merawat laptop

Ini Dia Cara Merawat Laptop Yang Disarankan Langsung Oleh Merk Lenovo

Lenovo adalah salah satu merk dagang yang memproduksi laptop-laptop handal, beragam jenis laptop dengan spesifikasi dan tujuan yang berbeda-beda telah dilahirkannya. Maka ada baiknya jika sama-sama menyimak petuahnya, ini dia cara merawat laptop yang disarankan oleh Lenovo dari laman support.lenovo.com:

  1. Dari Segi Lingkungan Juga Mode Berjalan

    1. Jangan meletakkan laptop di atas paha/lutut/bagian tubuh manapun pada waktu lama ketika mengoperasikan laptop, hal ini dapat membatasi sirkulasi udara dan menjadikan kondisi panas berlebih atau overheating.

    2. Jauhkan laptop anda dari cairan, terutama air (agar dapat menghindari risiko tersengat listrik serta kerusakan sistem).

    3. Jauhkan kemasan dari jangkauan anak supaya bisa menghindari mati lemas jika anak-anak bermain dengan kantong plastik.

    4. Jangan sampai laptop berada pada lokasi dengan suhu panas atau dingin yang ekstrim.

  2. Tangani Laptop Anda Dengan Lebih Hati-hati

    1. Jangan sampai ada benda setipis apapun berada di antara layar laptop dan keyboard ataupun di bagian bawah anda.

    2. Jangan sampai anda menjatuhkan, membenturkan, menggores, memutar, memukul, menggetarkan, atau mendorong laptop atau bagian lainnya seperti layar, atau perangkat eksternal dari laptop anda.

    3. Jangan menaruh benda berat di atas laptop walaupun dalam keadaan tertutup sekalipun.

    4. Jangan menyimpan dengan cara menumpuk laptop anda

  3. Bawa dan pindahkan PC dengan benar

    1. Ketika akan memindahkan laptop anda, pastikan anda telah melepas semua media, kemudian mematikan segala perangkat yang terhubung, lalu melepaskan kabel daya termasuk kabel-kabel lainnya.

    2. Sesaat sebelum memindahkan laptop, pastikan jika komputer sudah berada dalam mode standby alias sleep, atau jika memungkinkan lebih baik dimatikan saja. Hal ini membantu mencegah kerusakan terjadi pada hard drive juga kehilangan data.

    3. Ketika mengambil laptop dalam operasi, gunakanlah kedua tangan dengan letak satu tangan di setiap sisi sistem. Jangan hanya menggenggam layarnya saja, pegang pada kedua sisi keyboard dengan keadaan datar.

    4. Ketika akan mengangkut, jangan meletakkan laptop terutama bagian layar di dalam kotak atau tas yang memiliki isi terlampau rapat. Hal ini dapat menekan layar laptop anda, sehingga akan menimbulkan kerusakan pada kemudian hari.

    5. E. Atur kata sandi

Tolong benar-benar ingat kata sandi yang sudah anda buat, karena jika anda melupakan kata sandi untuk administrator atau HDD maka pihak Lenovo tidak akan dapat mengatur ulang kata sandi ini. Maka solusi terakhir yang bisa anda mungkin wajib mengganti board sistem atau HDD dari laptop anda, tentunya akan memakan waktu juga biaya yang dapat dipastikan akan merugikan anda.

  1. Catatan penting lainnya

    1. Jika anda sudah memutuskan untuk meminang sebuah laptop maka jangan lupa untuk mendaftarkan garansi kepada masing-masing merk sesuai laptop yang anda pilih, sebagai contoh jika anda membeli laptop Lenovo maka daftarkan garansi dasar pada pihak Lenovo.

    2. Jangan bongkar sendiri laptop and ajika terjadi kerusakan, biarkan teknisi resmi dari merk penyedia laptop anda yang melakukan perbaikan apapun yang harus membongkar segel mesin laptop anda. Jika anda nekat membongkar sendiri atau memanfaatkan jasa teknisi tidak resmi maka otomatis garansi akan hilang, sehingga jika usaha anda gagal atau malah menambahkan kerusakan lalu anda bawa ke dealer resmi tidak akan dilayani sebagai garansi tetapi service berbayar.

Sekian saran-saran cara untuk merawat laptop yang dituturkan oleh pihak Lenovo, sangat baik untuk diterapkan terutama bagi para pengguna merk Lenovo tentunya.