonesia. Ya, salah satu peraturan yang harus kita patuhi sebagai pengendara yang baik, yakni jangan berboncengan tiga orang. 
Bukan tanpa sebab, pelarangan berboncengan tiga orang ini juga bertujuan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara motor. 

3. Berangkat di Malam hari

Masih banyak masyarakat kita yang hobi berangkat mudik di malam hari, dengan alasan untuk menghindari kemacetan. Selain itu, mereka juga menganggap bahwa perjalanan di malam hari itu tidak akan merasa gerah saat berkendara. 
Padahal, keberangkatan mudik di malam hari ini sangat rawan terjadinya kecelakaan lho. Selain dikarenakan kondisi jalanan yang gelap gulita, perjalanan di malam hari itu justru lebih menguras energi.

4. Tidak Mengecek Kondisi Kendaraan

Ini dia salah satu hal yang harus kamu hindari sebelum hendak berangkat mudik. Selain kondisi tubuh yang harus prima, kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan prima terlebih jika akan menempuh perjalanan jarak jauh. 
Itulah 4 hal yang harus kamu hindari saat mudik, untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita hanya cukup sampai disini saja.