memasak

Setiap orang tentunya memiliki hobinya masing-masing, salah satunya adalah memasak. Sekilah memasak memang terlihat sangat sederhana dan siapa saja bisa melakukannya. Namun, untuk menghasilkan masakan yang lezat dan sempurna dibutuhkan beberapa tips untuk mengolah masakan yang tepat. 

tips memasak yang benar

Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang 8 tips memasak yang benar sebagai berikut ini:

  1. Tidak Terlalu Banyak Menambahkan Garam

Tips masak yang pertama adalah jangan terlalu banyak menambahkan garam. Pasalnya, terlalu banyak asupan garam tidak baik untuk kesehatan tubuh. Anda akan sering minum air saat makanan terlalu asin. 

Oleh karena itu, tambahkan garam secukupnya saja pada makanan anda. Pastikan jumlahnya cukup tidak berlebihan. 

  1. Mengayak Tepung

Saat mengolah tepung, mengayak tepung akan membantu untuk memisahkan partikel tepung. Selain itu, akan membuat partikelanya juga menjadi halus. Jika tidak diayak, tepung akan menghasilkan adonan yang menggumpal. Tentunya hal ini akan membuat citarasa makanan menjadi tidak lembut dan terasa saat masuk ke mulut. 

  1. Gunakan Air Secukupnya Saat Memasak Nasi

Ketika hendak memasak nasi, pastikan anda menggunakan air yang cukup. Jadi jangan terlalu sedikit maupun banyak menggunakan airnya. Gunakan perbandingan yang tepat antara jumlah air dan beras. 

  1. Mengaduk Dengan Baik dan Benar

Perlu diketahui bahwa jika anda tidak mengaduk masakan dengan baik dan benar, maka masakan akan matang dengan tidak merata. Jadi, mengaduk yang baik dan benar menjadi kunci menghasilkan masakan dengan kematangan dan citarasa yang lebih merata. 

Bukan hanya itu, tidak mengaduk bahan makanan dengan benar akan membuat hasil makanan di bawahnya menjadi gosong. Lalu makanan bagian atasnya akan lebih lama matang karena kekurangan panas. 

  1. Jangan Memasak Sayuran Terlalu Lama

Tips memasak lainnya adalah jangan memasak sayuran terlalu lama. Pasalnya, sayuran yang dimasak terlalu matang akan kehilangan sebagian kandungan vitaminnya. Selain itu, sayuran yang terlalu matang juga akan lebih kering dan lembek. 

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Anda bisa merendam sayuran pada air es lalu hangatkan kembali secara perlahan. 

  1. Gunakan Pemanis Alami

Gula memang membuat citarasa makanan atau minuman menjadi lebih manis dan enak. Namun, menambahkan gula yang terlalu banyak pada hidangan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, gula memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. 

Nah, jika anda menyukai hidangan yang manis sebagai solusinya ganti gula dengan pemanis alami. Misalnya madu, buah-buahan atau pemanis alami lainnya. 

  1. Pilih Makanan Yang Mengandung Lemak Sehat

Kandungan lemak memang dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, lemak menjadi sumber energi yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, lemak bisa membantu tubuh untuk menyrap vitamin.

Namun makanan rendah lemak tidak sepenuhnya sehat untuk tubuh. Maka dari itu pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat. Dalam hal ini, ada beberapa makanan mengandung lemak sehat secara alami, seperti ikan, kacang, alpukat, dan minyak zaitun. 

  1. Jangan Sering Membuka Oven

Terkadang banyak orang yang suka membuka oven saat memasak untuk memeriksa makanan mereka. Apakah makanannya sudah matang atau belum. 

Namun, tahukah anda bahwa sering membuka oven untuk memeriksa makanan saat masih di dalam oven bisa mempengaruhi hasil makanan. Dimana, makanan tersebut akan menjadi kurang matang lantaran suhunya yang berubah begitu cepat.