penemu telepon

Telepon merupakan salah satu fasilitas yang sudah tidak asing lagi di zaman sekarang ini. telepon menjadi penghubung semua orang antar daerah yang berbeda dengan mudah. Telepon banyak sekali memberikan manfaat untuk kehidupan kita. Namun, siapa ya yang menemukan telepon untuk pertama kalinya? Mari cari tahu disini!

siapa penemu telepon

Perangkat Mekanis dan Akustik 

Sebelum adanya penemuan eletromagnetik, perangkat akustik mekanis sudah tersediia untuk mentransmisikan suara dan music melalui jarak yang lebih jauh. Jarak ini lebih besar dibandingkan yang pernah ada. 

Telepon mekanis yang paling awal muncul ini didasarkan pada transmisi suara melalui pipa dan media fisik lainnya. Hal ini menghubungkan dua diafragma dengan tali atau kawat yang sangat kencang yang mentransmisikan suara dengan getaran mekanis dari satu ke yang lainnya sepanjang kabel tersebut. 

Contoh klasiknya dapat anda temukan pada mainan anak-anak yang dibuat dengan menyambungkan bagian bawah cangkir kertas, kaleng logam dan botol plastic dengan tali yang diikat kuat. 

Alat Listrik 

Telepon muncul dari pembuatan dan perbaikan berturut-turut dari telegraf listrik. Pada tahun 1804, polymath Spanyol dan ilmuwan Fransisco Salva membangun sebuah telegraf elektrokimia. 

Telegraf kerja pertama dibangun oleh penemu Inggris Francis Ronalds pada tahun 1816 dan menggunakan listrik statis. Sebuah telegraf elektromagnetik diciptakan oleh Baron Schilling pada tahun 1832. Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Weber membangun telegraf elektromagnetik lain pada tahun 1833 di Göttingen. Di Universitas Gottingen, keduanya pernah bekerja sama di bidang magnetisme.

Telegraf listrik pertama kali dikomersialkan oleh Sir William Fothergill Cooke dan mulai digunakan di Great Western Railway di Inggris. Itu berjalan sejauh 13 mi (21 km) dari stasiun Paddington ke West Drayton dan mulai beroperasi pada tanggal 9 April 1839.

Telegraf listrik lain dikembangkan dan dipatenkan secara independen di Amerika Serikat pada tahun 1837 oleh Samuel Morse. Asistennya, Alfred Vail, mengembangkan alfabet pensinyalan kode Morse dengan Morse. Telegraf pertama Amerika dikirim oleh Morse pada 6 Januari 1838, melalui kabel sepanjang 2 mil (3 km).

Penemuan Telepon 

Penghargaan untuk penemu telepon seringkali masih diperdebatkan dari waktu ke waktu. Antonio Meucci, Alexander Graham Bell, dan Elisha Gray antara lain, semuanya telah dikreditkan dengan penemuan telepon. 

Sejarah awal telepon masih menjadi tabu dan klaim yang membingungkan sehingga tidak bisa diklarifikasi oleh sejumlah besar tuntutan hukum yang diajukan untuk menyelesaikan hak paten dari banyak pesaing komersial. 

Paten Bell dan Edison bagaimanapun  juga mmenentukan karena mendominasi dalam teknologi telepon dan ditegakkan oleh keputusan pengadilan di Amerika Serikat. 

Telepon Modern 

Telepon modern merupakan hasil karya terbaik dari banyak orang. Alexander Graham Bell merupakan orang pertama yang mematenkan telepon sebagai alat untuk mentransmisikan suara vocal atau suara lainnya secara telegrafis. 

Bell seringkali dinilai sebagai penemu telepon praktis yang pertama. Namun, di Jerman Johann Philipp Reis dipandang sebagai perintis telepon terkemuka yang berhenti hanya pada perangkat yang sukses, dan juga penemu dan pengusaha Italia-Amerika Antonio Meucci telah diakui oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS untuk kontribusinya bekerja pada telepon.

Pengguna Utama Telepon 

Pengguna utama telegraf listrik adalah kantor pos, stasiun kereta api, pusat pemerintahan (kementerian) yang lebih penting, bursa saham, dan surat kabar yang masih sedikit didistribusikan. 

Pertukaran telegraf bekerja terutama pada basis store and forward. Meskipun beberapa telepon digunakan sebelum penemuan pertukaran telepon, keberhasilan dan operasi ekonomisnya tidak mungkin dilakukan dengan skema dan struktur system telegraf kontemporer.

Pertukaran telepon adalah ide dari insinyur Hungaria Tivadar Puskás (1844–1893) pada tahun 1876, ketika dia bekerja untuk Thomas Edison pada pertukaran telegraf.