sup ikan kerapu

Sedang mencari resep sup ikan kerapu atau olahan lain dari ikan tersebut? Yuk, simak informasi berikut tentang resep masakan nikmat dari bahan utama ikan kerapu. 

  1. Sup Ikan Kerapu Wangi

Yang menjadi ciri khas olahan resep sup ikan kerapu wangi adalah aromatik dari daun kemangi. Untuk bahan utamanya, Anda cukup menyiapkan 2 ekor ikan kerapu, 2 buah tomat, dan beberapa lembar daun kemangi. 

Sebagai bumbunya, siapkan 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, dan 2 buah kemiri, kemudian tumbuk halus. Bahan lainnya adalah 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe, dan 2 batang serai, kemudian geprek tiap rempah-rempah tersebut. 

Selanjutnya adalah gula dan garam sesuai selera. Untuk mendapatkan Sup Ikan Kerapu Wangi, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ikan dan mengeluarkan kotorannya. 

Supaya tidak bau amis, Anda bisa melumurinya dengan sedikit perasan jeruk nipis, selanjutnya didihkan air dan masukan semua bumbu yang sudah disiapkan, termasuk dengan ikan kerapu, daun kemangi dan juga tomat. Diamkan hingga matang dan bumbu meresap ke ikan, jika sudah dirasa matang, sajikan selagi hangat dengan nasi putih. 

  1. Kerapu Asam Manis

Olahan kedua yang bisa dibuat dari bahan utama ikan adalah Kerapu Asam Manis. Bahan-bahannya adalah 2 ekor kerapu, potong masing-masing menjadi 2 bagian. 

Kemudian, siapkan bumbu halus yang terbuat dari 15 buah cabai keriting, 10 buah cabai rawit, 5 siung bawang merah, dan 4 siung bawang putih. Kemudian, jahe dan kunyit dengan ukuran 2 cm dan 3 buah kemiri yang telah disangrai. 

Bumbu tambahan yang bisa disiapkan di antaranya 1 batang serai, 4 lembar daun jeruk, dan daun kemangi. Selanjutnya, cabai rawit merah utuh atau dipotong menjadi beberapa bagian (optional), kaldu, garam, dan gula. 

Cara memasaknya adalah tumis bumbu halus dan bumbu tambahan hingga menghasilkan aroma wangi. Tambahkan 500 ml air dan biarkan hingga mendidih. 

Berikutnya, masukan kaldu, garam, dan gula secukupnya, aduk rata. Masukan ikan kerapu dan biarkan bumbu meresap ke dalamnya.

Pastikan untuk tidak sering mengaduknya sebab tekstur dan bentuk ikan bisa rusak. Masukkan daun kemangi saat olahan hampir matang dan angkat jika masakan sudah siap, ya. 

  1. Kerapu Kuah Kecap

Selain resep sup ikan kerapu yang punya aromatik dari kemangi dan olahan dengan rasa asam manis. Berikutnya, Anda juga bisa mengolah Kerapu Kuah Kecap. 

Bahan utama yang bisa Anda gunakan sama seperti olahan sebelumnya, yakni 2 ekor kerapu. Kemudian untuk bumbunya cukup simpel, yaitu bawang putih dan cabai merah diiris dengan ukuran sesuai selera. 

Selain itu, siapkan cabai merah, kecap manis, saus tiram, minyak wijen, garam dan gula secukupnya. Anda juga bisa menggunakan lokio atau bawang batak sebagai penambah rasa dan aromatiknya. 

Cara memasaknya adalah dengan menggoreng ikan hingga matang terlebih dahulu. Selanjutnya, tumis bumbu hingga matang dan masukkan ikan yang telah digoreng, biarkan bumbu meresap dan angkat setelah benar-benar masak. 

  1. Kerapu Saus Cuka Karamel 

Siapkan 1 ekor ikan kerapu dan 2 sendok makan tepung terigu, cuci bersih ikan dan lumuri dengan tepung, kemudian goreng. Untuk membuat saus cuka karamel-nya, siapkan gula pasir dan kecap manis dengan takaran masing-masing 1 sendok makan. 

Larutkan bahan tersebut dalam air mendidih dengan 1 sendok teh cuka apel dan garam secukupnya. Tambahkan wortel parut dan 1 sendok makan tepung maizena, biarkan hingga saus mengental, sajikan ikan goreng dengan lumuran saus cuka karamel, tambahkan irisan cabai jika suka. 

  1. Kerapu dan Lalapan

Untuk mendapatkan olahan kerapu dengan kondimen lalapan, Anda cukup menyiapkan bumbu halus dari bahan berikut. Yaitu, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar bubuk, gula dan garam. 

Kemudian, untuk menu utamanya adalah 3 ekor ikan kerapu dan tempe dipotong dadu. Sebagai aromatiknya, Anda dapat menyiapkan daun salam dan daun jeruk. 

Cara mengolahnya, bersihkan ikan dan buang kotorannya, lumuri dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya. Selanjutnya, tumis bumbu halus dan aromatik hingga wangi, tuang air secukupnya dan masukkan ikan dan tempe, biarkan bumbu meresap. 

Jika sudah meresap atau air menyurut, angkat dan tiriskan ikan serta tempe beberapa saat. Selanjutnya, goreng dalam minyak panas hingga memberikan tekstur kering dan warna kuning kecoklatan, kemudian angkat. 

  1. Kerapu Wijen

Seperti namanya, kondimen utama dari olahan ini adalah kerapu dan wijen. Cara memasaknya adalah dengan menumis bumbu halus dari rempah-rempah berikut. 

Yaitu, jahe, bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabai merah diiris dengan ukuran sesuai selera. Kemudian, Anda bisa menambahkan saus tiram dan potongan jamur, kecap manis, kecap asin, garam serta lada bubuk secukupnya. 

Jika sudah wangi, tambahkan air secukupnya, biarkan hingga mendidih dan masukkan ikan. Beberapa menit sebelum diangkat, masukkan daun bawang yang telah dipotong-potong, terakhir sajikan olahan resep sup ikan kerapu ini dengan taburan wijen. 

  1. Tim Ikan Kerapu

Bagi yang suka ikan dengan tekstur sangat lembut, olahan Tim Ikan Kerapu bisa dicoba. Cara membuatnya adalah dengan membuat bumbu halus untuk memberikan aroma dan pada olahan. 

Di antaranya adalah saus tiram, tauco, minyak wijen, madu, lada bubuk, dan garam. Campurkan semua bahan tersebut dan masukkan ikan yang telah dibersihkan, diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap. 

Selanjutnya, kukus ikan setengah jam dengan taburan jahe, bawang daun, dan bawang putih yang telah diiris dengan ukuran kecil-kecil. Siapkan. 

  1. Steamed Kerapu

Hampir sama dengan Tim Ikan Kerapu, bedanya hanya pada saus tambahannya. Anda dapat membuat sausnya dengan minyak wijen, kecap asin, gula pasir, garam dan merica yang dimasak dalam air mendidih. 

Selain itu, Steamed Kerapu juga bisa Anda siram dengan menggunakan minyak canola dengan suhu panas sehingga menghasilkan tekstur berbeda. Selain itu, aroma yang dihasilkan juga menjadikan Steamed Kerapu memiliki wangi khas dan tampak berbeda dengan Tim Ikan Kerapu. 

Nah, itulah berbagai resep sup ikan kerapu dan olahan lain dari bahan utama tersebut. Jadi, mau masak yang mana untuk hari ini?