makanan khas riau
makanan-khas-riau-terkenal

bermanfaatbanget.com – Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika sedang berkunjung ke sebuah daerah. Salah satunya adalah mencicipi kelezatan kuliner khas daerah tersebut. Kuliner merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan karena nantinya bisa memberikan pengalaman tersendiri. 

Sama halnya ketika kamu berkunjung ke Riau, maka kurang lengkap rasanya jika tidak coba cicipi kuliner khas Provinsi tersebut. Sebagai salah satu wilayah yang berada di Pulau Sumatera, Riau memiliki beragam makanan khas dengan rasanya yang enak dan lezat. Kuliner khas Riau juga bervariasi, ada yang menggunakan bahan dasar berupa olahan laut hingga beragam jenis kuliner lainnya. 

Lantas, makanan khas apa yang menjadi favoritmu ketika berada di Riau? Berikut dibawah ini rekomendasi 5 makanan khas Riau yang terkenal enak dan lezat, diantaranya yaitu :

  1. Bacah Daging

Bacah daging adalah makanan khas Riau yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Jika dilihat sekilas, makanan khas ini memiliki tampilan seperti rendang khas Padang dan dendeng batokok khas Jambi, namun rasanya sedikit berbeda dan menggunakan beberapa campuran bumbu dalam penyajiannya. 

Jika biasanya dendeng dihidangkan dengan nasi, maka bacah daging ini dihidangkan dengan ketupat. Yang membuat makanan khas Riau ini begitu unik adalah hanya dihidangkan pada saat waktu tertentu misalnya saat hari raya Idul Fitri. 


  1. Mie Lendir Khas Riau

Makanan khas Riau mie lendir ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan hanya mengeluarkan uang sebesar 10 ribu hingga 15 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati kelezatan mie lendir. 

Secara tampilan, mie lendir khas Riau ini mirip dengan mie kebanyakan. Namun yang membedakan mie lendir dengan mie kebanyakan adalah dari rasanya yang tidak bisa diremehkan. Kuah kental yang dimiliki mie lendir membuat makanan khas ini menjadi semakin lezat. 


  1. Mie Tarempa Riau

Makanan khas Riau lainnya yang berupa olahan mie adalah mie tarempa. Cara pengolahan mie tarempa ini sama seperti pengolahan mie kebanyakan. Namun perbedaannya terletak pada bumbu dan juga cara membuatnya. 

Mie tarempa atau orang Riau biasa menyebutnya dengan nama mie siantan ini menggunakan bahan dasar mie kuning yang dikombinasikan dengan telur, udang, cabai rawit, tauge, juga kecap. Mie tarempa terdiri dari dua macam mie yaitu mie basah juga mie goreng. Biasanya mie tarempa yang digoreng lebih banyak mencampurkan kecap dibandingkan mie tarempa kuah. 


Baca Juga: Resep Makanan Enak, Budget Sesuai Akhir Bulan


  1. Lopek Bugi Riau

Lopek bugi adalah makanan khas dari Kabupaten Kampar yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di nusantara. Sebagian besar masyarakat kerap menyebutnya dengan nama lepat ketan. 

Awalnya, makanan khas Riau ini hanya diperuntukkan untuk kaum bangsawan saja. Namun, kini lopek bugi Riau tidak hanya dihidangkan oleh kaum bangsawan saja, namun semua masyarakat biasa juga sudah bisa menikmatinya. 


  1. Gulai Belacan

Gulai belacan adalah makanan khas Riau yang terbuat dari udang segar yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga memiliki kuah yang kental. Bumbu yang digunakannya juga sangat khas yaitu kemiri, lada, dan juga asam jawa. 

Selain itu juga kamu bisa memilih sendiri jenis udang yang nantinya bisa dinikmati, bisa berupa udang sungai air tawar atau jenis udang laut. Namun kedua jenis udang tersebut tetaplah nikmat. 

Dari kelima makanan khas Riau yang terkenal enak dan lezat diatas, makanan mana yang paling menggugah selera makanmu?