Seafood Thailand

Aneka Olahan Seafood Khas Thailand yang Kaya Rasa dan Halal, Bisa Dibuat di Rumah!

Sumber: Slumber Party Hotels

Jika Anda penggemar menu olahan seafood, berbagai resep makanan khas Thailand yang halal bisa menjadi rekomendasi masakan Anda. Simak ulasannya dalam artikel ini.

Kaeng Khew Warn Kung ala Thailand

Sumber: Google.com

Bahan utama yang diperlukan adalah, udang windu 200 gram, santan 350 gram, bumbu kare hijau 40 gram. Bumbu yang dibutuhkan sayur telur lalap 30 gram, cabe merah 10 gram. 

Juga Gula 10 gram, daun kemangi 20 gram, daun jeruk 5 gram. Cara memasaknya, rebus santan dengan bumbu kare hijau, aduk perlahan agar santan tidak pecah.

Tambahkan terung, udang windu yang sudah dikupas, masak dengan api sedang, tambahkan saus ikan, dan gula pasir. Kemudian tambahkan bumbu cabe merah, daun kemangi daun jeruk bumbu kare hijau, dan sajikan selagi hangat.

Tom Yung Goong

Sumber: Hot Thai Kitchen

Resep makanan khas Thailand yang halal lainnya adalah Tom Yung Goong, yang bahan utamanya berasal dari udang. Bahan yang digunakan adalah, udang jerbung 300 gram, jamur merah 150 gram, kaldu udang 1500 ml, serai 2 batang, daun jeruk 4 lembar.

Lengkuas 2 cm, cabe merah 10 buah, kecap ikan 1 sendok, garam 2 sendok, merica bubuk 1/2 sdt. Gula 1 sdt, air asam 2 sdm, daun ketumbar 3 tangkai, kari kental 2 sdm, air jeruk 2 sdm.

Bahan bumbu lainnya minyak goreng 3 sdm m, ebi 1/2 sdm, bawang putih 3 siung, cabai kering 2. Cara memasaknya adalah, bawang putih, ebi, cabai goreng kering dan haluskan.

Rebus kaldu udang, daun jeruk, bumbun tom yam, lengkuas, dan serai. Tambahkan udang jerbung, jamur merang, kecap ikan, cabai merica bubuk, garam, krim kental, air asam ketumbar, masak hingga matang.

Tom Yam Thai Food

Sumber: Bangkok Has You

Bahan yang dibutuhkan udang, cumi basah, dan dada ayam, bawang merah, bawang putih. Bawang bombai, daun ketumbar, jeruk nipis, kemiri, kunyit bubuk.

Cara memasaknya tumis semua bumbu, masukkan daging udang, cumi, dan dada ayam, masak hingga matang. Terakhir masukkan bawang bombai, daun ketumbar dan jeruk nipis lalu sajikan.

Baca juga: Tips Memasak Cumi-cumi Agar Tidak Alot

Kung Thot Krathiam Phrik Thai

Sumber: TasteAtlas

Menu olahan seafood ini makanan khas Thailand yang halal berasal dari bahan udang. Yang dibumbui bawang putih, kecap ikan, kecap asin, dan lada putih serta saus tiram.

Kaeng Som

Sumber: SheSimmers

Makanan khas Thailand yang halal satu ini berasal dari bahan udang dan bahan lainnya sesuai selera. Kaeng som merupakan kari udang yang dimasak dengan menggunakan bumbu kari, cabai, dan bawang, selamat mencoba.

Goong Ob Woon Sen

Sumber: Cooking With Nart

Makanan khas Thailand satu ini berbahan dasar bihun dan udang, dengan bumbu bawang merah, bawang putih. Ketumbar, merica putih dan hitam, jahe, minyak wijen, daun bawang, kaldu ayam, air putih. Sauce, saus tiram, cara masaknya tumis bumbu untuk memasak bihun dan udang. Setelah matang sajikan.

Pla Duk Phat Phet

Sumber: Taste Atlas

Menu makanan khas Thailand satu ini berasal dari bahan dasar ikan yang sudah digoreng dimasak menggunakan bumbu kari merah. Masakan ini jika sudah matang dihidangkan bersama pelengkapnya yaitu daun kemangi. Tentu rasanya sangat lezat, bergizi, dan juga aromanya sedap.

Itulah berbagai menu makanan khas Thailand yang halal yang bisa dijadikan rekomendasi menu harian Anda. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: 9 Cara Mengolah Pare Enak dan Tidak Terasa Pahit