menu masakan
bingung-masak-apa-hari-ini



bermanfaatbanget.com – Apa kegiatan harian yang bagi Anda paling menyita waktu dan tenaga? Terutama untuk para ibu rumah tangga nih, ya. Apa pekerjaan rumah yang paling mengeluarkan effort besar dan kadang bikin malas melakukannya? Jawaban yang datang bisa jadi sangat beragam. Ada yang ngaku paling ogah kalau disuruh menyetrika pakaian, ada yang mengeluh soal mencuci pakaian, ada yang paling malas kalau soal cuci piring kotor, pun ada yang merasa repot kalau harus masak tiap hari. Untuk yang terakhir ini biasanya emak-emak suka bingung masak apa hari ini. Anda masuk kriteria yang mana nih?

Faktanya, sebagian besar ibu rumah tangga, meski mengeluh sekalipun ya tetap dilakukan karena tak punya pilihan lain. Jika berduit, mungkin bisa delegasikan tugas rumah ke orang lain misal ART, atau laundry, atau beli makanan jadi. Jika tidak, tentu saja terpaksa ditangani semuanya sekaligus. Nah, kali ini kita akan bantu atasi salah satu problema emak-emak setiap harinya dengan bahas tiga tips praktis agar Anda tak lagi bingung masak apa hari ini.

Pertama, Bikin Daftar Menu Harian

Tips pertama agar Anda tidak perlu bingung masak apa hari ini, buatlah daftar menu harian selama seminggu ke depan. Jika itu terlalu lama, Anda bisa memangkasnya menjadi tiap tiga atau lima hari. Tergantung kebutuhan, karena bagi beberapa emak, membuat menu harian selama sebulan itu lebih baik dan sangat membantu. Dengan bikin daftar menu harian untuk beberapa waktu, tentunya akan membantu saat Anda bangun pagi hari karena tak perlu lagi bingung saat membuka kulkas dan harus memikirkan menu.
Daftar menu harian ini akan jadi menyenangkan dan lebih baik jika didiskusikan dulu dengan anggota keluarga lainnya. Tampung semua usulan menu favorit setiap anggota keluarga sehingga Anda bisa mendapatkan sebuah daftar menu yang luar biasa.

Baca Juga: Resep Makanan Enak, Budget Sesuai Akhir Bulan

Kedua, Terapkan Food Preparation

Anda pasti sudah pernah mendengar tentang food preparation bukan? Sistem mempersiapkan dan menyimpan bahan makanan dengan baik agar bisa bikin acara memasak jadi lebih mudah juga praktis. Berbekal daftar menu harian, Anda jadi lebih gampang merencanakan belanja selama seminggu atau sebulan. Menu sudah di tangan, bahan makanan tersedia dalam kulkas, tentu Anda tak perlu lagi bingung mau masak apa hari ini bukan?

Stok terpenting dari food preparation tentu saja sayuran dan sumber protein baik hewani maupun nabati. Untuk bumbu-bumbunya, Anda bisa menyiapkan bumbu dasar seperti bumbu merah, bumbu putih, bumbu kuning, dan bumbu orens dalam wadah-wadah kedap udara. Persiapan semuanya sesuai jangka waktu dalam daftar menu Anda dan dijamin acara masak memasak harian akan terasa lebih mudah.

Ketiga, Patuhi Daftar Menu

Terkadang, ketika kita sudah menyiapkan bahan dan punya daftar menu, ada saja acara makan di luar atau keinginan makan sesuatu yang lain dari biasanya. Jika Anda membeli makanan, tentu saja itu pilihan. Namun, jika Anda tak sempat atau sedang berhemat, sebaiknya patuhi saja daftar menu harian yang telah disusun agar tak perlu bingung mau masak apa hari ini.

Kepatuhan daftar menu ini penting banget agar tidak ada bahan makanan yang mubazir atau terbuang percuma karena membusuk sebelum dimasak. Oleh karena itu di awal sudah ditekankan, buatlah daftar menu harian sesuai minat dan kesukaan setiap anggota keluarga agar lebih mudah dipatuhi dan tentunya bisa memuaskan selera semua orang di rumah.

Itulah tadi tiga tips praktis agar Anda tak lagi bingung masak apa hari ini. Semoga bermanfaat.