band
Seperti yang kita ketahui, bahwa belantika musik di tanah air ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dari tahun-ketahunnya. 
Hal itu pun terbukti, dimana Indonesia selalu melahirkan group band yang menghadirkan nuansa musik yang lebih kekinian. Bahkan, sudah tak terhitung lagi berapa banyak jumlah group band pendatang baru yang ada di Indonesia. 
Sebelum menjadi musisi profesional, tentu saja mereka pernah mengalami demam panggung saat konser perdananya. Apalagi bara band pemula, dimana mereka tidak bisa lepas dari apa yang namanya gugup. 
Nah, biar kamu tidak gugup saat konser, berikut di bawah ini ada 4 tipsnya :

1. Jangan Sering Menatap Ke Arah Penonton 

Tips paling ampuh pertama agar kamu tidak gugup saat konser band, yakni jangan menatap ke arah penonton. Pada dasarnya, tidak menatap ke arah penonton itu bukanlah atittude yang baik bagi seorang musisi profesional. 
Namun bagi para pemula, tidak menatap ke arah penonton itu adalah hal-hal yang lumrah. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kamu belum terbiasa di tonton oleh banyak orang, sehingga akan muncul perasaan gugup. 
Apabila perasaan gugup tersebut sudah melanda, tentu saja konser musikmu akan kacau balau. Jika pun harus menatap penonton, disarankan untuk menatap sekali atau dua kali tatapan saja.

2. Anggap Saja Kamu Sedang Berlatih

Suasana saat latihan band dengan pada saat konser tentu saja sangat berbeda jauh. Saat sedang latihan band, tentunya kamu merasa enjoy dan tidak ada beban. Lain halnya ketika konser, dimana kamu serasa membawa beban yang berat diatas pundak. Nah, biar gak gugup saat konser, anggap saja saat bahwa kamu sedang latihan di studio musik.

3. Minta Support Dari Orang-orang Terdekat

Ini dia salah satu obat paling mujarab agar kamu tidak gugup saat konser musik. Ya, saat konser musik, ada baiknya jika kamu meminta support dari orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat, maupun sahabat. Biar kamu tambah semangat konsernya, sebaiknya kamu meminta support kepada si someone. 

4. Harus Optimis

Salah satu kunci agar kita bisa sukses dalam segala bidang, tentu saja kita harus memiliki rasa optimisme yang tinggi. Begitupun dalam meraih kesuksesan di dunia permusikan, dimana kamu juga harus selalu optimis.
Itulah 4 tips paling ampuh bagi para pemain band pemula agar tidak gugup saat konser. Akhir kata cukup sekian, dan salam musisi tanah air.