June 4, 2023
Tidak Ada Telur? Tapi Ingin Pastel? Ini Resep Kulit Pastel Tanpa Telur

Resep Kulit Pastel Tanpa Telur

Pastel adalah salah satu makanan ringan yang mengenyangkan juga, kelezatannya yang gurih dan renyah memang tidak tergantikan. Makanan ini jika beli di luar terkadang tidak sesuai ekspektasi, bisa jadi isiannya tidak sedap atau kulitnya terlalu berminyak karena kesalahan saat menggoreng.

Maka dari itu membuat sendiri menjadi jalan ninja yang banyak dipilih para wanita yang ingin makan pastel sesuai selera, namun bagaimana jika di rumah hanya ada tepung terigu? Tenang berikut ini ada resep membuat kulit pastel tanpa telur:

Bahan-bahan Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

Bahan-bahan Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

  1. Siapkan 350 gr tepung terigu protein rendah
  2. Ambil Sejumpit garam
  3. Siapkan 80 gr margarine
  4. Sediakan 100 ml air panas mendidih
  5. Adakan 75 ml minyak goreng

Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

  1. Cairkan margarin dengan memasukkan ke dalam air panas, aduk-aduk sampai margarin larut atau leleh, tambahkan garam lalu aduk kembali hingga rata.
  2. Tambahkan minyak goreng, dan aduk rata. Biarkan sampai hangat, atau agak dingin.
  3. Setelah itu masukkan bahan cair tadi ke dalam tepung terigu, aduk-aduk menggunakan spatula. Tuangkan bahan cair tadi secara bertahap sambil terus diaduk, hentikan jika adonan telah dirasa kalis atau tidak lengket ditangan.
  4. Diamkan atau resting sejenak adonan tersebut.
  5. Ambil adonan dan timbang seberat 20 gr, jika ingin size besar bisa timbang seberat 30gr.
  6. Bulatkan adonan, kemudian pipihkan dengan alat penggiling alias rolling pin sampai rata dan agak tipis. Jangan terlalu tipis sampai bening, nanti mudah sobek.

Akhirnya kulit pastel telah siap untuk diisi, kulit ini bisa langsung diisi kemudian digoreng atau diisi dan disimpan di freezer terlebih dahulu untuk digoreng di kemudian hari. Untuk isian bisa disesuaikan dengan selera bisa berisi telur, suwiran ayam, bihun, atau ragut ayam.


Tapi bagaimana jika setelah diisi, kita kesulitan melipat atau memilih pinggiran kulit pastel? Melipat kulit pastel memang butuh keterampilan layaknya melipat kulit dimsum, karena kalau tidak hati-hati dan tidak rapi bisa jadi pastel terbuka saat proses penggorengan. Solusinya adalah banyak berlatih, atau membeli alat cetak pastel yang sudah banyak dijual di pasaran.

Lalu bicara membuat pastel tidak akan lepas dari yang namanya penggorengan, pastel yang diharapkan orang adalah yang gurih, renyah, dan jauh dari kata BERMINYAK. Hal ini berkaitan dengan cara menggorengnya, gorenglah pastel saat minyak sudah panas tapi bukan saat sudah sangat panas atau bahkan masih dingin.

Jika minyak dingin bisa membuat minyak meresap banyak ke kulit pastel, tetapi jika terlalu panas bisa menyebabkan gosong. Lalu masukan perlahan jangan dilempar karena takut terciprat minyak, gunakan alat penjepit jika memang takut tangan terkena letupan minyak panas.

Jangan lakukan penggorengan pastel sebanyak 2 kali, terutama untuk pastel yang langsung digoreng setelah dibentuk karena akan sangat berminyak hasilnya.

Lalu jika untuk jenis pastel Frozen alias yang sudah dibekukan di freezer bisa dilakukan penggorengan 2x agar perut pastelnya mengembang atau menggelembung, tetapi ada baiknya jika tetap menggoreng sekali saja untuk menjauhi resiko penyakit kolesterol.

Terutama untuk orang dengan usia 30 tahun ke atas, karena resiko terjangkit penyakit semakin besar. Apalagi yang sudah punya keturunan penyakit darah tinggi dan kolesterol dari orang tuanya, harus benar-benar menjauhi gorengan walaupun sesekali boleh jika rindu makan gorengan.

Bagaimana sudah siap untuk mencoba membuat kulit pastel tanpa telur dan tetap renyah dan gurih? Selamat mencoba di dapur masing-masing!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *