youtube

Youtube adalah platform video sharing paling populer di dunia dan merupakan pionir dalam industri video sharing. Dengan besarnya platform yang satu ini, maka selalu terbuka kesempatan bagi para pelaku di dalamnya untuk ikut menghasilkan uang.

Hal ini memang bukan sesuatu yang aneh lagi belakangan ini. Beberapa Youtuber yang terkenal bahkan bisa menghasilkan uang hingga jutaan dolar hanya dengan bermodalkan beberapa video yang menjadi viral.

Jika kamu merasa siap untuk menjadi Youtuber sukses berikutnya, maka ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Membuat YouTube Channel

Langkah ini adalah langkah pertama yang tak boleh kamu lewatkan. Channel Youtube akan digunakan untuk upload video-video kamu dan sangat penting untuk memilih tema spesifik untuk channel Youtube kamu agar video-video yang kamu posting nanti akan lebih terfokus pada target viewer tertentu.

Buatlah akun terlebih dahulu di YouTube jika kamu belum memilikinya. Coba sign in ke YouTube menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar, lalu buatlah channel kamu.

Pikirkan nama yang paling menarik bagi channel YouTube kamu dan bagaimana konsep, tema atau karakter channel kamu jika dibandingkan dengan channel atau saluran sejenis lainnya. Buatlah sesuatu yang unik dan bisa menarik perhatian banyak orang.

2. Monetisasi YouTube Channel

Setelah channel kamu selesai dibuat, maka kamu sudah bisa mulai meng-upload video-video yang kamu buat ke dalamnya. Jika video yang kamu upload cukup menarik, maka banyak orang akan menontonnya. Namun, kamu belum bisa menghasilkan uang sebelum kamu melakukan langkah yang satu ini.

Untuk monetisasi channel Youtube kamu, cukup sign in ke akun YouTube kamu, lalu pilih menu “account information” yang ada di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”.

Selanjutnya, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Setujui syarat-syarat yang ditampilkan dan channel Youtube kamu pun siap dimonetisasi.

3. Menghubungkan YouTube Channel ke AdSense

Setelah mengaktifkan monetisasi pada channel YouTube kamu, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menghubungkan channel Youtube kamu dengan AdSense.

Tujuannya adalah agar nanti kamu bisa mendapatkan pembayaran dari Youtube. AdSense bisa dibilang bertindak sebagai perantara antara kamu dan Youtube.

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi

Jika tiga langkah di atas sudah selesai, maka yang harus kamu lakukan hanyalah meng-upload sebanyak mungkin video agar channel kamu semakin banyak dikunjungi orang. Tentu saja video yang kamu upload harus berkualitas ya.

Jangan lupa untuk selalu mengikuti panduan video dari Youtube agar video yang kamu upload nantinya sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh Youtube.

Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika berminat untuk mulai menghasilkan uang dari Youtube. Tentu saja tidak ada yang instan di dunia ini. Begitu pula dengan penghasilan dari Youtube.

Semua membutuhkan proses dan meskipun persiapan yang harus kamu lakukan cukup banyak, seiring dengan berjalannya waktu kamu mungkin bisa mulai menghasilkan uang dari Youtube.

Yang penting, kamu harus tekun dan sabar dalam mengembangkan channel Youtube yang sudah kamu buat. Selamat mencoba!