Kue Kekinian Pare-pare

resep kue lengkap pare pare


bermanfaatbanget.com – Indonesia memiliki banyak sekali jajanan khas yang kekinian, salah satunya adalah Papare. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk seperti Pare yang berwarna hijau. Kue kekinian ini berasal dari bahan tepung ketan putih dipadukan dengan bahan-bahan lainnya. Cara membuatnya tidak terlalu rumit, dibutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam membuatnya. Agar bisa menjadi pedoman dalam pembuatannya, berikut ini adalah resep lengkap dan step by step dari pembuatan Papare. Check this out!

Ada dua jenis bahan yang perlu Anda persiapkan, yakni bahan untuk isian dan bahan untuk bagian luar.

Pertama-tama, berikut ini adalah bahan untuk bagian isi:

  • 50 gram gula jawa atau gula merah 

  • ΒΌ butir kelapa parut yang masih muda

  • 1 daun pandan, lebih baik disimpul

Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan bahan luarannya yakni:

  • 200 ml santan 

  • 200 gram tepung ketan berwarna putih 

  • Pasta pandan secukupnya sesuai selera 

  • Sejumput garam 

Bila Anda sudah mempersiapkan semua bahan diatas, saatnya melangkah ke proses pembuatannya. Ada dua langkah yang harus Anda lakukan, yakni proses memasak bahan isian dan bagian luar. Langkah-langkah untuk membuat bahan isiannya adalah:

  1. Memanaskan kelapa

Sebelumnya, Anda sudah diminta untuk menyiapkan kelapa parut. Panaskan kelapa parut dengan menggunakan wajan dan aduklah sampai air kelapanya sudah berkurang. 

  1. Tuang gula 

Langkah selanjutnya adalah menuangkan gula merah yang sudah dihaluskan. Gula merah ini berfungsi untuk memberikan rasa pada kelapa parut. Bila Anda merasa kurang manis, Anda bisa menambahkan gula sesuai dengan selera. 

  1. Panaskan 

Setelah gula dan kelapa bercampur menjadi satu, aduk hingga merata. Tanda matang adalah apabila keduanya sudah tercampur rata dan sedikit lebih kering. Sisihkan isian dan mulailah untuk membuat kulitnya. 

3 langkah diatas perlu Anda lakukan untuk membuat bagian isi dari kue Papare. Lalu, bagaimana cara membuat bagian luarnya? Berikut ini step by step lengkapnya:

  1. Tuang bahan 

Tuangkanlah semua bahan-bahan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya ke dalam baskom. Kecualikan santan dalam pencampuran bahan ini. Aduk bahan-bahan sampai merata, setelah itu Anda baru bisa memasukkan santan. Sebelumnya, Anda harus mencampurkan pasta pandan ke dalam santan terlebih dahulu. Pasta pandan akan memberikan warna sekaligus rasa untuk bagian luarnya. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk dengan mudah. 

  1. Membentuk adonan 

Anda harus mengaduk bahan sampai bisa dibentuk. Setelah itu, Anda bisa mulai membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan. Masukkan bahan isian sesuai dengan selera. Sesuaikan dengan porsi, jangan sampai tidak tersedia isian yang cukup untuk semua bahan luaran. Anda bisa mengganti bentuknya sesuai dengan keinginan. Biasanya, orang membentuk adonan hingga berbentuk seperti pare. Bagian atasnya bisa Anda kerat menggunakan tusuk gigi. 

  1. Kukus 

Papare merupakan kue yang dikukus, sehingga Anda perlu menyiapkan kukusan sebelum melakukan step ini. Panaskan kukusan selama 15 menit, setelah itu masukkan Papare yang sudah dibentuk. Oleskan bagian dalam dandang menggunakan minyak agar adonan Papare tidak sampai menempel. Sebelum benar-benar matang, oleskan bagian atas Papare menggunakan minyak agar terlihat mengkilap. 

  1. Sajikan 

Kue yang satu ini akan sangat lezat bila disajikan selagi hangat. Papare merupakan jajanan yang mengenyangkan, sehingga Anda bisa merasa kenyang dengan memakannya. 

Cukup mudah bukan proses pembuatannya? Menu makanan yang satu ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Menu jajanan ini cocok untuk dihidangkan dan dinikmati bersama dengan keluarga. 

Baca juga: Kue Basah Modern ini Berbahan Dasar Pisang!