Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Perlu diketahui, saat usia kehamilan memasuki 5 bulan,  pada umumnya janin pada rahim ibu mulai berkembang. Di usia kehamilan 5 bulan ini, janin mengalami pembentukan bulu mata, alis dan kuku. Oleh karena itu, disarankan di usia kandungan 5 bulan ini, wanita hamil tetap mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi di usia kandungan 5 bulan adalah makanan yang mengandung kalsium, Vitamin D, Vitamin C dan omega 3. Adapun jenis makanan sehat untuk ibu hamil di usia 5 bulan adalah sebagai berikut.

1. Ikan Sarden

Bukan rahasia lagi, ikan sarden mengandung banyak nutrisi yang dibutukan oleh tubuh. Apalagi untuk ibu hamil di usia kandungan 5 bulan. Itu karena ikan sarden memiliki kandungan EPA dan DHA yang dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam rahim ibu.

Selain itu, jika ikan sarden dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil dapat mencegah terjadinya tiroid. Satu lagi manfaat ikan sarden bagi ibu hamil yang perlu diketahui, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa kehamilan. Jadi, bagi Anda ibu hamil yang ingin mengonsumsi ikan sarden diperbolehkan asalkan tidak berlebihan.

2. Ikan Salmon

Selain ikan sarden, ikan salmon juga merupakan makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan. Itu karena ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Kabarnya, kandungan omega 3 pada ikan salmon dapat membantu perkembangan saraf dan otak pada janin. Selain itu, manfaat lainnya dari ikan salmon adalah sebagai berikut.

Mencegah terjadinya kemungkinan bayi lahir prematur.

Menyehatkan kondisi jantung ibu dan bayi.

Mencegah kemungkinan terjadinya alergi pada bayi.

3. Alpukat

Makanan sehat untuk ibu hamil usia kandungan 5 bulan lainnya yang wajib dikonsumsi adalah alpukat. Itu karena alpukat merupakan sumber lemak sehat dan kalori. Perlu diketahui, 1 buah alpukat mengandung 250 kalori. Jumlah kalori tersebut merupakan jumlah kalori harian yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Adapun manfaat alpukat bagi ibu hamil di usia kandungan 5 bulan adalah sebagai berikut.

Lemak sehat pada alpukat dapat merangsang perkembangan mata dan otak janin dalam rahim ibu.

Alpukat kaya akan serat yang dapat membantu sistem pencernaan pada ibu hamil.

Alpukat kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Adapun kandungan vitamin pada alpukat, antara lain: asam folat, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin C, E dan K.

4. Lobak

Kandungan nutrisi pada lobak, tidak perlu diragukan lagi. Itu karena lobak kaya akan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Begitu juga bagi kesehatan tubuh ibu hamil dan bayi. Perlu diketahui, lobak mengandung zinc, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, asam folat dan beberapa jenis vitamin.

Adapun manfaat lobak bagi ibu hamil 5 bulan adalah sebagai berikut.

Mengonsumsi lobak secara rutin dapat mencegah terjadinya kram kaki pada ibu hamil.

Rutin mengonsumsi lobak dapat mengontrol kadar gula darah pada ibu hamil.

Lobak mengandung serat yang dapat mengontrol kenaikan berat badan pada ibu hamil.

5. Sawi Hijau

Makanan sehat untuk ibu hamil usia 5 bulan lainnya adalah sawi hijau. Perlu diketahui, sawi hijau aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Itu karena sawi hijau mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, serat, karbohidrat kompleks dan tembaga. Oleh karena itu, ibu hamil di usia kandungan 5 bulan disarankan untuk mengonsumsi sawi hijau.

Adapun manfaat sawi hijau yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

Mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Kandungan Vitamin C pada sawi hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil.

Mengonsumsi sawi hijau secara rutin dapat mengurangi timbulnya kolesterol pada ibu hamil.

Kurma

Memang kurma identik dengan buah musiman yang ada hanya saat bulan puasa Ramadhan. Namun, siapa sangka? Ternyata, kurma memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil 5 bulan. Hal itu karena kurma memiliki kandungan tembaga, mangan dan magnesium yang tinggi. 

Oleh karena itu, kurma termasuk dalam makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan. Adapun manfaat kurma bagi kesehatan ibu hamil di usia kandungan 5 bulan adalah sebagai berikut.

Sebagai penambah energi bagi ibu hamil, karena kurma mengandung 277 kalori.

Kurma dapat menghasilkan hormon oksitosin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Perlu diketahui, hormon tersebut memiliki fungsi merangsang kontraksi rahim sehingga dapat mempermudah proses persalinan.

Mengonsumsi kurma secara rutin di usia kandungan 5 bulan dapat memperlancar proses persalinan di kemudian hari. Selain itu, konsumsi kurma secara rutin dapat memperkuat ketuban. Artinya, ketuban tidak akan mudah pecah.

Itulah 6 makanan sehat untuk ibu hamil 5 bulan yang wajib dikonsumsi. Pastikan, dengan rutin mengonsumsi 6 jenis makanan sehat tersebut, kesehatan ibu hamil dan janin terjaga sampai dengan persalinan nanti. Tetap selalu menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *