online shop

Toko online merupakan salah satu ladang uang yang cukup menggiurkan. Asalkan dikelola dengan rapi dan dijalankan dengan tekun, toko online bisa memberikan kamu penghasilan yang cukup lumayan baik sebagai usaha sampingan maupun sumber penghasilan utama.

Nah, agar toko online kamu ramai dikunjungi pembeli, kamu harus membuat produk yang kamu jual menjadi semenarik mungkin di mata pengunjung. Salah satu satu caranya adalah dengan membuat deskripsi produk sebaik mungkin.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang beberapa tips dalam menulis deskripsi produk dengan baik. Mari kita mulai.

1. Gunakan kalimat persuasif

Kalimat persuasif pada dasarnya adalah kalimat yang bertujuan mengajak calon pembeli atau konsumen secara halus untuk meyakinkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan tanpa melakukan hard selling secara terlalu berlebihan.

Jika mungkin, gunakan kalimat yang tidak terlalu panjang sehingga calon pembeli tidak akan merasa bosan saat membaca deskripsi produk. Kalimat persuasif yang tepat bisa membuat calon pembeli merasa seolah-olah sedang mendapat penjelasan dari penjual secara langsung.

2. Tulis keunggulan produk

Sebelum menjabarkan deskripsi produk yang kamu jual, pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari apa saja keunggulan produk kamu jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Temukan keunggulan dan deskripsi yang belum dikemukakan oleh produk lain tersebut sehingga akan membuat produk yang kamu jual stand out di mata calon pembeli.

Jika sudah begini, para calon pembeli pasti akan membangun opini kalau produk yang kamu jual memang adalah yang paling baik sehingga memperbesar kemungkinannya belanja di toko online kamu.

3. Gunakan keyword yang sesuai

Keyword adalah bagian terpenting dalam menulis deskripsi produk saat menjual produk secara online karena menjadi panduan utama bagi mesin pencari di internet untuk menampilkan produk yang kamu jual ke hadapan calon pembeli potensial yang memang mencari produk yang dimaksud.

Seringkali penggunaan keyword pada deskripsi produk juga dilengkapi dengan menambahkan tanda # di depannya. Hal ini adalah bagian tak terpisahkan dari konsep Search Engine Optimisation (SEO) yang bertujuan untuk mempromosikan keyword tersebut di berbagai mesin pencari yang ada di internet.

Deskripsi produk yang baik dan sempurna tidak akan memberikan hasil yang optimal jika keyword yang kamu gunakan tidak sesuai, jadi jangan abaikan pemilihan keyword yang tepat sasaran.

4. Lengkapi dengan foto menarik

Di internet seperti sekarang ini, kehadiran foto sudah menjadi keharusan saat mempromosikan sesuatu. Bagaikan cover buku, foto bisa membuat seseorang tertarik untuk membaca isinya.

Meskipun ada pepatah yang mengatakan don’t judge the book by its cover, fakta di dunia mengatakan sebaliknya. Foto yang menarik bahkan bisa membuat deskripsi yang sebenarnya kurang lengkap menjadi lebih menarik di mata pembeli.

Jika memungkinkan, upload beberapa foto sekaligus untuk satu produk supaya produk kamu bisa lebih menarik lagi.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu jadikan panduan saat menulis deskripsi produk yang ada di toko online kamu.

Dengan beberapa tips tersebut, deskripsi produk kamu akan menjadi lebih menarik dan orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. Selamat mencoba ya!