bandrek jahe merah

 

Bandrek, siapa yang tidak suka dengan minuman yang satu ini? Sejak puluhan tahun lalu, bandrek sudah populer dan selalu disukai banyak orang. Rasanya yang khas dan juga khasiatnya yang baik untuk kesehatan menjadi alasan di balik hal tersebut. Meskipun pada kenyataannya, bandrek tidak selalu mudah ditemukan dan hanya dijual di tempat tertentu saja. 

Namun jangan khawatir, Anda penyuka bandrek tentu bisa membuat sendiri minuman ini di rumah. Resepnya yang sederhana tidak akan menyulitkan Anda untuk menyiapkan beberapa gelas bandrek hangat untuk semua anggota keluarga. Agar lebih nikmat, gunakan resep bandrek yang tepat dan masak dengan cara yang juga tepat sejak awal.  

Berikut ini adalah rahasia resep bandrek jahe merah, agar minuman ini benar-benar nikmat: 

– Gunakan jahe yang sudah tua

Pada umumnya bandrek dibuat dengan menggunakan jahe merah dan bukan jahe biasa. Hindari jahe merah yang masih muda, sebab jahe seperti ini tidak bisa memberikan rasa pedas yang maksimal. Pilihlah jahe yang sudah tua dan berukuran cukup besar. Hal ini akan mempemermudah Anda untuk memproses jahe tersebut nantinya, termasuk mengupasnya. 

– Parut jahenya

Jika ingin rasa bandrek yang lebih nikmat, maka akan jauh lebih baik jika Anda memarut saja jahe merahnya. Jahe yang hanya dimemarkan/ digeprek biasanya tidak akan bisa memberikan rasa dan aroma yang kuat. Gunakan parutan kelapa atau parutan keju untuk memarut jahe hingga halus dan sarinya keluar. 

– Pakai santan berkualitas baik

Kebanyakan bandrek jahe dimasak dengan menggunakan santan kelapa, meskipun beberapa tidak menggunakan santan dan hanya menggunakan susu yang ditambahkan setelah bandrek matang. Untuk menghasilkan rasa bandrek yang nikmat, gunakan santan kelapa yang berkualitas baik dan masih segar. Pilihlah kelapa yang sudah tua, sehingga santan yang dihasilkan juga bagus dan gurih. 

– Pilih gula aren

Bandrek memang bisa dibuat dengan menggunakan gula merah apa saja. Namun jika Anda ingin rasanya lebih nikmat, maka pastikan Anda menggunakan gula aren untuk membuat bandrek. Gula aren akan memberikan rasa manis yang pas dan nikmat, sehingga rasa bandrek lebih maksimal. Aroma yang dihasilkan gula aren juga terasa lebih wangi dan sedap. 

– Masak dalam waktu yang lama

Jangan hanya memasak bandrek hingga mendidih saja, sebab hal ini tidak akan membuat pati jahe dan bumbu lainnya keluar. Jika ingin rasa bandrek yang nikmat, maka masaklah bandrek cukup lama, setidaknya hingga 20 menit setelah mendidih. Saat bandrek sudah mendidih, kecilkan saja apinya dan biarkan minuman tersebut dimasak hingga cukup lama. 

– Jangan lupakan rempah kering

Selain jahe dan gula merah, bandrek juga dibuat dengan menggunakan rempah kering. Ada beberapa rempah kering yang biasa digunakan, seperti; kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan yang lainnya. Jangan lupakan rempah kering ini, agar rasa bandrek dan aromanya lebih mantap. 

– Sajikan waktu panas 

Bandrek bisa saja disajikan dalam kondisi dingin atau bahkan ditambah dengan es. Namun jika Anda menginginkan sensasi rasa yang khas, maka sajikanlah bandrek dalam kondisi panas. Dijamin, aroma dan rasanya akan sangat menggugah selera. Anda tidak akan bosan untuk menikmatinya hingga tegukan terakhir. 

Itulah beberapa rahasia resep bandrek jahe merah yang nikmat, semoga informasi tersebut berguna untuk Anda. 

Baca juga: Cara Membuat Kimchi Sujebi Yang Baik Dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *