olahan udang

Olahan Udang Ala Restoran dengan Kombinasi Sayur Plus Kuah, Kamu Harus Coba!

Sumber: IDN Times

Olahan udang ala restoran dengan cara direbus bisa menjadi variasi masakan selain digoreng. Walaupun makanan yang direbus bukanlah pilihan paling sehat, tetapi lebih baik karena makanan jadi mudah dicerna, silakan simak beberapa resep berikut.

Sayur Udang Rebus

Sumber: Eundeus.TV

Resep olahan udang ala restoran sangat sederhana sekali, tetapi mewah karena bahan utama udang galah. Namun, jika Anda tidak menyukai udang galah bisa diganti udang biasa berukuran sedang.

Didihkan air masukkan irisan bawang merah, bawang putih, garam, potongan sayuran jagung prei, dan brokoli. Lalu masukkan udang tunggu sampai berubah warna, matikan kompor.

Chinese Steamed Prawn

Sumber: Asian Food Network

Chinese Steamed Prawn adalah olahan udang ala restoran yang mudah sekali membuatnya. Didihkan air, masukan garam, jahe, dan bawang putih yang sudah digeprek ke dalam panci.

Setelah mendidih masukkan udang segar utuh yang sudah dicuci bersih. Nikmati bersama sambal kecap yang terdiri dari irisan bawang putih, cabe rawit merah, dan kecap ikan. 

Udang Rebus Mangga Muda

Sumber: Cookpad

Bersihkan udang dari kepala hingga kulitnya, cuci bersih, beri garam dan air jeruk nipis. Masukkan air, batang serai yang sudah digeprek, bawang putih, cabe rawit merah, dan daun jeruk.

Setelah mendidih masukkan udang, tunggu hingga dingin, iris mangga muda bentuk korek api, remas dengan garam agar teksturnya lunak. Cuci bersih, kemudian masukan udang dan air rebusannya.

Baca juga: Aneka Olahan Seafood Khas Thailand yang Halal

Tahu Udang Rebus

Sumber: ResepKoki

Tarambus atau tahu udang rebus menggunakan minyak goreng untuk menggoreng tahu dan menumis bumbu. Potong dadu tahu, lalu goreng setengah matang, angkat, dan sisihkan.

Kemudian tumis irisan bawang putih, bawang merah, dan cabe merah besar, tambahkan air, santan instan, irisan tomat, garam, dan kaldu bubuk. Setelah mendidih, masukkan tahu, dan udang, jangan lupa dicicipi untuk mengkoreksi rasa.

Udang Rebus Serai

Sumber: Resep Dapur Indonesia

Udang ukuran kecil sebaiknya digunakan untuk memasak olahan udang ala restoran satu ini, masukkan dua batang serai yang sudah digeprek, bawang putih, daun salam, daun jeruk, dan daun bawang ke dalam panci berisi air. 

Didihkan, kemudian masukkan udang, garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk perlahan-lahan dan pastikan bahan sudah masuk ke dalam semua, tunggu hingga meresap, saring dan buang air rebusan, lalu sajikan bersama dengan nasi hangat atau lontong sebagai teman makan yang sangat cocok.

Udang Rebus Saus Thailand

Sumber: Palmia

Olahan udang ala restoran ini lebih tepat disebut salad udang, karena disajikan dengan daun selada, daun ketumbar, dan timun. Setelah udang matang, kemudian haluskan bawang putih, terasi, garam, dan gula merah.

Siapkan dalam mangkuk kecil air hangat, masukkan bumbu halus tadi. Letakkan sayuran di atas piring saji, kemudian udang dan siram saus di atasnya.

Udang Rebus Mentega

Sumber: Cookpad

Didihkan air secukupnya, lalu masukkan udang, garam, dan mentega. Setelah udang matang, buang airnya lalu beri 2 sdm mentega dan aduk sampai rata.

Untuk pelengkapnya, haluskan gula aren dengan segenggam cabe rawit, bawang putih, dan garam. Lalu tambahkan perasan jeruk nipis, kecap ikan, dan air matang secukupnya, udang rebus mentega bisa dinikmati dengan cocolan saus gula aren dan cabe rawit.

Merebus udang tidak boleh terlalu lama, karena akan membuat rasanya menjadi hambar. Gunakan air secukupnya dan jangan berlebihan, pastikan udang layak dikonsumsi.

Baca juga: Tips Memasak Cumi-cumi Agar Tidak Alot